Comscore Tracker

Skincare 101: Cara Mengetahui Apa Kamu Alergi dengan Perhiasan

Pernah gatal-gatal setelah pakai kalung baru?

Merasa kalau perhiasan yang kamu pakai punya efek samping terhadap kulitmu? Ada kemungkinan kalau kamu menderita alergi dari bahan pembuatan aksesoris favoritmu yang sering kamu pakai.

Apa kamu mengalami gejala kulit ruam merah-merah di area yang pernah ada kontak dengan perhiasan? Kalau iya, mungkin kamu sensitif dengan logam tertentu. Tapi jangan panik, akan selalu ada jalan keluar untuk setiap permasalahan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kamu harus membaca artikel ini sampai habis.

1. Memangnya perhiasan bisa bikin kulit iritasi?

Skincare 101: Cara Mengetahui Apa Kamu Alergi dengan Perhiasanunsplash.com/@filmlav

Ternyata, perhiasanmu juga bisa bikin alergi dan mengiritasi kulit. Ketika perhiasan bikin ruam merah, kulitmu mungkin bakal bengkak dan sangat gatal. Sayangnya, gak semua orang kebal terhadap logam-logam seperti perhiasan. Tiap orang bisa saja kena alergi, tergantung logam apa yang menjadi bahan dari perhiasan tersebut.

Sejauh ini, nikel adalah logam yang bisa secara langsung memberi efek samping ketika digunakan dan menyentuh kulit. Biasanya perhiasan murah terbuat dari nikel dan dilapisi oleh logam lain, ketika lapisan itu menipis dan nikel terekspos dengan kulit, alergi terjadi.

2. Gimana bisa memastikan kalau penyebabnya beneran perhiasan? Kan bisa saja alergi yang lainnya

Skincare 101: Cara Mengetahui Apa Kamu Alergi dengan Perhiasanunsplash.com/@kylefrederick10

Jangan langsung menyalahkan perhiasan ya. Ada kemungkinan kalau bukan itu masalahnya. Tapi kalau alergi logam perhiasan biasanya gampang diketahui. Misalnya, kalau kamu gatal-gatal kemerahan di leher dekat kamu mengalungkan perhiasanmu, ya berarti perhiasanmu itulah biang keroknya. Sama kalau kamu gatal-gatal di area telinga setelah cobain anting baru. 

Baca Juga: 5 Tanda Kulit Wajah Terkena Alergi dan Iritasi Setelah Pakai Kosmetik

3. Ada jenis perhiasan tertentu gak sih yang lebih aman untuk kulit sensitif?

Skincare 101: Cara Mengetahui Apa Kamu Alergi dengan Perhiasanunsplash.com/@freestocks

Gara-gara alergi kamu jadi gak pengen pakai perhiasan lagi? Gak juga lho. Ada solusinya biar kamu tetap bisa pakai aksesoris tanpa kena efek samping alergi. Carilah perhiasan yang hipoalergenik dan gak punya potensi untuk mengiritasimu. Perhiasan hipoalergenik biasanya punya campuran logam seperti emas, stainless steel, dan titanium. Kamu juga bisa cari perhiasan emas, perak, atau platinum itu sendiri tanpa campuran apa-apa.

4. Gimana caranya untuk mengurangi reaksi alergi terhadap kulit?

Skincare 101: Cara Mengetahui Apa Kamu Alergi dengan Perhiasanunsplash.com/@alexamazzarello

Oke, perhiasan bisa jadi salah satu biang kerok, tapi itu bukan satu-satunya aksesoris yang bisa bikin alergi. Benda sepele kayak bantalan anting-anting, sabuk, dan resleting bisa memicu adanya gejala ruam-ruam gatal merah. Lantas kalau sudah terlanjur muncul reaksi alergi gara-gara nikel, harus ngapain?

  • Cek kembali apa yang kamu pakai. Seperti yang sudah disebutkan di atas, hal-hal sepele bisa bikin iritasi. Biasanya sih sabuk, pengait bra, dan kancing logam yang mengandung nikel. Jadi kalau kamu punya barang-barang itu sebaiknya kamu ganti dengan yang berbahan plastik saja.
  • Hati-hati dengan produk elektronik. Apa kamu alergi di salah satu sisi wajah di tempat biasanya kamu telepon? Kemungkinan ada kandungan nikel di HP, laptop, atau tabletmu. Coba deh pakai screen protector biar jadi penghalang gitu.
  • Ganti semua produk dan alat yang kamu pakai yang mengandung nikel dengan bahan-bahan yang hipoalergenik.

Catatan: Jangan buru-buru panik kalau kamu kena reaksi alergi dan ruam kemerahan. Ruam yang disebabkan oleh alergi nikel biasanya gak mengancam kesehatanmu. Tapi kalau alergimu semakin mengganggu atau bahkan jadi infeksi, itu tandanya kamu harus segera ke dokter kulit.

Baca Juga: 12 Reaksi Tubuh Ini Patut Diwaspadai, bagi Kamu yang Gak Punya Alergi!

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya