Comscore Tracker

Jangan Malas, 5 Makeup Tools Ini Dapat Dibersihkan dengan Praktis kok

Peran make-up tools gak kalah penting untuk wajah cantikmu

Polesan wajah tak hanya berkutat seputar blush on, lipstick, mascara, hingga cushion saja. Pasalnya, alat-alat kecantikan juga berperan dalam memaksimalkan sentuhan wajah menawanmu itu. Namun, terkadang, makeup tools tersebut malah kerap disepelekan kebersihannya. Jangan heran, masalah pada kulit wajahmu lantas bermunculan.

1. Beauty blender dan sponge

Jangan Malas, 5 Makeup Tools Ini Dapat Dibersihkan dengan Praktis kokhellomagazine.com

Bersihkanlah alat untuk meratakan krim atau foundation ini setiap selesai digunakan (saat mengaplikasikan makeup berat) dan setidaknya seminggu sekali (jika dipakai setiap hari).

Rendam sponge atau beauty blender tersebut ke dalam air hangat yang sudah diberi sabun, lalu sikat dengan lembut untuk menghilangkan kelebihan kotoran, minyak, ataupun residu makeup yang menumpuk di badannya. Kemudian, bilas dengan air bersih yang mengalir, dan keringkan.

2. Sisir

Jangan Malas, 5 Makeup Tools Ini Dapat Dibersihkan dengan Praktis kokbeautysmartcare.com

Sikatlah sisir kesayanganmu itu dengan air sabun supaya akumulasi kotoran, debu, minyak rambut, hingga sisa kulit mati pun menghilang. Selanjutnya, biarkan mengering alami. Rutinlah membersihkannya minimal sebulan sekali, ya. Sebab, malas membersihkan sisir dapat membuat rambutmu menjadi kusam, lho.

Baca Juga: Agar Bebas Bakteri, 5 Alat Makeup yang Wajib Dibersihkan Selain Brush

3. Pinset dan gunting kuku

Jangan Malas, 5 Makeup Tools Ini Dapat Dibersihkan dengan Praktis kokid.aliexpress.com

Cairan dari kuku atau sel kulit mati yang mengendap dalam alat-alat ini dapat menjadi sarang ideal bagi bakteri. Nah, bersihkanlah pinset dan gunting kukumu hingga ke celah-celah kecilnya, ya. Gunakan saja air panas yang dicampur sabun atau larutan antibakteri.

4. Kuas makeup

Jangan Malas, 5 Makeup Tools Ini Dapat Dibersihkan dengan Praktis kokbhcosmetics.com

Tuangkan air hangat ke dalam wadah, tambahkan sabun, lalu celupkan kuas sambil menggerak-gerakkannya pelan hingga tampak residu makeup yang terlepas. Kemudian, bilaslah dengan air bersih, ratakan kuas ke tempat kering, lalu biarkan semalaman. Rajinlah melakukannya minimal seminggu sekali, ya.

5. Penjepit bulu mata

Jangan Malas, 5 Makeup Tools Ini Dapat Dibersihkan dengan Praktis kokid.aliexpress.com

Jangan menyepelekan maskara yang tertinggal di penjepit bulu matamu, girls. Untuk menghilangkannya, kamu dapat menggunakan kapas dan alkohol. Gosoklah dengan lembut. Kemudian, bilas dengan air dingin, dan tunggulah hingga mengering sempurna.

Nah, jangan malas menjaga kebersihan alat kecantikanmu lagi, ya!

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Cewek saat Membersihkan Makeup 

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya