Comscore Tracker

5 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Sensitif

Coba cek produk skincare kamu!

Perawatan wajah memang gak boleh dilakukan sembarangan. Banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari penggunaan skincare yang tepat, mempelajari kandungannya, hingga kapan harus melakukannya. Terutama bagi yang memiliki kulit sensitif, kamu gak boleh menyepelekan perawatan ini.

Kamu harus tahu kandungan skincare yang baik dan buruk untuk kulitmu sebelum menggunakannya. Berikut ini beberapa kandungan skincare yang harus dihindari pemilik kulit sensitif.

5 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Sensitif

1. Skincare yang mengandung fragrance dapat membuat kulitmu iritasi

5 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Sensitifmedium.com

Saat ini, banyak sekali ditemukan produk skincare yang mengandung fragrance atau pewangi. Buat kamu yang memiliki kulit sensitif, produk ini mungkin dapat membahayakan kulitmu.

Pewangi ini biasanya mengandung bahan kimia dan dapat mengiritasi kulit. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu memiliki skincare yang berlabel fragrance-free untuk mencegah hal yang tidak diinginkan pada kulitmu.

2. Gunakan essential oil seperlunya saja

5 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Sensitifwebmd.com

Sebuah penelitian menyebutkan, beberapa essential oil yang dibuat menjadi bahan kimia dan enzim, dapat memicu adanya alergi ketika terpapar sinar matahari. Oleh karena itu, penggunaan essential oil seperti tea tree, mint, citrus, atau lavender oil harus digunakan hati-hati dan seperlunya saja.

Tea tree oil aman digunakan dalam dosis yang sedikit. Jika kandungan tea tree oil dalam produk skincare cukup banyak, kulitmu bisa menjadi kering dan menyebabkan iritasi. Begitu juga dengan mint, citrus, dan lavender oil yangdapat menyebabkan reaksi negatif pada kulit sensitif.

3. Hindari produk yang mengandung sulfat

5 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Sensitifallergycertified.com

Biasanya, kandungan sulfat sering ditemukan pada produk perawatan jerawat. Produk yang mengandung sulfat bersifat mengeringkan dan menenangkan peradangan. Namun jika kulitmu sensitif, kandungan ini akan membuat kulit kehilangan minyak alami. Akibatnya kulit menjadi kering dan kemerahan.

Baca Juga: Aman Buat Kulit Sensitif, 5 Skincare Korea Vegan Ini Layak Dicoba!

4. Gunakan eksfoliator yang lembut

5 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Sensitifdermstore.com

Jika kamu memiliki kulit sensitif, skincare dengan exfoliator yang terlalu abrasif dapat membuat kulit meradang. Namun, bukan berarti kamu harus meninggalkan perawatan pengelupasan kulit.

Kamu bisa pilih exfoliator yang lebih lembut, sehingga dapat membantu menghilangkan sel kulit mati tanpa iritasi. Kamu bisa pilih exfoliator jenis asam laktat untuk kulit sensitifmu.

5. Tinggalkan produk yang mengandung alkohol

5 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Sensitifvineverareviews.com

Nah, inilah kandungan yang wajib kamu hindari. Kandungan alkohol dalam skincare dapat mengeringkan kulit dan memengaruhi peremajaan. Biasanya, alkohol banyak terkandung pada toner dan krim wajah. Pada kulit sensitif, kandungan alkohol pada produk perawatanmu dapat menyebabkan iritasi kulit hingga gatal.

Itu tadi beberapa kandungan skincare yang harus dihindari pemilik kulit sensitif. Apakah produk yang kamu kenakan sudah terhindar dari kandungan-kandungan tersebut?

Baca Juga: Skincare Herbal, Solusi Perawatan Kulit di Cuaca Ekstrem

Topic:

  • Rully Bunga
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya