Comscore Tracker

5 Bahan Alami yang Jadi Pewarna Produk Kecantikan, Aman untuk Kulit!

Gak cuma enak dikonsumsi, ternyata jadi bahan makeup juga!

Pernah gak kamu bertanya-tanya berasal dari mana datangnya warna-warna yang ada pada produk kecantikan? Tentu bahan-bahan alami jawabannya. Sebelum penggunaan bahan kimia sebagai pewarna, wanita zaman dulu ternyata kerap memanfaatkan aneka buah dan tumbuhan sebagai bahan untuk menambah warna dalam produk kecantikan, lho.

Ternyata, hal tersebut masih berlaku hingga saat ini. Penggunaan bahan alami sebagai pewarna dalam produk kecantikan dianggap lebih aman karena kandungannya, serta bahan-bahan tersebut lebih ramah di kulit. Nah, jika kamu ingin tahu bahan alami apa saja yang kerap dijadikan sebagai pewarna dari produk kecantikan, yuk simak terus artikelnya!

1. Warna merah biasa didapatkan dari buah delima, lho

5 Bahan Alami yang Jadi Pewarna Produk Kecantikan, Aman untuk Kulit!Unsplash/Marco Secchi

Buah delima ternyata kerap dijadikan sebagai warna dasar produk kecantikan berwarna merah yang diproduksi oleh kandungan yang disebut antosianin. Kandungan yang satu ini juga tergolong sebagai jenis pigmen yang dapat larut di dalam air, sehingga aman bagi lingkungan serta kulit kamu.

2. Bumbu dapur seperti kunyit ternyata bisa dijadikan sebagai bahan produk kecantikan

5 Bahan Alami yang Jadi Pewarna Produk Kecantikan, Aman untuk Kulit!remediesforme.com

Kunyit adalah salah satu jenis bumbu dapur yang gak hanya mampu menambah cita rasa masakan, tapi juga kaya akan manfaat bagi tubuh dan kecantikan, lho. Nah, jika kamu menemukan produk kecantikan yang berwarna kuning, bisa jadi warna tersebut berasal dari kunyit, girls! 

Warna kuning yang dihasilkan oleh kunyit diperoleh dari kandungan zat yang disebut kurkumin. Selain berfungsi sebagai bahan pewarna alami, rupanya kurkumin juga dikenal memiliki zat anti-oksidan serta pencegah tumor.

3. Pigmen hijau biasanya berasal dari zat fikosiain dari spirulina

5 Bahan Alami yang Jadi Pewarna Produk Kecantikan, Aman untuk Kulit!beneathyourmask.com

Spirulina merupakan ganggang berwarna biru-hijau berbentuk spiral. Jenis ganggang ini dapat menghasilkan pigmen yang disebut fikosianin yang menghasilkan warna hijau kebiruan. Selain untuk produk kecantikan, ganggang ini kerap disebut sebagai superfood karena manfaatnya yang beragam untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Aman Digunakan, Ini 5 Bahan Alami yang Bisa Memutihkan Gigimu

4. Tidak hanya warna merah, kandungan warna ungu dari antosianin juga ditemukan pada acai berries

5 Bahan Alami yang Jadi Pewarna Produk Kecantikan, Aman untuk Kulit!righteouslyrawchocolate.com

Selain warna merah yang diproduksi pada buah delima, ternyata kandungan antosianin juga menghasilkan pigmen berwarna ungu yang sering digunakan untuk produk kecantikan seperti lipstik dan eyeshadow. Namun, selain warna ungu tua, buah acai berries ternyata juga dapat menghasilkan warna hijau tua yang diperoleh dari minyak alami dalam buah tersebut, lho. Wah, banyak ya manfaatnya!

5. Gak hanya baik untuk kesehatan, wortel sering dijadikan sebagai bahan dasar makeup!

5 Bahan Alami yang Jadi Pewarna Produk Kecantikan, Aman untuk Kulit!sciencing.com

Warna oranye yang didapat dari wortel rupanya dihasilkan dari kandungan yang disebut karotenoid. Bahan ini merupakan bekerja sebagai anti-oksidan yang sangat baik untuk kulit nih, girls. Karotenoid sendiri merupakan pigmen yang dapat larut dalam minyak dan mudah ditemukan di alam, jadi jangan khawatir ya, karena bahan ini tentunya sangat ramah lingkungan dan bermanfaat untuk kulit kamu. 

Gak nyangka ya makanan-makanan yang sering kamu temukan di pasar ternyata sering dijadikan bahan-bahan dasar pewarna produk kecantikan. Gak hanya lezat, tapi juga sehat bagi kulit!

Baca Juga: 5 Cara Menghaluskan Kulit Wajah dengan Bahan Alami dan Murah

Topic:

  • Sarah Qonita
  • Pinka Wima

Just For You