Comscore Tracker

Awas Salah, 9 Kebiasaan Mencuci Muka Ini Justru Bikin Jerawatan Lho

Cuci muka pun harus tetap hati-hati

Rutinitas mencuci muka sepertinya memang terlihat simpel. Cukup basahi muka, kemudian gosok sedikit menggunakan sabun khusus, lalu akhiri dengan membilas wajah hingga bersih menggunakan air.

Akan tetapi jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, mencuci muka menjadi kegiatan yang membutuhkan lebih banyak perhatian serta pertimbangan. Baik soal bagaimana cara membersihkan dengan benar, produk apa yang cocok, seberapa sering frekuensi mencuci wajah yang baik. Karena kalau tidak, salah-salah wajah kita justru bisa ditumbuhi jerawat.

Seperti beberapa kebiasaan di bawah ini, banyak orang tak tahu bahwa mencuci muka dengan 9 cara di bawah ini justru dapat memicu wajah menjadi berjerawat, lho! Apa saja ya?

1. Mencuci menggunakan air panas

Awas Salah, 9 Kebiasaan Mencuci Muka Ini Justru Bikin Jerawatan LhoIlustrasi air panas (waterheaterhub.com)

Sebagian orang percaya bahwa mencuci muka menggunakan air temperatur tinggi dapat membuka pori, sehingga kotoran di dalam kulit dapat keluar.

Namun, air panas ini tidak baik digunakan pada kulit, terutama pada area sensitif. Suhu air yang ekstrem dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah, menimbulkan gatal, kulit wajah menjadi kering, serta mengelupas.

Keadaan wajah yang terlalu kering sendiri juga tidak baik, pasalnya akan membuat kulit memproduksi terlalu banyak minyak untuk mengembalikan kelembapan. Produksi minyak berlebih tersebut, yang kemudian membuat wajah rentan ditumbuhi jerawat.

Sebagai gantinya, daripada menggunakan air panas, lebih baik kamu memilih air hangat-hangat kuku agar dapat mengangkat sel kulit mati dengan efektif.

2. Membersihkan makeup menggunakan pembersih wajah

Awas Salah, 9 Kebiasaan Mencuci Muka Ini Justru Bikin Jerawatan LhoIlustrasi minyak zaitun untuk membersihkan wajah (lifealth.com)

Kamu mungkin paham bahwa tidur tanpa menghapus riasan akan berakibat buruk terhadap kulit. Namun, hal lain yang juga perlu kamu perhatikan dalam membersihkan riasan wajah adalah, jangan merangkap penggunaan pembersih wajah sebagai pembersih riasan sekaligus!

Sebab kebanyakan make-up bersifat smudgeproof atau waterproof, maka menghapus riasan menggunakan pembersih saja tak akan cukup. Kamu harus menggunakan micellar water, atau make-up remover berbasis minyak agar pembersihan noda dapat lebih efektif.

3. Menggunakan pembersih yang tidak sesuai dengan tipe kulit

Awas Salah, 9 Kebiasaan Mencuci Muka Ini Justru Bikin Jerawatan LhoIlustrasi perempuan berjerawat (parenting.firstcry.com)

Tidak hanya soal membersihkan wajah, bahkan semua hal yang berhubungan dengan merawat wajah memang harus menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit. Menggunakan produk yang salah kemungkinan justru membuat wajahmu rusak dan berjerawat, karena kandungannya memang tidak diperuntukkan bagi permasalahan kulitmu.

Berikut ini beberapa tips memilih pembersih yang cocok bagi kulitmu :

  1. Jika tipe kulitmu adalah sensitif, maka pilihlah produk-produk pembersih atau perawatan yang lembut serta menghidrasi
  2. Jika tipe kulitmu adalah berminya dan rentan berjerawat, maka sebaiknya memilih produk yang mengandung bahan asam salisilat yang berfungsi mengurangi minyak berlebih
  3. Dan apabila kulitmu berjenis kering, maka pilih pembersih yang mengandung ekstra pelembap

4. Mencuci muka menggunakan sabun batang

Awas Salah, 9 Kebiasaan Mencuci Muka Ini Justru Bikin Jerawatan LhoIlustrasi sabun batang (verywellhealth.com)

Bagi kamu yang cukup beruntung memiliki kulit yang tidak sensitif, dan mudah cocok dengan berbagai jenis perawatan wajah, menggunakan sabun batang tetap saja berisiko memunculkan jerawat pada wajahmu, lho!

Pasalnya, kandungan dalam sabun batang (terutama sabun mandi) dinilai cukup keras untuk kulit wajah. Sabun ini dapat menghilangkan hidrator alami yang ada di wajah, serta membuat wajah menjadi meradang dan kemerahan.

Baca Juga: 5 Hal yang Sering Diremehkan Ini Ternyata Bisa Memicu Jerawat

5. Terlalu sering mencuci muka

Awas Salah, 9 Kebiasaan Mencuci Muka Ini Justru Bikin Jerawatan LhoIlustrasi mencuci muka (zwivel.com)

Mungkin sebagian dari kita masih berpikir bahwa semakin sering mencuci muka, maka kulit akan semakin bersih. Namun kenyataannya, frekuensi membasuh wajah yang terlalu banyak mengakibatkan produksi sebum menjadi berlebihan.

Nah idealnya, bagi kamu yang tidak sedang beraktivitas di luar ruangan, tidak terlalu banyak berkeringat, serta tidak menggunakan riasan, mencuci sebanyak dua kali, yakni pagi dan malam saja sudah cukup.

6. Terlalu lama dan terlalu sering melakukan exfoliating

Awas Salah, 9 Kebiasaan Mencuci Muka Ini Justru Bikin Jerawatan LhoIlustrasi perempuan melakukan eksfoliasi (e-medicalclinic.com)

Jika dilakukan dalam batas wajar, misalkan dua kali seminggu untuk eksfoliasi wajah, maka hal itu mungkin baik bagi kesehatan kulitmu. Namun lebih dari itu, terlampau sering menggunakan eksfoliator dapat menyebabkan kulit menjadi teriritasi, meradang, serta kering.

Tak hanya itu, dalam sekali eksfoliasi, lamanya kamu melakukan gosokan-gosokan pada wajah juga perlu diperhatikan, yakni tak boleh lebih dari 20-30 detik. Jika melewati durasi tersebut, kulit akan menjadi merah karena iritasi.

7. Mencuci wajah setelah menggunakan sheet-mask

Awas Salah, 9 Kebiasaan Mencuci Muka Ini Justru Bikin Jerawatan LhoIlustrasi perempuan menggunakan sheetmask (blog.uniqso.com)

Walaupun mencuci wajah setelah menggunakan masker mungkin tak akan berakibat memicu jerawat, namun sebaiknya kamu tak perlu mencuci (lagi) wajah setelah melepas masker.

Karena selain terlalu sering membilas wajah tidaklah baik, seperti yang sudah dikatakan di atas, membiarkan wajah yang baru saja menggunakan masker tanpa membasuhnya dapat membuat khasiat dari masker tersebut menjadi lebih terasa.

8. Tidak mengaplikasikan pelembap usai mencuci wajah

Awas Salah, 9 Kebiasaan Mencuci Muka Ini Justru Bikin Jerawatan LhoIlustrasi perempuan pakai pelembap wajah (lorealparisusa.com)

Waktu untuk menggunakan pelembap yang paling tepat adalah sesaat ketika kamu mencuci wajah. Karena jika terlambat beberapa menit saja, keadaan kulit yang sudah mengering membuat kandungan dalam pelembap sulit terserap ke dalam kulit. Alhasil, kulit akan menjadi terasa lengket dan juga berminyak.

9. Membersihkan wajah dengan buru-buru

Awas Salah, 9 Kebiasaan Mencuci Muka Ini Justru Bikin Jerawatan LhoIlustrasi perempuan membasuh wajah (youbeauty.com)

Walalupun terlalu lama membersihkan/menggosok wajah tidak baik, namun terlalu buru-buru juga sama tidak baiknya. Karena selain proses pembersihan menjadi kurang efektif dan tidak menyeluruh, mencuci muka dengan tidak sabaran juga dapat membuat wajah iritasi karena gesekan tangan kita.

Untuk itu, lakukannya tahap satu ini paling tidak dalam waktu 30 detik sambil memijat-mijat kulit sebelum dibasuh.

Nah, sekarang sudah tau kan, gimana cara mancuci wajak dengan tepat? Jangan sampai salah lagi ya..

Baca Juga: 5 Alasan Jerawat yang Nempel di Wajah Perlu Sesegera Mungkin Ditangani

Sinta Wijayanti Photo Verified Writer Sinta Wijayanti

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya