Comscore Tracker

Abaikan Baunya, Karena Mengkudu Punya 5 Manfaat Ini Untuk Rambutmu

Jangan cium baunya, tapi tilik manfaatnya

Jangan abaikan Mengkudu ya karena di dalam kandungan buahnya banyak zat yang sangat bermanfaat. Tak cuma untuk kesehatan tubuh, Mengkudu juga berkhasiat untuk kesehatan rambut. Iya sih, penampilan buah ini biasa saja dan baunya kurang sedap jika sudah matang. Tapi tunggu dulu, abaikan itu semuanya lebih baik pikirkan manfaatnya saja ya. Mengkudu biasa juga disebut dengan sebutan buah Noni atau Pace. Nama latinnya adalah morinda citrifolia yang ternyata berasal dari Asia Tenggara. 

Selain buahnya, seluruh tanamannya ini sangat bermanfaat. Sejak zaman dahulu sering dimanfaatkan karena dalam kandungan tanaman ini ada zat antioksidan, antiinflamasi, serta analgesik lho. Oleh karena banyak kebaikan yang terkandung dalam Mengkudu ini, akhirnya dikomersialkan menjadi obat-obatan herbal yang dijadikan ekstrak atau jamu saat ini. 

Nah, yang kita bahas sekarang adalah bagaimana Mengkudu dapat mengatasi permasalahan rambut kita, mari simak penjelasannya berikut ini.

1. Mencegah rambut rontok

Abaikan Baunya, Karena Mengkudu Punya 5 Manfaat Ini Untuk RambutmuPixabay

Mengkudu ternyata bisa mencegah kerontokan rambut lho. Ingin tahu caranya? Gampang saja. Ambil buah Mengkudu yang sudah matang, lalu hancurkan dengan cara diblender kemudian oleskan ke rambut secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas sampai bersih. Jika dilakukan sesering mungkin, dijamin kerontokan rambut kamu akan berkurang deh... Ajaib, bukan?

2. Membasmi kutu rambut

Abaikan Baunya, Karena Mengkudu Punya 5 Manfaat Ini Untuk RambutmuRawpixel

Tidaaakkk! Enyahkan jika ada kutu pada rambutmu. Selain membuat kamu bakal garuk-garuk kepalamu, juga memberi kesempatan menularkan kepada teman-teman kamu lho. Duh, gengsi dong masa iya kamu dicap sebagai "Penyebar Kutu Rambut". Untuk mengatasinya, tidak sulit kok. Hanya menjadikan Mengkudu sebagai jus lalu keramaskan setiap hari. Dijamin kutu rambut kamu akan enyah dari kepala kamu karena dalam Mengkudu mengandung antibakteri juga lho...

3. Mencegah kebotakan

Abaikan Baunya, Karena Mengkudu Punya 5 Manfaat Ini Untuk RambutmuPixabay

Mengkudu juga dapat mengatasi kebotakan. Oleh karena dalam buah Mengkudu terdapat kandungan vitamin dan mineral yang penting dalam menyeimbangkan sirkulasi pertumbuhan rambut. Untuk hal ini, jus Mengkudu tidak dioleskan ke kepala kamu, tapi kamu minum. Kamu pasti kuat kok, abaikan pokoknya baunya, ingat-ingat saja manfaatnya. Keren, kan?

Baca Juga: 9 Makanan Ini Berkhasiat Untuk Menyehatkan dan Memelihara Rambut

4. Mengatasi ketombe yang membandel

Abaikan Baunya, Karena Mengkudu Punya 5 Manfaat Ini Untuk RambutmuPixabay

Jika rambut berketombe memang tidak nyaman deh. Selain gatal, juga tidak pede jika memakai baju berwarna gelap. Ketombe dari rambutmu akan berjatuhan. Oh my God! Jangan khawatir, Mengkudu akan menuntaskan masalah ketombemu dengan cara yang sangat sederhana. Cukup dijus Mengkudu yang sudah tua lalu jadikan sebagai pencuci rambut kamu dan lakukan sesering mungkin. Dijamin ketombe akan musnah dari kepalamu. Mudah, bukan?

5. Menghitamkan rambut

Abaikan Baunya, Karena Mengkudu Punya 5 Manfaat Ini Untuk RambutmuPixabay

Wow, ini yang lebih hebat. Mengkudu ternyata bisa menghitamkan rambut kamu. Hanya menghancurkan Mengkudu matang dan beberapa daun pandan lalu oleskan ke rambut kamu. Lalu, bilas sampai bersih deh... Jika rajin melakukannya, tentunya hasilnya juga akan puas didapat. Jangan malas!

Ternyata di balik baunya yang kurang sedap, Mengkudu memiliki segudang manfaat. Mulai sekarang mari kita kembali ke alam. Ayo coba lihat di sekitar rumahmu, apakah ada tanaman Mengkudu? Nah kan, bisa kamu manfaatkan. Atau kamu pun bisa menanamnya sendiri di halaman rumahmu.

Kembali ke alam sudah saatnya karena tidak ada kata terlambat.

Baca Juga: Ngaku, 7 Masalah Ini Sering Banget Dialami Oleh Cewek Berambut Tebal

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit. Menyempatkan diri menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya