Comscore Tracker

8 Perlengkapan Handal Mama Millennial Pasca Melahirkan

Apakah kamu sudah siap-siap?

Kemajuan teknologi telah mengubah kehidupan sebagian besar masyarakat, termasuk di antaranya seorang ibu. Dengan adanya internet, ibu millennial bisa belajar banyak hal dengan mudah. Berbagai referensi tentang parenting dan informasi mengenai perlengkapan ibu dan bayi tersebar di mana-mana. Demi memberikan yang terbaik untuk sang bayi, delapan perlengkapan handal ini sering kali dimiliki oleh para ibu millennial.

1. Pompa asi

8 Perlengkapan Handal Mama Millennial Pasca Melahirkanparentsneed.com

Berbekal keinginan kuat untuk memberikan asi eksklusif selama dua tahun, ibu millennial wajib menyiapkan pompa asi. Bagi ibu bekerja yang tidak ingin bayinya minum susu formula, pompa asi menjadi benda yang amat sangat penting untuk menyuplai ketersediaan asi. Tak jauh berbeda, beberapa ibu rumah tangga juga turut memompa asinya untuk persediaan ketika ibu harus mendadak pergi ke luar kota sendiri sehingga sang bayi harus dititipkan atau ketika ibu hamil lagi sehingga menyusui langsung dari payudara terpaksa terhenti.

2. Freezer khusus asi

8 Perlengkapan Handal Mama Millennial Pasca Melahirkandokumen pribadi

Ketika mulai memompa asi, ibu memerlukan freezer khusus untuk menyimpan asi. Penyimpanan asi di dalam freezer memang tidak dianjurkan bercampur dengan daging atau bahan mentah lainnya agar tidak terkontaminasi oleh bakteri. Ibu bisa membeli freezer sendiri atau juga bisa menyewanya. Saat ini sangat banyak persewaan freezer khusus asi dengan harga berkisar di antara 200 - 300 ribu per bulan. Murah kan.

3. Cooler bag dan kantong asi

8 Perlengkapan Handal Mama Millennial Pasca Melahirkandokumen pribadi

Untuk menyimpan asi saat ibu memompa di luar rumah, ibu membutuhkan cooler bag beserta ice gel di dalamnya. Selain itu, untuk menampung asi yang telah dipompa ibu juga memerlukan botol kaca atau kantong asi. Kantong asi yang beredar di pasaran tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 100 ml sampai 200 ml. Motif kantong asi kebanyakan juga lucu dan menggemaskan sehingga membuat ibu semangat untuk memompa asi demi sang buah hati.

Baca Juga: Gak Perlu Panik! Ini 6 Tips Melahirkan dengan Tenang dan Nyaman

4. Sterilizer

8 Perlengkapan Handal Mama Millennial Pasca Melahirkanparentsneed.com

Kalau dulu ibu menyeteril botol susu menggunakan air mendidih, kini ibu tidak perlu repot lagi karena telah tersedia berbagai jenis sterilizer. Ada sterilizer yang menggunakan sistem uap dan ada juga yang menggunakan sinar ultra violet. Yang jelas sterilizer tersebut menggunakan listrik sehingga lebih praktis. Tinggal klik maka pompa asi dan botol susu akan steril dalam beberapa menit.

5. Slow cooker

8 Perlengkapan Handal Mama Millennial Pasca Melahirkanparentsneed.com

Menjelang masa pemberian makanan pendamping asi atau yang biasa disebut dengan mpasi, ibu akan menyiapkan slow cooker sebagai alat masak yang dipercaya dapat menjaga kandungan vitamin dalam makanan. Hal ini dikarenakan sistem kerja slow cooker tidak menggunakan panas yang terlalu tinggi. Penggunaan slow cooker sangat bermanfaat bagi ibu bekerja yang ingin menyiapkan mpasi dengan praktis. Karena lagi-lagi hanya butuh satu klik saja, mpasi akan matang dalam beberapa jam sesuai keinginan.

6. Booster chair

8 Perlengkapan Handal Mama Millennial Pasca Melahirkanpexels.com

Sebagai pengenalan apa dan bagaimana itu makan pada bayi, ibu menyiapkan meja kursi khusus untuk bayi yang biasa disebut dengan booster chair atau booster seat. Meja kursi ini didesain khusus sedemikian rupa sehingga bayi nyaman duduk dan makan di sana. Biasanya, meja pada booster chair dapat dilepas sehingga mudah untuk dicuci atau dibersihkan. Tau sendiri kan kalau bayi makan, tidak mungkin tidak berantakan.

7. Playmat atau bumper bed

8 Perlengkapan Handal Mama Millennial Pasca Melahirkanpexels.com

Khawatir bayinya terjatuh di lantai, ibu millennial menyediakan playmat atau bumper bed yang aman untuk bayi. Dengan ketebalan sampai 5 cm, ibu akan tetap tenang ketika bayinya terjatuh saat bermain di sana karena bahan dari playmat atau bumper bed dapat meredam benturan.

8. Diaper bag kekinian

8 Perlengkapan Handal Mama Millennial Pasca Melahirkanparentsneed.com

Kini ibu bisa tetap stylish saat keluar rumah bersama bayinya. Alih-alih tas besar dengan motif kartun, kini banyak sekali diaper bag modern yang bahkan bisa ibu bawa bekerja karena modelnya yang simpel dan elegan. Walaupun tidak terlihat besar, nyatanya kapasitas diaper bag ini cukup banyak. Selain itu, di dalamnya juga terdapat banyak kantong, termasuk kantong khusus botol susu dan tisu. Bahkan yang paling modern ada diaper bag yang anti air dan menyediakan kantong untuk pakaian basah. Wah!

Walaupun perlengkapan di atas tergolong mahal, tapi terbukti handal sebagai penolong ibu millennial. Namun jika tidak ada, perlengkapan konvensional pun tidak apa-apa. Karena setiap ibu pasti punya cara terbaik untuk mengasuh bayinya.

Baca Juga: Mengenal Sindrom Mengerikan Baby Blues, Ibu Depresi Pasca Melahirkan

Ratnaning Palupi Photo Writer Ratnaning Palupi

an INFJ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya