Cek! 11 Penyebab Kenapa Wajahmu Terus-terusan Breakout

Pubertas jangan selalu dikambing-hitamkan ya!

Akibat standar umum yang bilang kalau cantik itu harus punya kulit mulus, kamu yang memiliki masalah dengan wajah sensitif dan gampang breakout pasti sering merasa insecure ya? Bahkan untuk sekedar keluar rumah pun rasanya nggak pede.

Walaupun sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasinya, namun masalah-masalah seperti jerawat, komedo, hingga bruntusan rupanya nggak segampang itu dimusnahkan. Alhasil, kita jadi kesal sendiri dan angkat tangan cari jalan keluarnya.

Tapi guys, walaupun kamu mencoba perawatan dari A hingga Z, sudahkah kamu cek penyebab pasti wajahmu terus-menerus breakout? Tahap ini sangat krusial lho, untuk kamu ketahui! Perlunya, agar kamu dapat memilih penanganan yang tepat.

1. Tidak menangani stres dengan benar

Cek! 11 Penyebab Kenapa Wajahmu Terus-terusan Breakoutbrainfacts.org

Faktor pertama ini merupakan faktor dari dalam diri kamu sendiri. Kamu tentu sudah sering mendengar bukan, bahwa stres memang memicu jerawat. Sialnya lagi, jerawat justru terkadang menambah stresmu. Bener?

Ketika kamu sedang stres, kulit menghasilkan hormon stres, termasuk kortisol, yang dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi testosteron. Akibatnya, kulit semakin banyak menghasilkan minyak sehingga pori tersumbat.

Untuk mengatasi penyebab satu ini, cobalah berolah raga secara teratur, bermeditasi, hingga meluangkan waktu untuk me-time di tengah-tengah kesibukan bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Produk yang kamu gunakan mengandung bahan bersifat pore-clogging

Cek! 11 Penyebab Kenapa Wajahmu Terus-terusan Breakoutidarahampton.com

Sebelum menggunakan suatu produk, kenali terlebih dahulu apa saja komposisi yang digunakan di dalamnya, apakah bahan tersebut temasuk dapat menyumbat pori/comedogenic atau tidak.

Sebut saja di antaranya, mineral oil, paraben, alkohol, hingga parfum merupakan beberapa bahan yang kerap ditemui dalam produk skincare dan kosmetik, yang ternyata dapat menyumbat pori.

3. Kamu salah memilih produk deterjen

Cek! 11 Penyebab Kenapa Wajahmu Terus-terusan Breakoutgroovygreenliving.com

Walaupun kelihatannya sepele, namun pemilihan produk deterjen ini ternyata berpengaruh pada kulit wajah pula, lho. Menggunakan produk yang salah dapat memperparah breakout apalagi untuk mencuci seprai bantal, akibat reaksi kulit terhadap residu deterjen yang tertinggal.

Apabila kulitmu sedang sensitif, ada baiknya kamu mengganti produk pencuci pakaianmu dengan yang bebas pewangi, bebas pewarna, serta yang memang idrancang khusus bagi pemilik kulit sensitif.

4. Terlalu sering menggunakan topi

Cek! 11 Penyebab Kenapa Wajahmu Terus-terusan Breakoutwardrobelooks.com

Mungkin bagi sebagian orang khususnya yang wajahnya sedang berjerawat, menggunakan topi adalah pilihan bagus untuk terlindung dari sinar matahari selain penggunaan sunscreen.

Namun, terlalu lama atau sering menggunakan topi ternyata juga tidak baik. Keringat yang terperangkap di dalam topi dapat mendatangkan bakteri, dan menyumbat pori-pori kulit. Selain itu, hindari juga menggunakan topi yang terlalu ketat yang dapat menggesek permukaan kulit, karena hal tersebut juga menjadi penyebab timbulnya jerawat.

5. Kurang tidur

Cek! 11 Penyebab Kenapa Wajahmu Terus-terusan Breakoutexpress.co.uk

Pola tidur yang buruk, serta kurang tidur merupakan kebiasaan yang dapat membuat hormon menjadi tidak seimbang.

Selain itu, kurang tidur membuat kelembapan kulit berkurang. Hasilnya, ketika kamu bangun kulit akan bekerja ekstra memproduksi minyak hingga berlebih. Hal tersebut menyebabkan pori-pori kamu menjadi tersumbat, dan akhirnya tumbuh jerawat.

Baca Juga: Biar Gak Salah Pilih Skin Care, Ini lho Bedanya Purging vs Breakout

dm-player

6. Sering menyentuh wajah

Cek! 11 Penyebab Kenapa Wajahmu Terus-terusan Breakoutallure.com

Seringkali, tanpa sadar kita sering menyentuh wajah kita dengan tangan. Seperti contoh ketika berada di meja kerja, kamu pasti kerap menopang wajahmu menggunakan tangan sambil duduk.

Walaupun terlihat tidak fatal, nyatanya justru kebiasaan yang tidak disadari inilah yang mungkin menjadi penyebab wajahmu tidak henti-hentinya muncul jerawat atau bruntusan, akibat bakteri yang ditransfer oleh tangan yang berpindah ke wajah.

7. Hobi makan makanan pedas

Cek! 11 Penyebab Kenapa Wajahmu Terus-terusan Breakoutjuicygeniuses.com

Tomat dan cabai yang menjadi bahan utama yang digunakan dalam makanan pedas, ternyata mengandung asam lycopene yang dapat menyebabkan kulit iritasi bagi sebagian orang, mengurangi kadar pH kulit, serta memicu jerawat. Maka dari itu, memakan makanan pedas tentu boleh, namun jangan terlalu sering, guys..

8. Akibat produk perawatan rambut

Cek! 11 Penyebab Kenapa Wajahmu Terus-terusan Breakoutnewbeauty.com

Sulfat (cleansing agent), dan moisturizing agent yang terkandung dalam sampo atau kondisioner merupakan kandungan yang dapat meresap dan menyumbat pori-pori kulit.

Untuk mencegah potensi tumbuhnya jerawat, maka usahakan mencuci rambut dengan cara dimiringkan agar busa dari sampo tidak turun melewati wajah. Selain itu, pastikan juga kamu membilas rambut dengan bersih usai menggunakan produk, agar tidak meninggalkan sisa di helai rambut saat mengering.

9. Terlalu sering menggunakan produk perawatan pada titik berjerawat

Cek! 11 Penyebab Kenapa Wajahmu Terus-terusan Breakouthuffingtonpost.com.au

Untuk menyamarkan, menghilangkan, atau bahkan meredakan inflamasi, banyak orang memilih menggunakan produk yang memang digunakan dengan cara dipakai langsung pada jerawat, seperti salep, salicylic acid, atau benzoyl peroxide.

Namun, terlalu sering mengaplikasikan bahan di atas jerawat yang sedang meradang justru menyebabkan kulit menjadi super kering. Akibatnya, wajah menjadi lebih banyak memproduksi minyak, yang menyebabkan jerawat mudah sekali muncul.

10. Melakukan scrubbing terlalu kasar

Cek! 11 Penyebab Kenapa Wajahmu Terus-terusan Breakoutzwivel.com

Menggosok kulit terlalu kasar menggunakan produk perawatan, dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Juga, ketika kamu terlalu keras mengelap wajah berjerawat menggunakan tisu misalnya, hal tersebut justru dapat menyeret bakteri  sehingga tersebar ke seluruh kulit.

Maka dari itu, jika kamu ingin menggosok atau mengelap wajah, lakukan dengan perlahan dan lembut.

Atau jika ingin lebih efektif dalam membersihkan pori-pori, gunakan produk yang mengandung bahan antara lain asam alfa hidroksi, asam glikolat dan laktat.

11. Tidak dapat berhenti memencet jerawat

Cek! 11 Penyebab Kenapa Wajahmu Terus-terusan Breakoutacne.com

Memang siapa yang tidak gemas melihat jerawat yang sedang besar-besarnya, alhasil kita memilih untuk memencetnya dengan harapan agar segera kempes.

Namun, tidak hanya menyebabkan bopeng atau luka, memencet jerawat ternyata dapat mendorong bakteri masuk lebih ke dalam pori, menyebar di bawah permukaan kulit, sehingga memicu jerawat yang berkali lipat lebih banyak. Hmm.. mulai sekarang harus berusaha lebih keras mengendalikan keinginan memencet jerawat ya!

Jadi penyebab mana yang kira-kira membuat breakout mu nggak berhenti-berhenti? Mulai sekarang coba atasi dengan cara yang tepat ya..

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Breakout pada Kulit saat Pertama Mencoba Skincare

Sinta Wijayanti Photo Verified Writer Sinta Wijayanti

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya