Comscore Tracker

5 Tips Mencuci Bra agar Tidak Berubah Bentuk, Awet Hingga Satu Tahun!

Biar gak gonta-ganti bra, nih!

Sebuah pakaian bagus atau tidaknya sangat ditentukan dari bentuk bra. Mengingat bra memiliki banyak model, jadi sebagai perempuan harus pandai-pandai memilih yang sesuai dengan pakaian yang akan kita kenanan, ya.

Bra tidak perlu langsung dicuci setelah satu kali pemakaian. Untuk mencuci bra, maksimal setelah empat kali pemakaian. Kecuali, bila kamu terlalu berkeringat, maka bra harus segera dicuci. Bila tidak, bakteri yang menempel bisa menimbulkan penyakit kulit pada tubuhmu, loh. Mencuci bra juga tidak bisa sembarangan, karena busa dalam bra bisa saja berubah bentuk dan mempengaruhi tampilanmu.

Berikut ini tips untuk mencuci bra agar tetap dalam kondisi yang baik. Yuk intip tipsnya!

1. Menggunakan detergen cair 

5 Tips Mencuci Bra agar Tidak Berubah Bentuk, Awet Hingga Satu Tahun!ilustrasi detergent cair (allure.com)

Mencuci menggunakan mesin ataupun manual tentunya membutuhkan bantuan sabun cuci supaya bra dan pakaian jadi bersih. Untuk mencuci bra kalian tidak bisa asal memilih detergent, karena dapat mempengaruhi kualitas kain dan spons pada bra tersebut.

Nah, disarankan untuk menggunakan detergent cair yang sudah mengandung pelembut pakaian. Dengan begini, kain pada bra akan awet dan bisa digunakan selama berbulan-bulan, loh.

2. Rendam dalam air sabun 

5 Tips Mencuci Bra agar Tidak Berubah Bentuk, Awet Hingga Satu Tahun!ilustrasi merendam pakaian (thespruce.com)

Bra termasuk jenis pakaian yang gampang-gampang susah saat mencuci. Banyak aturan yang tidak boleh dilanggar didalamnya. Salah satunya yaitu dilarang keras untuk menyikat seluruh bagian bra. Bahkan dengan sikat yang memiliki bulu halus pun tidak disarankan.

Untuk menghempas kotoran pada bra, lebih baiknya rendam bra dalam air sabun selama 10 menit, menggunakan air dingin, ya. Air dingin membantu bra tetap pada bentuknya. Banyaknya detergent yang digunakan pun diusahakan untuk tidak terlalu banyak. Banyak busa bukan berarti makin bersih, loh.

Baca Juga: Mengenal Seamless Bra, Tren Pakaian Dalam Kekinian Tanpa Menyiksa

3. Masukkan dalam tas laundry atau delicate bag 

5 Tips Mencuci Bra agar Tidak Berubah Bentuk, Awet Hingga Satu Tahun!penggunaan delicate bag (walmart.com)

Bila kamu mencuci bra menggunakan mesin cuci, sebaiknya masukkan dulu bra ke dalam tas laundry atau delicate bag yang memiliki jaring-jaring. Hal ini dimaksudkan supaya bentuk cup pada bra tidak berubah dan talinya tidak menyangkut di mesin cuci. Saat kalian mencuci bra dengan mesin cuci, hindari mencucinya bersamaan dengan banyak pakaian.

Meskipun dengan adanya mesin cuci sangat membantu pekerjaan rumah, untuk pencucian bra tidak disarankan untuk menggunakannya terus-menerus. Bra yang dicuci menggunakan mesin cuci dapat lebih cepat rusak. Jadi, sebaiknya lebih sering mencuci bra secara manual, ya!

4. Hindari untuk memeras bra 

5 Tips Mencuci Bra agar Tidak Berubah Bentuk, Awet Hingga Satu Tahun!ilustrasi memeras pakaian (homestratosphere.com)

Hal yang sering kali tanpa sengaja dilakukan adalah memeras spons bra. Dimaksudkan supaya lekas kering, namun hal ini justru membuat spons atau cup bra berubah bentuk, loh.

Hal lain yang harus dihindari juga adalah menyikat bra. Biasanya kotoran akan menempel pada bagian bawah bra dan pengait belakang. Untuk menghilangkan noda atau kotoran pada bagian ini, kalian bisa mengaplikasikan penghilang noda membandel dan mendiamkannya sebentar.

Bila disikat terus menerus akan dapat mengendurkan tali atau strap bra, dan juga bra tidak lagi pas dengan lingkar dada.

5. Keringkan dengan cara menggantung 

5 Tips Mencuci Bra agar Tidak Berubah Bentuk, Awet Hingga Satu Tahun!ilustrasi menggantung bra (nytimes.com)

Mengeringkan bra paling baik adalah hanya dengan diangin-anginkan saja. Walaupun kalian mencuci menggunakan mesin cuci, tapi sangat tidak disarankan untuk menggunakan mesin pengeringnya, ya karena bra bisa menyusut, loh.

Posisi saat menggantung pun tidak asal, usahakan bra digantung pada bagian tengahnya, sehingga cup kanan dan kiri dibiarkan jatuh. Hindari juga untuk menggunakan hanger, karena straps bisa kendur.

Nah, sekarang sudah paham dong bagaimana cara mencuci bra yang benar supaya awet untuk berbulan-bulan. Mulai terapkan cara mencuci bra ini dari sekarang, ya!

Baca Juga: Hati-hati, Ini 5 Masalah yang Muncul Akibat Salah Pilih Ukuran Bra

Dian Ayu Erlianti Photo Verified Writer Dian Ayu Erlianti

content-writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya