Comscore Tracker

5 Tahap Penggunaan Skincare Bagi Pemula, Gak Pakai Ribet!

#PANJATPOIN Yuk, mulai rawat kulit wajahmu

Mempunyai kulit wajah yang cantik dan sehat tentu menjadi hal yang sangat diinginkan setiap wanita. Oleh karena itu, diperlukan perawatan khusus untuk merawat kulit wajah agar tidak kusam dan terhindar dari penuaan dini.

Penggunaan skincare harus dimulai sejak dini mungkin. Bagi kamu yang baru akan memulai menggunakan skincare, sebaiknya ikuti 5 tahapan penggunaan skincare bagi pemula ini agar tidak salah dalam mengaplikasikan ke kulit wajahmu.

1. Gunakan pembersih wajah terlebih dulu

5 Tahap Penggunaan Skincare Bagi Pemula, Gak Pakai Ribet!availdermatology.com

Pembersih wajah atau yang lebih dikenal dengan face wash ini menjadi tahapan utama yang sangat penting untuk memulai rangkaian skincare routine. Pembersih wajah ini berfungsi untuk menghilangkan minyak, mengangkat kotoran atau debu akibat polusi dan membersihkan pori-pori untuk mencegah timbulnya jerawat serta masalah kulit wajah lainnya.

Gunakan pembersih wajah yang sesuai untuk jenis kulitmu, seperti kulit kering, berminyak atau berjerawat. Jangan membersihkan wajah terlalu sering, karena akan merusak lapisan kulit wajahmu. Cukup menggunakan pembersih wajah maksimal 2 kali sehari saja.

2. Lalu, perlahan usapkan toner pada wajah

5 Tahap Penggunaan Skincare Bagi Pemula, Gak Pakai Ribet!today.com

Jika setelah membersihkan wajah dengan sabun kulitmu menjadi semakin kencang, kamu bisa memakai toner untuk kembali menyegarakan kulit di wajahmu. Toner ini bisa dibilang tahap awal untuk pemakaian skincare selanjutnya. Fungsi toner adalah mengembalikan pH kulit setelah mencuci wajah.

Jenis toner ini juga bermacam-macam. Selain membuat wajah menjadi segar, toner juga bisa merawat berbagai permasalahan kulit seperti jerawat dan komedo. Kamu cukup tuangkan toner ke kapas dan aplikasikan ke wajahmu.

Baca Juga: 5 Tips Dasar Skincare Pria untuk Pemula, Semakin Tampan Maksimal!

3. Kemudian aplikasikan serum

5 Tahap Penggunaan Skincare Bagi Pemula, Gak Pakai Ribet!pixibeauty.com

Bagian yang tak kalah penting dari penggunaan skincare routine adalah penggunaan serum. Banyak sekali manfaat yang diberikan oleh serum ini apabila kamu rutin menggunakannya, seperti mencerahkan wajah, menyamarkan noda hitam dan menunda penuaan dini.

4. Jangan lewatkan menggunakan moisturize

5 Tahap Penggunaan Skincare Bagi Pemula, Gak Pakai Ribet!goodhousekeeping.com

Fungsi utama moisturize ini adalah melembapkan wajah. Pilihlah pelembap sesuai dengan kebutuhan jenis kulitmu. Misalnya, kulit yang kering pilihlah pelembap yang berbahan dasar oil, sebaliknya jika kulitmu berminyak pilihlah pelembap yang lebih ringan agar tidak terlalu lembap di wajah.

5. Nah, menggunakan sunscreen juga gak boleh ketinggalan!

5 Tahap Penggunaan Skincare Bagi Pemula, Gak Pakai Ribet!pixabay.com/kaboompics

Banyak yang melewatkan tahapan skincare terakhir ini, padahal penggunaan sunscreen ini sangat wajib sebagai rangkaian terakhir skincare routine. Salah satu fungsi utama sunscreen adalah melindungi kulit wajahmu dari sinar UV agar tidak terjadi pembakaran dan penggelapan warna kulit yang tidak merata. Gunakan sunscreen minimal yang mempunyai SPF 15 dan ratakan hingga leher saat pemakaian.

Itulah urutan tahapan skincare bagi kamu yang baru akan memulai skincare routine. Tapi ingat ya, tidak ada hasil secara instan. Jadi, harus sabar dalam setiap tahapannya. Selamat mencoba, girls!

Baca Juga: Skincare yang Wajib Kamu Gunakan Mulai dari Usia 20an

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing Antara menulis dan bulutangkis, namun bukan seorang jurnalis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya