Comscore Tracker

6 Kesalahan Saat Memakai Softlens, Lindungi Mata Kamu Ya!

Hayo, jangan-jangan kamu masih sering melakukannya nih!

Ada berapa banyak dari kamu yang suka memakai softlens? Pasti rutinitas ini telah menjadi kesukaan bagi sebagian besar cewek. Bagaimana tidak, selain untuk alasan kesehatan agar tidak harus memakai kacamata, softlens memiliki kegunaan untuk menunjang wajah dan penampilan.

Tapi, apa kamu sudah tau bahwa mata adalah area yang cukup sensitif. Bila kamu salah memasukkan sesuatu yang kotor ke dalam mata, akan terjadi iritasi, dan yang paling parah dapat menimbulkan kebutaan.

Ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui agar mata kamu tetap terlindungi. Dan berikut 6 kesalahan memakai softlens yang wajib untuk kamu ketahui sebelum memakainya. 

1. Merendam softlens bukan dengan air, melainkan dengan cairan khusus ya

6 Kesalahan Saat Memakai Softlens, Lindungi Mata Kamu Ya!jonbarron.org

Softlens memiliki kadar airnya tersendiri, nah cairan softlens mengandung zat-zat khusus untuk melindungi agar softlens tetap lembap sesuai dengan ketentuannya. Jangan rendam softlens kamu dengan air biasa, ya. Karena zat yang ada di dalamnya berbeda, girls.

2. Tidak membersihkan wadah dan tangan sebelum pemakaian

6 Kesalahan Saat Memakai Softlens, Lindungi Mata Kamu Ya!allaboutvision.com

Terkadang karena terburu-buru memakai softlens, kamu suka lupa untuk mencuci tangan sebelum memakaikannya pada mata. Hal ini bisa sangat berbahaya sekali, girls. Kamu tidak tahu bakteri yang ada di tanganmu, kalau kamu tidak mencuci tangan, kotoran tersebut akan pindah ke softlens yang akan kamu pakai dan akan masuk ke dalam mata.

Begitu juga dengan wadah menyimpan softlens, bersihkan tempat softlens dengan bersih, ya. Jangan lupa juga untuk merebus wadah tersebut setiap dua minggu sekali untuk mematikan bakteri yang menempel.

3. Tidur dengan mengenakan softlens

6 Kesalahan Saat Memakai Softlens, Lindungi Mata Kamu Ya!unsplash.com/KingaCichewicz

Mengapa amat berbahaya tidur dengan softlens? Risiko terjadinya infeksi sangatlah besar saat kamu tidak melepasnya saat tidur. Dapat terjadi pembengkakan dan radang mata bila kamu tetap mengenakannya, lho. Juga, kamu suka tidak sadar apa yang kamu lakukan saat sedang tertidur seperti menggaruk-garuk mata.

Baca Juga: 6 Aturan Dasar Penggunaan Softlens Ini Wajib Dipatuhi Agar Mata Sehat

4. Cuek dengan tanggal kadaluarsa softlens

6 Kesalahan Saat Memakai Softlens, Lindungi Mata Kamu Ya!Unsplash/Amanda Dalbjörn

Setiap produk pasti ada yang namanya tanggal atau tahun kedaluwarsa. Khususnya untuk softIlens, memang dibuat untuk pemakaian dalam jangka waktu tertentu, entah itu sekali pakai atau untuk beberapa bulan. Ada alasannya mengapa softlens tidak bisa dipakai jangka panjang, dan itu adalah kontaminasi bakteri.

Meski kamu sudah berhati-hati, tetap saja ada banyak cara agar bakteri bisa masuk ke softlens. Daerah lembap adalah tempat bakteri berkembang biak dengan cepat. Tidak menutup kemungkinan bakteri tersebut dapat berubah menjadi jamur. Bayangkan kalau kamu masih memakainya, bakteri dan jamur akan berpindah ke mata. Seram kan?

5. Tidak melepas softlens saat cuci muka atau mandi

6 Kesalahan Saat Memakai Softlens, Lindungi Mata Kamu Ya!pixabay/PublicDomainPictures

Memasang dan melepas softlens memang tidak mudah, ada sebagian orang yang jika sudah memasangnya, malas untuk melepaskan. Hindari kebiasaan buruk ini ya, girls. Kalau kamu ingin mandi atau cuci muka, lepas dahulu softlens yang kamu pakai.

Tahu tidak bahwa air dapat meningkatkan risiko infeksi? Terdapat mikroorganisme atau bakteri di dalam air yang sangat berbahaya bila terkena softlens yang dapat memicu infeksi, lho.

6. Merendam softlens dengan cairan lama

6 Kesalahan Saat Memakai Softlens, Lindungi Mata Kamu Ya!weeklywall.com

Bila kamu sudah memutuskan untuk memakai softlens, besar juga tanggung jawab yang harus kamu ikuti, karena area mata sangat sensitif ya, girls. Kerap kali kamu suka malas mengganti cairan softlens. Menggunakan cairan yang sama dua kali bisa berbahaya.

Cairan pembersih yang sudah digunakan mengandung bakteri, keefektifannya pun juga sudah berkurang. Gantilah cairan pembersihmu setiap habis pakai, agar softlens kamu direndam dengan cairan baru yang bersih.

Itulah beberapa kesalahan saat kamu memakai softlens yang harus kamu ketahui dulu sebelumnya. Gimana, sekarang sudah tahu kan cara merawat softlens yang tepat?

Baca Juga: Biar Aman, Ini 7 Tips Makeup Buat Kamu yang Gemar Pakai Softlens

Topic:

  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya