Comscore Tracker

8 Hal yang Akan Terjadi Setelah Kamu Melakukan Bedah Sesar

Yang HPL sudah semakin dekat, merapat!

Pilihan seseorang untuk melahirkan dengan cara normal atau bedah sesar harus diputuskan dengan matang. Karena meski pun saat kelahiran bayi melalui bedah sesar tak sesakit persalinan vaginal, namun bedah sesar tak juga lebih mudah jika dibandingkan dengan persalinan vaginal.

Banyak hal yang harus dilalui ibu setelah melahirkan dengan cara bedah sesar, dan 8 hal tak terduga ini bisa saja terjadi setelah ibu melakukan prosedur bedah sesar.

1. Kamu akan mengalami masa penyembuhan yang sedikit lebih lama daripada persalinan normal

8 Hal yang Akan Terjadi Setelah Kamu Melakukan Bedah SesarUnsplash.com/@kalegin

Ketika bayi sudah lahir, kamu akan dimasukkan ke dalam ruang penyembuhan, di mana para perawat akan memantau kondisimu setelah operasi. Ada 2 hal yang mungkin akan terjadi; kamu dan bayimu diletakkan di ruangan terpisah, atau kamu bisa sekamar dengan bayimu.

Tak perlu panik, kamu nggak akan lama berada di ruang penyembuhan. Biasanya selama 30 menit hingga 1 jam kemudian, kamu akan dipindah ke kamarmu sendiri untuk bonding dengan bayimu.

2. Kamu akan mengalami sedikit pendarahan, dan itu sangat normal

8 Hal yang Akan Terjadi Setelah Kamu Melakukan Bedah SesarUnsplash.com/@chuttersnap

Sama seperti persalinan vaginal, bedah sesar biasanya juga diikuti dengan sejumlah pendarahan. Beberapa hari pertama akan seperti menstruasi dan kemudian akan lebih ringan dan akhirnya hilang sama sekali. Ini artinya dinding rahimmu memperbaiki dirinya dengan baik. Siapkan pembalut khusus melahirkan dan pakaian dalam yang super nyaman sepulang dari rumah sakit.

Jika kamu mengalami pendarahan tak normal, segera hubungi doktermu.

3. Bekas luka jahitan sesar mungkin akan sedikit terlihat 'ngeri'

8 Hal yang Akan Terjadi Setelah Kamu Melakukan Bedah SesarUnsplash.com/@igorovsyannykov

Sama seperti luka lainnya, luka bedah sesarmu akan terlihat lumayan 'eksplisit' selama beberapa minggu hingga bulan. Bekas lukamu mungkin akan sedikit bergelombang dan meninggalkan sedikit perasaan ngeri saat kamu meraba perutmu. Ini normal, dan bekas luka ini akan hilang seiring waktu. Kamu hanya perlu rajin konsumsi vitamin C dan E untuk mempercepat penyembuhan bekas luka.

4. Dengan obat bius yang tak bertahan lama, kamu harus bersiap rasa sakit yang datangnya belakangan

8 Hal yang Akan Terjadi Setelah Kamu Melakukan Bedah SesarUnsplash.com/@entersge

Kamu bakal merasakan sejumlah sakit dan nyeri tak tertahankan di sekitar jahitanmu. Memang tak mudah mengurus bayi dengan jahitan bekas luka lebar di perut, belum lagi kamu harus adaptasi dengan perubahan hidupmu. Maka dari itu, persiapkan segalanya dengan baik.

Jangan pura-pura kuat, jangan sok-sokan mengurus pekerjaan rumah jika jahitanmu belum benar-benar sembuh. Kamu masih punya suami yang harus mau diajak bekerja sama mengurus rumah tangga bersama. 'Gunakan' suamimu dengan baik dan benar.

5. Aktivitasmu otomatis juga akan terhambat, jangan pernah memaksakan diri

8 Hal yang Akan Terjadi Setelah Kamu Melakukan Bedah SesarUnsplash.com/@andrewtneel/

Apalagi buang air besar pertama setelah bedah sesar, rasanya akan sangat membuatmu frustrasi. Karena metabolisme tubuhmu mengalami sedikit keterlambatan saat di bawah pengaruh bius, dan akan sedikit sudah untuk buang air besar.

Perawat akan memberimu beberapa pencahar dan kamu dianjurkan untuk minum air yang banyak. Latihan berjalan pelan-pelan (meskipun sangat sakit) akan membantu metabolisme dalam perutmu mulai bergerak. SELALU minta bantuan perawat jika kamu butuh sesuatu.

Biasanya kamu akan mulai mulas-mulas ingin pup setelah beberapa hari pulang dari rumah sakit. Take it easy, jangan dipaksakan.

6. Beberapa pergerakan seketika akan membuat tubuhmu sakit

8 Hal yang Akan Terjadi Setelah Kamu Melakukan Bedah SesarUnsplash.com/@saaout

Ini termasuk batuk, bersin, tertawa, dan hampir semua aktivitas yang menggerakkan otot perut. Kamu mungkin akan takut soal jahitan di perutmu nanti bakal lepas jika kamu batuk, tapi yang perlu kamu pikirkan adalah soal sakitnya. Cara yang bisa membantu meringankan nyeri adalah menaruh bantal untuk menekan sedikit otot perut sehingga nyeri tak terlalu terasa karena pergerakan otot tertahan.

7. Kamu juga akan merasa pegal di beberapa bagian tubuh

8 Hal yang Akan Terjadi Setelah Kamu Melakukan Bedah SesarUnsplash.com/@bullmoose

Karena setelah operasi sesar metabolisme perutmu menjadi sangat lamban, bisa menyebabkan beberapa nyeri yang disebabkan oleh gas di perutmu. Bahkan beberapa perempuan merasa nyeri di bagian pundak mereka setelah melahirkan. Terdengar aneh, tapi itu benar-benar terjadi karena gas di perutu menekan diafragma.

Cobalah untuk bangun dan berjalan pelan-pelan untuk mengatasinya. Lagi, SELALU minta bantuan perawat untuk soal penangan apa pun yang kamu inginkan.

8. Kamu akan menghabiskan beberapa hari di rumah sakit

8 Hal yang Akan Terjadi Setelah Kamu Melakukan Bedah SesarUnsplash.com/@mdominguezfoto

Ketika para ibu yang melahirkan vaginal hanya butuh 2 malam di rumah sakit dan kemudian pulang, kamu mungkin harus sedikit lebih lama. Jangan khawatir, bedah sesar memang sedikit lebih lama dari persalinan vaginal, minimal 3-5 hari kamu akan berada di rumah sakit.

Sepulang dari rumah sakit, kamu pun juga harus ekstra ketat dalam beristirahat karena jahitanmu belum sembuh sempurna.

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya