Comscore Tracker

Ladies, 5 Tindakan Medis Bantu Kamu Atasi Jerawat dan Bekas-bekasnya

Pastikan semua tindakannya di bawah pengawasan dokter spesialis kulit ya

Ladies, punya kulit sehat adalah impian setiap orang. Bagi sebagian orang, impian tinggal impian. Punya jerawat yang tumbuh di wajah bikin jengah minta ampun. Kondisi yang perlu diwaspadai adalah ketika bintik-bintik jerawat mulai tumbuh memenuhi wajah. Bintik-bintik jerawat, dalam istilah medis, dikenal dengan papula, pustula, komedo hitam, komedo putih, nodul, dan kista.

Awalnya cuma muncul komedo hitam dan putih disertai papula dan nustula. Lambat laut, jumlah bintik jerawat tersebut bertambah disertai inflamasi atau peradangan.

Tapi, jangan berkecil hati. Teknologi kedokteran di bidang kecantikan sudah jauh berkembang untuk memenuhi kebutuhan publiknya.

Kalau jerawat sudah meluas dan tidak kunjung sembuh, maka waktunya kamu memerlukan tindakan medis dari dokter spesialis kulit. Inilah lima tindakan yang biasa dokter kulit terapkan kepada pasiennya untuk mengobati jerawat dan bekas-bekasnya.

1. Injeksi steroid

Ladies, 5 Tindakan Medis Bantu Kamu Atasi Jerawat dan Bekas-bekasnyahuffingtonpost.com

Buat kalian yang gak takut jarum suntik, terapi dengan injeksi steroid bisa dicoba. Terapi suntikan anti inflamasi ini dilakukan dengan cara menyuntikkan cairan steroid ke jerawat-jerawat aktif.

Pada sekitar kulit yang diinjeksi cairan steroid, efek sampingnya dapat terjadi kemerahan, dan menipis.

2. Terapi laser untuk jerawat

Ladies, 5 Tindakan Medis Bantu Kamu Atasi Jerawat dan Bekas-bekasnyamadeline.id

Terapi laser untuk jerawat cocok buat kamu yang tak ingin kulitmu dikenai jarum suntik. Terapi fotodinamik -istilah lain laser- mengubah energi cahaya menjadi panas sehingga mampu mematikan bakteri penyebab jerawat P. acne.

Cara kerjanya, laser ditembakkan mengenai jerawat yang meradang dengan tingkat keparahan ringan maupun sedang. Tapi, jangan berharap jerawatmu langsung kempes pada hari itu juga. Butuh waktu hingga tiga hari tergantung tingkat keparahan serta kecanggihan teknologi laser yang digunakan.

3. Laser rejuvenation

Ladies, 5 Tindakan Medis Bantu Kamu Atasi Jerawat dan Bekas-bekasnyaenvoguedayspa.com

Saat jerawat aktifmu perlahan mulai kempes, maka tindakan medis selanjutnya yang perlu dilakukan adalah laser rejuvenation.

Apa laser rejuvenation itu? Pemanfaatan teknologi laser untuk mencegah timbulnya jerawat baru, menghilangkan jerawat meradang, mengatasi bopeng akibat jerawat, mencerahkan kulit wajah, dan yang paling penting meregenerasi kulitmu.

Komplit kan? Tapi, umumnya, kamu akan merogoh kocek yang sedikit dalam. Harganya bergantung pada reputasi klinik kecantikan yang kamu tuju serta teknologi laser yang digunakan.

4. Mikrodermabrasi

Ladies, 5 Tindakan Medis Bantu Kamu Atasi Jerawat dan Bekas-bekasnyafacingacne.com

Mikrodermabrasi juga dikenal dengan sebutan micropeeling. Tindakan mikrodermabrasi adalah proses eksfoliasi dengan menggunakan kristal-kristal halus. Tujuannya,selain mengangkat sel-sel kulit mati, juga dapat merangsang produksi kolagen.

Hanya saja, tindakan ini tidak dianjurkan saat di wajahmu masih ada jerawat meradang atau mengalami iritasi. Tunggu sampai radang jerawatmu sembuh, barulah dokter bisa melakukan tindakan mikrodermabrasi pada kulit wajahmu.

5. Chemical peeling

Ladies, 5 Tindakan Medis Bantu Kamu Atasi Jerawat dan Bekas-bekasnyaen.vogue.me

Ada tiga jenis chemical peeling, yakni lunchtime peeling, medium peeling, dan deep peeling. Bila tujuannya adalah untuk mengelupas sel-sel kulit mati serta bekas jerawat, maka dokter akan mengaplikasikan deep peeling pada wajahmu.

Namun, ada beberapa pantangan bila kamu ingin menerapkan chemical peeling. Hindari sinar matahari berlebih,serta selalu gunakan tabir surya maupun pelembab secara teratur.

Itulah lima tindakan yang bisa mengatasi jerawat meradang serta bekas jerawat pada wajahmu. Pastikan kamu bertanya seperlunya saat konsultasi dengan dokter kulit. Selain itu, jangan stress dan nikmati proses perbaikan pada kulitmu.

Defrina Sukma Photo Verified Writer Defrina Sukma

masih malu-malu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya