Comscore Tracker

5 Bahaya Gak Membersihkan Makeup Sebelum Tidur, Awas Beruntusan!

#IDNTimesLife yuk bersihkan riasanmu terlebih dahulu

Makeup sudah menjadi bagian penting dari penampilan wanita setiap harinya. Baik untuk sehari-hari maupun acara formal, riasan pada wajah adalah hal yang gak bisa dilewatkan. Namun, banyak dari kita yang masih lupa menghapus makeup ketika hendak tidur malam.

Jangan dibiasakan lagi, ya! Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan hal berbahaya, seperti yang telah dirangkum IDN Times berikut ini. Inilah beberapa bahaya gak membersihkan makeup sebelum tidur.

1. Menyebabkan breakout

5 Bahaya Gak Membersihkan Makeup Sebelum Tidur, Awas Beruntusan!Ilustrasi bercermin. (pexels.com/Andrea Piacquaido)

Ketika tidur di malam hari, kulit melakukan proses regenerasi. Proses ini menyebabkan folikel rambut mengeluarkan minyak yang memungkinkan minyak mengalir ke permukaan kulit.

Apabila kamu belum menghapus makeup di kulit wajahmu, sisa riasan tersebut dapat menjebak minyak sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat. Puncaknya, kulitmu juga bisa berjerawat.

Selain itu, sepanjang hari selama kita mengenakan makeup saat beraktivitas, debu dan kotoran menempel. Itu membuat jerawat dan masalah kulit lain lebih mudah timbul.

2. Mata menjadi iritasi

5 Bahaya Gak Membersihkan Makeup Sebelum Tidur, Awas Beruntusan!Ilustrasi bercermin. (pexels.com/Dimitry Zub)

Mata merupakan bagian yang sensitif. Saat kamu belum membersihkan makeup yang menempel di wajah, terutama eyeliner dan maskara, tentu dapat menimbulkan efek samping.

Kamu berisiko membiarkan bakteri dan partikel dari riasan meresap ke mata. Ini menyebabkan iritasi dan infeksi pada mata, seperti kemerahan dan gatal.

Baca Juga: 5 Perubahan yang Terjadi pada Kulit Selama Kehamilan, Normal, kok

3. Pori-pori menjadi lebih besar

5 Bahaya Gak Membersihkan Makeup Sebelum Tidur, Awas Beruntusan!Ilustrasi pori-pori. (pexels.com/fotografierende)

Proses regenerasi kulit yang gak berjalan baik, menyebabkan pori-pori menjadi lebih besar dan dalam. Pori-pori kulit wajah menjadi tersumbat.

Jerawat serta masalah kulit lainnya akan muncul lebih banyak. Keadaan kulit wajah yang semakin memburuk, akan menghalangi kemampuan kulit untuk memperkuat selnya dari hasil regenerasi.

4. Mengganggu penyerapan produk

5 Bahaya Gak Membersihkan Makeup Sebelum Tidur, Awas Beruntusan!Ilustrasi pakai skincare. (pexels.com/Sora Shimazaki)

Tidur dengan riasan dapat mengganggu kemampuan kulit dalam menyerap skincare di malam berikutnya. Untuk itu, membersihkan riasan secara rutin bisa membuat kulit bersih. Kulitmu bisa menyerap skincare secara efektif dan produknya bekerja dengan maksimal!

5. Mempercepat penuaan kulit

5 Bahaya Gak Membersihkan Makeup Sebelum Tidur, Awas Beruntusan!Ilustrasi pori-pori. (pexels.com/Dhyamis Kleber)

Dampak yang terakhir adalah mempercepat penuaan pada kulit. Masih dengan regenerasi kulit, prosesnya membuat pergantian sel. Sel-sel kulit baru tersebut akan terdorong ke permukaan, sementara sel-sel kulit lama akan dilepaskan.

Riasan yang gak dibersihkan, akan menjebak sel-sel kulit mati, membuat kulit kusam, sekaligus menyebabkan kulit tampak tua. Membersihkan makeup sebelum tidur memberi manfaat untuk kulit yang lebih cerah, lebih muda, serta memperlambat proses penuaan.

Itu dia beberapa dampak apabila kamu gak membersihkan riasan sebelum tidur. Setelah ini, kamu harus rajin ya membersihkan riasanmu! Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga: Punya Kulit Berminyak? Hindari Skincare dengan 5 Bahan Ini

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya