Comscore Tracker

6 Konsep Diri untuk Menjadi Perempuan yang Bernilai dari Mien R Uno

Tiap perempuan akan menjadi role model bagi keluarganya  

Pengusaha Dita Soedarjo melalui komunitas Dignity Social rutin mengadakan kelas online gratis yang bisa diikuti perempuan dari berbagai latar belakang. Gerakan yang ia inisiasi hampir setahun terakhir ini bertujuan mengedukasi perempuan dengan menghadirkan narasumber-narasumber inspiratif dan kompeten di bidangnya. Mulai dari bisnis, keterampilan, hingga bahasa, kelas diadakannya bersama tim relawan dengan konsep fun learning.

Kamis, 5 November lalu, Dignity Social menghadirkan Mien R Uno sebagai pengajar di kelas bertajuk Inspiring Talks With Mien R Uno. Kepada para peserta, Ibunda Sandiaga Uno yang juga pakar pengembangan diri ini membagikan hal-hal yang harus dimiliki oleh seorang perempuan sebagai pribadi yang tangguh. Apa saja ilmu yang dibagikan olehnya? Berikut ini enam konsep diri positif agar menjadi perempuan yang bernilai ala Mien R Uno.

1. Percaya diri  

6 Konsep Diri untuk Menjadi Perempuan yang Bernilai dari Mien R Unounsplash.com/@justdushawn

Konsep diri pertama yang harus dimiliki oleh perempuan adalah menyayangi diri sendiri. Caramu memandang dirimu berpengaruh besar pada cara orang lain memandangmu. Bagaimana orang lain akan menyayangimu kalau kamu sendiri gak melakukan hal itu lebih dulu?

Disadari atau gak, sikap menyayangi diri ini akan membentuk pribadi yang confident. Sebaliknya, kalau gak menanamkan sikap ini, kamu akan selalu merasa minder.

Sikap percaya diri merupakan modal awal untuk menggapai kesuksesan dalam bidang apa pun. Sebagian perempuan masih kerap terjebak pada pemikiran bahwa dirinya gak berharga. Padahal, pemikiran ini bisa menghilangkan daya tarik, lho. Salah satu langkah sederhana yang bisa kamu lakukan dengan memahami potensi diri dan terus mengasahnya.

2. Kemuliaan diri 

6 Konsep Diri untuk Menjadi Perempuan yang Bernilai dari Mien R Unounsplash.com/@gradikaa_

Kemuliaan diri berkaitan erat dengan falsafah moral yang baik. Dalam mencapai tujuan hidupnya, perempuan harus menjunjung tinggi etika. Di lingkungan keluarga, sekolah, kampus, kantor dan pergaulan lainnya, moral dan etika adalah tabir yang menjaga seorang perempuan.

Perempuan seharusnya gak cuma fokus pada penampilan luar saja. Sebab, fisik bisa diperbaiki dengan banyak cara, tapi karakter sulit dipelajari. Wajah yang rupawan bisa berubah seiring dengan usia, tapi nilai diri akan abadi selamanya.

3. Sikap integritas  

6 Konsep Diri untuk Menjadi Perempuan yang Bernilai dari Mien R Unounsplash.com/@lianamikah

Disampaikan oleh Mien R Uno, sikap integritas ditunjukkan dengan satu perkataan dan satu perbuatan. Perempuan yang berintegritas adalah perempuan jujur, berprinsip, dan tangguh.

Mengapa integritas sangat penting? Sebab, di dalam sebuah keluarga, perempuan sebagai ibu adalah role model atau teladan bagi anak-anaknya, contohnya saat seorang ibu melarang anaknya menonton TV saat jam belajar. Makanya, ia adalah orang pertama yang mencontohkannya.

Di kasus ini, ibu hendaknya juga gak menonton televisi dan lebih memilih untuk menemani buah hatinya belajar. Begitulah peran seorang perempuan, ia menjadi ujung tombak yang mengesankan di lingkungannya.

Baca Juga: Sudah Terlupakan, Ini 5 Permainan Jadul yang Dimainkan Anak Perempuan 

4. Kesabaran 

6 Konsep Diri untuk Menjadi Perempuan yang Bernilai dari Mien R Unounsplash.com/@edulauton

Perempuan itu harus memiliki stok sabar yang ekstra. Begitulah yang dikatakan oleh Mien R Uno. Bila kita lihat lagi, di dalam hidupnya, perempuan memang mengalami banyak sekali fase hidup yang memerlukan kesabaran. Misalnya, saat ia menstruasi, perempuan harus sabar dengan rasa gak nyaman seperti menahan kram, sementara ia harus tetap menjalani aktivitas seperti biasa.

Begitu pula dalam hubungan pernikahan, perempuan harus sabar saat terjadi pertengkaran agar masalah bisa diselesaikan dengan baik. Kesabaran perempuan juga akan diuji kala menjadi menantu, ibu, dan mertua. Makanya, jangan lelah untuk berasabar karena ini menjadi kunci keberhasilan sebuah hubungan dengan keluarga, pasangan, teman, dan sebagainya.

5. Daya juang  

6 Konsep Diri untuk Menjadi Perempuan yang Bernilai dari Mien R Unounsplash.com/@wonderlane

Di era modern ini, pandangan yang mengatakan bahwa perempuan adalah makhluk yang lemah harus segera ditinggalkan deh. Saat ini, perempuan sudah diberi akses seluasnya untuk menimba ilmu dan mengembangkan potensi dirinya. Kalau dulu perempuan hanya berdiam di rumah untuk melakukan pekerjaan domestik, kini ia bisa berkarier menjadi apa pun yang ia cita-citakan.

Pesan tambahan dari Mien R Uno, saat menjadi seorang istri, janganlah menjadi istri yang menuntut, apalagi selalu meminta uang kepada suami. Menurut hukum Islam, laki-laki memang wajib menafkahi keluarganya. Namun, kamu juga harus bisa memenuhi kebutuhanmu sendiri tanpa bergantung pada pasangan. Maka dari itu, perempuan hendaknya gak pernah lelah belajar dan mengembangkan diri agar menjadi sosok yang mandiri. 

6. Menyeimbangkan 3B  

6 Konsep Diri untuk Menjadi Perempuan yang Bernilai dari Mien R Unounsplash.com/@austintatephotography

Maksud dari 3B adalah behaviour, be healthy, and brain. Tiga hal ini harus dimiliki oleh perempuan tangguh sebagai a whole person. Behaviour mencakup sikap yang positif, proaktif, mengenali kekuatan dan kelemahan diri, kepekaan, dan etika. Sementara, be healthy adalah kesehatan tubuh kerapian, kebersihan, dan kecerahan wajah. Yang terakhir adalah brain, yaitu wawasan yang luas.

Sebagai perempuan, kamu jangan pernah malas untuk menimba ilmu, membaca buku, update pada informasi teraktual, dan bertukar pikiran, termasuk mengikuti berbagai seminar yang saat ini sangat gampang sekali diakses.

Itulah 3B yang dibagikan oleh Mien R Uno. Jadi, jangan hanya fokus pada kulit yang glowing saja, ya. Kamu juga harus mempercantik diri dari segi pengetahuan dan etika.

Itu dia enam konsep diri positif yang dibagikan oleh Mien R Uno di kelas yang diadakan oleh Dignity Social. Kalau tertarik untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif ini, kamu bisa kunjungi laman Instagram @dignitysocial untuk informasi dan jadwal kelasnya. Jangan lelah untuk belajar sebab mengedukasi perempuan sama dengan mengedukasi generasi.

Baca Juga: Chhaupadi, Tradisi Pengasingan Perempuan Saat Menstruasi di Nepal

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya