Comscore Tracker

Hentikan 8 Kebiasan Buruk Ini jika Ingin Memiliki Kulit Glowing 

Kulit glowing bukan hanya hasil skincare mahal, lho

Kulit yang sehat dan glowing menjadi impian banyak orang, terutama kaum Hawa. Tak heran bila mereka rela merogoh kocek untuk berbagai produk yang diharapkan mampu memberikan khasiat yang diinginkan tersebut.

Padahal, kulit glowing bukan hanya karena skincare, lho. Kebiasaan dan gaya hidup yang dijalani juga berpengaruh pada kesehatan kulit. Dilansir laman The List, setidaknya ada delapan kebiasaan sederhana yang harus dihentikan bila kamu benar-benar mengidamkan kulit glowing. Berikut ini ulasannya. Simak, ya!

1. Kurang tidur dan jam tidur tidak teratur

Hentikan 8 Kebiasan Buruk Ini jika Ingin Memiliki Kulit Glowing huffpost.com

Tahukah kamu bahwa saat tidur, kulit akan memproduksi kolagen yang berperan untuk mencegah penuaan dini dan menghalangi kerutan? Orang yang tidur tidak teratur akan tampak lebih tua dibanding yang mempunyai jadwal tidur cukup.

2. Tidur tanpa membersihkan makeup

Hentikan 8 Kebiasan Buruk Ini jika Ingin Memiliki Kulit Glowing goodhousekeeping.com

Tidur dengan makeup yang masih menempel bisa menutup pori-pori wajah dan membuatnya tersumbat. Penyumbatan ini mengakibatkan masalah kulit seperti jerawat dan komedo.

Belum lagi, makeup yang masih menempel dapat menghambat regenerasi kulit yang terjadi saat malam hari. Itulah mengapa kamu diwajibkan membersihkan muka sebelum tidur.

3. Tidak memakai produk tabir surya 

Hentikan 8 Kebiasan Buruk Ini jika Ingin Memiliki Kulit Glowing skincancer.org

Sebagai penduduk Indonesia yang tinggal di negara tropis, tabir surya amat penting untuk kulitmu. Sebab, paparan sinar matahari bisa memberi efek buruk seperti kusam, penggelapan, hingga penuaan dini. Satu-satunya cara mengurangi risiko tersebut dengan menggunakan produk tabir surya.

4. Memencet komedo dan jerawat 

Hentikan 8 Kebiasan Buruk Ini jika Ingin Memiliki Kulit Glowing alodokter.com

Wajah tiba-tiba diserang jerawat memang menyebalkan, tapi memencet jerawat bukanlah sebuah solusi. Justru, kebiasaan ini akan menimbulkan bekas luka, pendarahan, hingga infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Produk Exfoliating Pads untuk Kulit Wajah Sensitif 

5. Mencuci muka menggunakan shower

Hentikan 8 Kebiasan Buruk Ini jika Ingin Memiliki Kulit Glowing tips-and-tricks.co

Tekanan air dari shower bisa melebarkan pembuluh darah dan kapiler pada wajah yang akhirnya menyebabkan munculnya noda kemerahan. Jika hal ini berlangsung terus menerus, pembuluh darah akan merusak secara permanen.

6. Merokok mengakibatkan penuaan dini

Hentikan 8 Kebiasan Buruk Ini jika Ingin Memiliki Kulit Glowing medicaldaily.com

Nikotin pada rokok mengandung vasokonstriktor, suatu zat yang mengurangi aliran darah ke organ tubuh. Hal ini mengakibatkan suplai oksigen, nutrisi, dan vitamin yang dibutuhkan kulit juga berkurang. Itulah mengapa kulit para perokok akan terlihat cepat menua dibanding orang yang tidak merokok.

7. Mencuci muka terlalu sering 

Hentikan 8 Kebiasan Buruk Ini jika Ingin Memiliki Kulit Glowing Mindscape Studio via insider.com

Menjaga kebersihan kulit wajah adalah kunci utama kulit glowing dan sehat. Namun, terlalu sering mencuci muka ternyata bisa menimbulkan bahaya juga, lho. Over-cleansing bisa membuat kulitmu menjadi kering hingga iritasi sebab minyak alami yang dibutuhkan oleh kulit jadi ikut terangkat.

Maka dari itu, dianjurkan cukup mencuci muka dua kali sehari, yaitu pagi dan malam sebelum tidur.

8. Kebiasaan menyentuh wajah 

Hentikan 8 Kebiasan Buruk Ini jika Ingin Memiliki Kulit Glowing nytimes.com

Pernah tidak membayangkan bagaimana bakteri yang ada di gagang pintu, uang, atau HP bisa berpindah ke wajahmu? Hal ini bukan tak mungkin, lho, apalagi bila kamu gemar sekali menempelkan telapak tangan ke wajah. Maka dari itu, mulai sekarang sebaiknya hentikan kebiasaan menyentuh wajah, apalagi saat sedang berjerawat.

Itu dia delapan kebiasaan yang harus dihentikan untuk mendapat kulit sehat dan glowing. Kebiasaan nomor berapa yang rasanya sulit kamu hentikan?

Baca Juga: 5 Manfaat Kunyit Putih untuk Kulit Wajah, Bikin Glowing Sempurna

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Find me on Instagram @ratumasovvy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya