Comscore Tracker

Fakta Skincare yang Perlu Kamu Ketahui, Newbie Wajib Baca Nih!

Jangan asal pakai!

Saat berbicara mengenai skincare, apa yang terlintas di benak kamu? Tentunya, skincare jadi salah satu produk yang gak bisa lepas dari kehidupan perempuan. Perawatan kulit memang dianggap sangat penting buat menjaga penampilan agar tetap sehat dan fresh.  Tapi, tahu gak, ternyata ada beberapa fakta seputar skincare yang wajib kamu ketahui, lho.

Merawat kulit itu penting, namun, kamu juga harus ketahui betul apa yang kamu pakai di wajahmu. Nah, berikut beberapa hal yang perlu kamu tahu mengenai fakta skincare!

1. Gunakan pembersih wajah dengan kandungan yang tepat

Fakta Skincare yang Perlu Kamu Ketahui, Newbie Wajib Baca Nih!bestlifeonline.com

Kamu mungkin merasa bahwa semakin kesat kulitmu, semakin bersih pula kelihatannya. Namun, pH normal kulit adalah sekitar 5,5, itulah mengapa pembersih dengan pH yang lebih tinggi dapat menyebabkan jerawat. Pastikan kamu menggunakan produk cleanser yang tepat sesuai dengan jenis kulitmu, apa kulitmu cenderung kering, berminyak, atau kombinasi.

Penggunaan pembersih wajah yang salah malah akan mengambil minyak dan mengubah sifat kulit dengan memprovokasi kelenjarsebaceous yang menghasilkan lebih banyak sebum daripada yang kamu butuhkan secara alami. Kandungan ini masih banyak digunakan brand kecantikan yang kurang baik untuk kulit sensitif nih, girls, seperti, silikon, paraben, dan mineral oil. Ketiga hal ini biasanya akan bereaksi keras pada kulit sensitif.

2. Jangan lupa untuk selalu pakai cream wajah, walau kulitmu berminyak!

Fakta Skincare yang Perlu Kamu Ketahui, Newbie Wajib Baca Nih!kiata.com

Teruntuk kamu yang memiliki kulit berminyak, banyak mitos yang mengatakan bahwa kamu tidak perlu lagi memakai moisturizer atau pelembap, karena katanya akan membuat wajah kamu memproduksi minyak yang berlebih. Padahal, pelembap adalah produk skincare yang sangat penting lho, apa pun jenis kulitmu. Yang penting, kamu harus cari produk yang memang sesuai dengan tipe kulitmu ya.

Terlebih, jika saat ini kamu menginjak usia awal 20 tahun, Natural Moisturizing Factor (NMF) pada kulit perlahan berkurang. Untuk kulit berminyak ataupun kering, sangat penting menghidrasi atau mempertahankan kadar air dalam kulit dengan menggunakan pelembap, ya. Kulit yang kering akan membuat wajah terlihat tidak sehat dan akan mempercepat produki garis-garis halus, kulit kamu sangat membutuhkan produk-produk seperti lotion atau cream seperti day/night cream, serum, dan eye cream.

Baca Juga: 7 Tips Beli Skincare Buat Kamu yang Punya Budget Terbatas

3. Semakin sedikit produknya, semakin efektif pula produk akan bekerja

Fakta Skincare yang Perlu Kamu Ketahui, Newbie Wajib Baca Nih!petitesuitcase.com

Terkadang, kamu suka berpikir bahwa kamu butuh berbagai macam produk untuk menghasilkan kulit wajah yang diinginkan, namun, terlalu banyak produk juga gak baik, lho. Ternyata semakin sedikit produk yang digunakan pada kulit, semakin efektif pula kandungannya bekerja. Cobalah cari produk yang memiliki banyak kandungan aktifnya ketimbang menggunakan banyak produk dengan masing-masing satu kandungan utama. 

Rutinitas pemakaian produk skincare memang terkadang membingungkan. Setiap orang memiliki kebutuhannya masing-masing tergantung jenis kulitnya. Nah, kamu harus cari mana yang terbaik untuk kamu, belum tentu yang menurut orang lain bagus, akan cocok juga di kamu.

Baca Juga: 7 Tips yang Kamu Wajib Tahu Sebelum Memulai Skincare Routine

Topic:

  • Sarah Qonita
  • Pinka Wima

Just For You