Comscore Tracker

Turut Serta Menjaga Lingkungan, Mulailah dari Produk Kecantikan!

Menyelamatkan bumi itu sederhana!

Kerusakan alam sudah menjadi isu penting yang diperbincangkan gak hanya di Indonesia namun menjadi sorotan internasional juga. Salah satu hal yang dapat merusak lingkungan adalah produk-produk yang terbuat dari bahan-bahan yang susah terurai yang kemudian menjadi limbah di laut seperti plastik.

Melihat kondisi ini, gak sedikit perusahaan dan individu yang mulai mengubah kebiasaan dan mulai memerhatikan produk yang dikonsumsi setiap hari. Hal ini juga turut berpengaruh pada industri kecantikan seperti menggunakan bahan-bahan eco-friendly.

Nah, buat kamu yang ingin berkontribusi untuk melakukan perubahan demi menjaga bumi, kamu bisa memulainya dari sesuatu yang dekat seperti penggunaan produk kecantikan yang ramah lingkungan. Mau tahu seperti apa caranya? Yuk, simak ulasannya!

1. Harus jeli dalam memilih produk yang eco-friendly

Turut Serta Menjaga Lingkungan, Mulailah dari Produk Kecantikan!cosmeticsbusiness.com

Banyak cara untuk membuat kegiatan sehari-hari kamu lebih 'go-green'. Salah satunya adalah memilih produk kemasan yang eco-friendly atau ramah lingkungan. Contohnya, dibandingkan kamu membeli sabun cair yang kebanyakan menggunakan wadah plastik, kamu bisa menggantinya dengan sabun batangan yang biasanya dikemas dalam kertas yang dapat didaur ulang.

2. Perhatikan kandungan dalam produk kecantikan yang kamu beli

Turut Serta Menjaga Lingkungan, Mulailah dari Produk Kecantikan!robbreport.com

Produk ramah lingkungan artinya menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak esensial dan tumbuhan. Nah, kamu bisa membaca bahan-bahan tersebut pada label setiap kali ingin membeli produk. Sebagai langkah pencegahan, minimalisir penggunaan kandungan polyethylene, polypropylene, polyethylene terephthalate, dan polymethyl methacrylate saat memilih produk kecantikan.

3. Jangan boros, pilihlah produk yang benar-benar kamu butuhkan

Turut Serta Menjaga Lingkungan, Mulailah dari Produk Kecantikan!standard.co.uk

Kebiasaan para cewek saat berbelanja adalah membeli semua produk sekaligus, padahal, ujung-ujungnya yang terpakai hanya segelintir saja. Kebiasaan seperti ini juga gak baik untuk lingkungan, girls.

Belilah produk kecantikan yang benar-benar diperlukan dan gunakan semaksimal mungkin hingga produk habis. Hal ini dapat meminimalisir penggunaan kemasan yang berlebihan. Membeli produk kecantikan yang sudah dimiliki hanya akan menambah pengeluaran juga timbunan sampah setelahnya.

Baca Juga: 5 Tips Mengubah Gaya Hidup yang Ramah Lingkungan, Yuk Lakukan Sekarang!

4. Mendaur ulang bekas-bekas kemasan setelah usai dipakai

Turut Serta Menjaga Lingkungan, Mulailah dari Produk Kecantikan!thepremierline.com

Memang saat membeli produk kecantikan, terkadang kamu gak mempunyai pilihan selain membeli produk berkemasan plastik. Kemasan yang sudah tak terpakai akan dibuang dan menjadi limbah kosmetik. Namun, yang kamu bisa lakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan adalah, kamu bisa mengurangi konsumsi plastik dengan beberapa cara, seperti mendaur ulang produk kecantikan dan memanfaatkan bekas kemasan dengan mengubah fungsinya.

Selain itu, sekarang sudah mulai banyak lho brand kecantikan yang menerima pengembalian bekas kemasan, jadi kamu bisa manfaatkan hal ini guna mengurangi penggunaan plastik.

5. Lakukan riset mengenai profil perusahaan dari produk kecantikan yang ingin kamu beli

Turut Serta Menjaga Lingkungan, Mulailah dari Produk Kecantikan!allure.com

Biasanya, sikap teliti dan cermat gak hanya berlaku saat memilih produk, tapi juga latar belakang brand yang hendak kamu beli. Kamu dapat membaca informasi tentang bagaimana produk dibuat dan apakah produk tersebut aman bagi lingkungan pada kemasan produk. Sudah ada beberapa perusahaan yang menawarkan layanan penukaran wadah bekas produk dengan produk baru atau isi ulang.

Gak sulit kan untuk memulai hidup ramah lingkungan? Ternyata bisa dimulai dari kegiatan kamu sehari-hari!

Baca Juga: Ramah Lingkungan, 5 Merek Makeup Zero Waste Ini Paling Recommended

Topic:

  • Sarah Qonita
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya