Comscore Tracker

Skincare 101: Makna Jerawat di Bagian Wajahmu, Ternyata Gak Semua Sama

Jangan pikir semua jerawat itu sama~

Sebagai organ tubuh paling luas dan yang paling punya pertahanan diri terbaik, kulitmu pasti bisa selalu diandalkan. Tapi kadang untuk melindungi dirinya, kulit sering menerima banyak risiko, salah satunya adalah jerawat. Entah itu hanya berbentuk satu benjolan kecil di jidat atau beruntusan, jerawat rasanya sudah jadi bagian di hidup kita.

Saking seringnya ketemu jerawat, mungkin kamu pikir semua jerawat itu sama saja. Tapi tahu gak sih kalau beda tempat jerawat ternyata beda artinya juga?

1. Pipi

Skincare 101: Makna Jerawat di Bagian Wajahmu, Ternyata Gak Semua Samaher.ie

Kalau kamu jerawatan di pipi, bisa jadi itu karena alergi, polusi, dan penumpukan sel mati. Sebaiknya gunakan masker deep cleansing untuk mengontrol minyak berlebih dan menghilangkan sel mati yang bisa bikin jerawatan.

Oh ya, jangan sering-sering pegang pipi atau pun brush makeup. Karena brush makeup yang kotor sama saja seperti tumpukan bakteri, kalau kamu pakai ke wajah ya sama saja.

2. Garis rahang

Skincare 101: Makna Jerawat di Bagian Wajahmu, Ternyata Gak Semua Samaracked.com

Jerawat di rahang artinya ada ketidakseimbangan hormon di tubuh. Kalau kamu mengalami hal ini, cobalah untuk menggunakan purifying mask atau konsumsi sayuran hijau, kacang almond dan salmon.

Baca Juga: Skincare 101: Cara Bijak Gunakan Uangmu untuk Produk Skincare

3. T-Zone

Skincare 101: Makna Jerawat di Bagian Wajahmu, Ternyata Gak Semua Samahealthline.com

T-Zone; area hidung dan jidat adalah salah satu tempat paling umum yang biasa dihinggapi jerawat. Salah satu penyebab jerawat di area ini adalah pola makan yang buruk. Cobalah untuk konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung air agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

4. Bibir

Skincare 101: Makna Jerawat di Bagian Wajahmu, Ternyata Gak Semua Samarefinery29.com

Jerawat di bibir atau sudut bibir ini penyebabnya sama kayak jerawat di area T-Zone, yaitu pola makan. Biasanya sisa-sisa makanan yang asam akan tertinggal di area mulut terutama sudut bibir yang bisa menyebabkan iritasi. Kalau kamu sering mengalami hal ini, usahakan untuk selalu membersihkan area mulut setelah makan ya.

5. Hairline

Skincare 101: Makna Jerawat di Bagian Wajahmu, Ternyata Gak Semua Samanewbeauty.com

Jerawat di hairline bisa jadi penyebabnya adalah produk rambut yang kamu pakai. Kalau kamu tipe orang yang sembarangan pakai produk rambut, kemungkinan besar masih ada sisa-sisa produk yang masih menempel di kulit saat keramas.

Hasilnya jerawat tak bisa dihindarkan. Usahakan untuk selalu mencuci tangan degnan bersih setelah mengaplikasikan produk rambut atau kurang-kurangi bermain dengan rambut sendiri.

Tak semua jerawat terlahir sama. Ada yang karena memang sudah dari sananya harus muncul karena hormon, ada yang muncul karena kebiasaan makan yang sembarangan. Apa pun penyebabnya, kini kamu sudah tahu dan bisa mengubah kebiasaan yang membuat jerawat muncul di wajahmu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Acne Patch yang Bisa Menutupi Jerawatmu

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya