Comscore Tracker

5 Kesalahan Penggunaan Micellar Water Ini Bisa Bikin Wajah Bermasalah 

Meski cenderung aman, tetap hati-hati ya, girls!

Micellar water merupakan salah satu komponen penting dalam dunia skincare. Produk makeup remover ini digunakan sebagai awal perawatan kulit wajah untuk membersihkan makeup dan kotoran agar wajah kembali bersih setelah seharian beraktivitas.

Banyak wanita yang menyukai produk micellar water karena kandungannya yang ringan serta fleksibel. Namun meski cenderung aman, kamu tetap harus hati-hati lho dalam penggunaannya. Karena jika tidak dilakukan dengan baik, malah bisa menyebabkan wajah kamu bermasalah. Duh, jangan sampai ya!

1. Tidak mencuci muka setelah pemakaian micellar water

5 Kesalahan Penggunaan Micellar Water Ini Bisa Bikin Wajah Bermasalah humasyed.com

Meskipun mampu menghapus makeup dan kotoran yang menempel di wajah, namun fungsi micellar water tidak bisa dijadikan sebagai pengganti facial wash. Tetap saja kamu harus mencuci wajah atau melakukan double cleansing untuk memastikan bahwa kotoran sudah terangkat sempurna agar tidak menyumbat pori-pori dan mempermudah produk skincare lain untuk menyerap kulit.

Tidak membilas micellar water juga memungkinan kandungan surfaktan pada produk terus menempel dan bisa menyebabkan iritasi bahkan wajah kemerahan bila dibiarkan terus menerus.

2. Menganggap semua micellar water aman untuk digunakan

5 Kesalahan Penggunaan Micellar Water Ini Bisa Bikin Wajah Bermasalah editorial.sg

Dari sekian banyak produk skincare, mungkin micellar water dianggap sebagai produk yang paling aman untuk kulit karena tidak mengandung alkohol, pewangi, ataupun bahan-bahan kimia kuat yang bisa memicu iritasi.

Namun kamu tetap saja harus mengecek keamanan produk ini dengan membaca label atau ingredients yang tertera.

Bila kamu belum cukup paham pada bahan-bahannya, kamu juga bisa mencarinya melalui internet. Jangan sampai karena produk ini fleksibel, kamu jadi mudah percaya dan tidak melakukan langkah pencegahan.

Baca Juga: Serbaguna, 5 Fakta Dari Micellar Water Ini Perlu Kamu Ketahui

3. Hanya dipakai saat menggunakan makeup saja

5 Kesalahan Penggunaan Micellar Water Ini Bisa Bikin Wajah Bermasalah glamour.com

Sebenarnya micellar water tidak hanya bisa digunakan sebagai makeup remover saja, melainkan juga untuk menghapus debu-debu dan kotoran yang mungkin menempel di kulit wajah kamu saat beraktivitas diluar maupun didalam ruangan.

Jadi ketika kamu memilih untuk tidak ber-makeup sama sekali, bukan berarti kamu juga harus men-skip penggunaan micellar water menjelang tidur. Karena debu dan kotoran yang kemungkinan tidak terhapus bisa memicu timbulnya jerawat hingga berbagai masalah lainnya. Hih! Nggak mau kan?

4. Memilih tipe yang salah

5 Kesalahan Penggunaan Micellar Water Ini Bisa Bikin Wajah Bermasalah lorealparisusa.com

Biasanya produk micellar water mempunyai kategori yang di khususkan untuk berbagai jenis kulit. Berminyak, kering, maupun sensitif. Oleh karena itu, sebaiknya kamu pun memilih produk yang memang cocok dengan kondisi kulit saat ini. Karena jika produk telah diberikan label untuk kulit tertentu, pasti kandungannya pun akan berbeda pada tiap-tiap jenisnya yang mungkin saja tidak akan cocok bila kamu tidak cermat dalam memilih.

5. Terus menggunakan produk ketika kulit sudah merasa tidak nyaman

5 Kesalahan Penggunaan Micellar Water Ini Bisa Bikin Wajah Bermasalah lorealparisusa.com

Jika setelah menggunakan micellar water kamu merasakan sensasi tidak nyaman pada kulit wajah, sebaiknya segera hentikan pemakaian. Kemudian kamu bisa mengganti produk micellar water yang tengah dipakai dengan merk lain yang mungkin menurutmu dirasa lebih cocok. Jadi kembali ke poin 2 bahwa sebelum membeli, kamu memang harus jeli terhadap ingredients dan kategorinya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, sekarang kamu sudah tau kan bagaimana cara yang tepat saat menggunakan micellar water? Jangan sampai salah lagi ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Skin Care Garam Himalaya yang Bersifat Anti Inflamasi!

Siti Andini Photo Verified Writer Siti Andini

Nothing Impossible!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You