Comscore Tracker

Ketahui 7 Titik Jerawat Membandel dan Penyebabnya!

Kenali masalah jerawatmu!

Jerawat memang jadi salah satu masalah kulit yang bikin jengkel. Walau tidak berbahaya, namun keberadaan jerawat akan sangat mengganggu look kamu. 

Terdapat beberapa tipe jerawat yaitu: jerawat batu, jerawat jagung, jerawat matang, dan sebagainya. Namun, bukan hanya itu yang perlu kamu ketahui. Timbulnya jerawat ternyata juga mengindikasikan adanya masalah dengan organ dalam tubuhmu sesuai dengan titik munculnya jerawat tersebut. 

Di mana aja sih biasanya jerawat-jerawat itu timbul? Dan apa sajakah penyebabnya? Yuk simak tujuh area jerawat sering tumbuh.

1. Alis udah on point, tapi paling sebel tiba-tiba muncul jerawat di tengah-tengah

Ketahui 7 Titik Jerawat Membandel dan Penyebabnya!medicalnewstoday.com

Buat kamu yang suka makan makanan yang mengandung terlalu banyak gula dan lemak, produk susu, dan minuman beralkohol, ternyata bahan-bahan ini adalah penyebab timbulnya jerawat di antara kedua alis lho. Pasalnya area tersebut berhubungan langsung dengan liver atau hati.

Untuk mengatasi jerawat di antara kedua lais kamu, hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman tersebut ya. Berolahraga selama 30 menit sehari juga dapat membantu.

2. Yang sering merasa stress dan kurang tidur, awas lho bisa gampang timbul jerawat di area kening

Ketahui 7 Titik Jerawat Membandel dan Penyebabnya!dermatologyalliancetx.com

Kemungkinan besar, jerawat yang muncul pada kening terjadi karena hormon-hormon yang timbul akibat stress. Selain itu, kurangnya istirahat dan konsumsi makanan tidak sehat seperti junkfood juga menyebabkan jerawat membandel di area dahi.

Coba deh, sempatkan tidur cukup kurang lebih 7-8 jam untuk meredakan jerawatmu. Di tengah kesibukanmu, pastikan kamu juga meluangkan waktu sebentar untuk relaksasi, ya. 

3. Selalu bersihkan sisa makeup sampai bersih agar tidak menyumbat pori-pori yang menyebabkan timbulnya jerawat di area hidung

Ketahui 7 Titik Jerawat Membandel dan Penyebabnya!landingsnews.com

Area hidung berhubungan langsung dengan jantung. Bisa jadi, kamu kekurangan vitamin B dalam tubuh atau ada masalah dengan tekanan darah. Kurangi makan makanan pedas dan makanan penuh kolesterol untuk mengatasi ini.

Baca Juga: 7 Kandungan Pada Label Kosmetik Ini Ampuh Cegah Jerawat

4. Ternyata kurang minum air dapat menyebabkan jerawat di area mata lho

Ketahui 7 Titik Jerawat Membandel dan Penyebabnya!bbcgoodfood.com

Hayo, siapa yang gak suka minum air putih? Dehidrasi, atau kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan timbulnya jerawat di area mata, girls! Pastikan kamu cukup minum air, paling tidak 8 gelas sehari, ya.

5. Polusi dan udara kotor menimbulkan jerawat meradang pada bagian pipi

Ketahui 7 Titik Jerawat Membandel dan Penyebabnya!shutterstock.com

Area pipi ternyata berhubungan dengan saluran-saluran pernapasan, guys! Bagi kamu yang suka merokok atau sering terkena asap rokok dan polusi, sebaiknya langsung cepat cuci muka dengan bersih, ya. Tidak hanya itu, bakteri-bakteri yang bersarang di sarung bantal, juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat-jerawat pada pipi. Seringlah ganti sarung bantal, guling, dan juga sprei kamu.

6. Kurangnya serat dalam tubuh dapat memicu jerawat di dagu

Ketahui 7 Titik Jerawat Membandel dan Penyebabnya!rd.com

Yang tidak suka makan buah dan sayur, kamu bisa coba biasakan makan buah atau minum jus sedikit demi sedikit. Dagu berhubungan dengan saluran pencernaan, sehingga, kalau kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung "racun" bagi tubuh, bisa jadi akan timbul jerawat pada area dagu.

7. Jangan panik kalau timbul jerawat di garis rahang, hanya hormon kok!

Ketahui 7 Titik Jerawat Membandel dan Penyebabnya!oglf.org

Di waktu-waktu menjelang periode menstruasi, biasanya suka timbul jerawat membandel pada area wajah, terlebih pada garis rahang. Hal ini disebabkan karena hormon-hormon yang sedang tidak stabil. Yang penting, kamu jaga kebersihan wajahmu setiap hari, ya.

Sudah tahu kan penyebab timbulnya jerawat di beberapa area wajahmu? Jangan lupa untuk selalu rajin membersihkan muka dan mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Hindari terlalu sering menyentuh wajah berjerawat dengan tangan kotor untuk mencegah jerawat yang berkelanjutan, ya!

Baca Juga: 5 Tips Sederhana sebelum Tidur Agar Wajah Kamu Glowing di Pagi Hari

Topic:

  • Sarah Qonita
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya