Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Rambut Lepek untuk Perempuan Berhijab, biar Nyaman!

#IDNTimesLife Hijabers wajib tahu!

Bagi perempuan yang mengenakan hijab, saat melakukan aktivitas, tentu rambutnya akan tertutup bahkan hingga seharian. Ini membuat kondisi rambut menjadi lebih lembap dan mudah lepek! Tentu sangat mengganggu aktivitas dan kesehatan rambut, ya?

Tenang, kali ini IDN Times akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi rambut lepek untuk kamu yang berhijab, keep scrolling!

1. Rutin keramas

5 Tips Mengatasi Rambut Lepek untuk Perempuan Berhijab, biar Nyaman!pexels.com/cottonbro

Tips yang pertama, tentu saja rutin melakukan keramas. Gak perlu setiap hari, namun terjadwal seperti 2-3 hari sekali. Mencuci rambut setiap hari justru akan menghilangkan minyak alami di rambut dan rambut menjadi lebih kering dan rapuh. Rutin keramas dinilai menjadi salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi lepek pada rambut!

2. Gunakan sampo yang tepat

5 Tips Mengatasi Rambut Lepek untuk Perempuan Berhijab, biar Nyaman!pexels.com/Jill Burrow

Kenali jenis rambutmu, lalu kamu bisa sesuaikan jenis sampo yang cocok dipakai untuk rambutmu. Kamu juga dapat menggunakan produk sampo khusus hijab. Sampo yang dengan klaim 2 in 1 dengan kandungan sampo sekaligus kondisioner juga dinilai mampu  menghilangkan minyak yang terdapat pada kulit kepala, serta membersihkan rambutmu.

3. Keringkan rambut sebelum mengenakan hijab

5 Tips Mengatasi Rambut Lepek untuk Perempuan Berhijab, biar Nyaman!pexels.com/Element5 Digital

Rambut yang masih basah yang tetap dikenakan hijab, tentu akan meembuatnya semakin lepek. Selain itu juga akan memberikan bau gak sedap. Usai keramas, kamu dapat mengeringkan rambutmu terlebih dahulu.

Kamu bisa mengenakan hairdryer atau dianginkan begitu saja. Apabila memakai hairdryer, pastikan kamu memulainya dari pengaturan panas yang terendah sampai yang tertinggi.

Baca Juga: 5 Bahan Hijab yang Mudah Dibentuk, Bikin Penampilan Makin Sempurna!

4. Hindari mengikat rambut terlalu kencang

5 Tips Mengatasi Rambut Lepek untuk Perempuan Berhijab, biar Nyaman!pexels.com/Lisa Fotios

Untuk kamu pemilik rambut panjang dan lebat, sebaiknya ikat rambutmu dengan rapi. Namun, jangan mengikatnya terlalu kencang, ya. Hal tersebut dapat membuat rambut menjadi mudah rontok dan rusak. Kulit kepala pun menjadi tegang dan terasa sakit.

Kamu tentu menjadi gak nyaman mengenakan hijab. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan ikat rambut scrunchie yang dapat meminimalisir ketegangan pada kulit kepalamu.

5. Kenakan bahan hijab yang nyaman

5 Tips Mengatasi Rambut Lepek untuk Perempuan Berhijab, biar Nyaman!pexels.com/Steven Tanuwijaya

Bahan hijab yang nyaman juga jadi penentu, lho! Kenakan hijab dengan bahan yang gak panas, menyerap keringat, dan adem saat dikenakan. Sekarang-sekarang ini semakin banyak jenis hijab nyaman yang bisa kamu kenakan seperti katun, voal, ceruti, diamond, dan masih banyak lagi.

Itu dia beberapa tipsnya, setelah ini kamu jadi makin nyaman deh mengenakan hijab!

Baca Juga: 7 Warna Hijab yang Ampuh Bikin Wajah Lebih Cerah, Yakin Udah Punya?

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya