Comscore Tracker

Musim Nikah, Begini 5 Cara Memilih Cincin Pernikahan Impian Kamu 

Cara mudah dapatkan cincin nikah dengan tepat

Cincin menjadi salah satu elemen terpenting dalam pernikahan. Gak hanya sekadar simbol, cincin juga bisa jadi memiliki makna mendalam bagi setiap calon mempelai pengantin. Maklum, benda ikatan suci ini akan digunakan seumur hidup.

Biar gak salah pilih, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum membeli cincin pernikahan. Begini cara memilih cincin pernikahan impian kamu.

1. Tentukan budget untuk membeli cincin dan sesuaikan dengan kemampuanmu dan pasangan

Musim Nikah, Begini 5 Cara Memilih Cincin Pernikahan Impian Kamu Pexels.com/Terje Sollie

Deretan cincin pernikahan dari berbagai brand, memang memiliki keindahan serta kilauan yang sanggup memenuhi impian setiap calon mempelai pengantin. Tapi, tunggu dulu!

Sebelum kamu terlalu banyak pilihan, pastikan dulu berapa budget yang kamu anggarkan untuk membeli sepasang cincin pernikahan! Dengan begitu, kamu bisa lebih leluasa dalam menentukan cincin pernikahanmu.

2. Memilih desain cincin. Pahami terlebih dahulu jenis cincin pernikahan

Musim Nikah, Begini 5 Cara Memilih Cincin Pernikahan Impian Kamu Gebyar Pernikahan Indonesia 2020 di Jakarta. 28 Januari 2020. IDN Times/Syarifah Noer Aulia

Salah satu desain cincin pernikahan yang paling populer adalah solitaire. Desain yang satu ini, memiliki bentuk cincin timeless. Cincin polos dengan sentuhan batu permata di tengahnya, membuat tampilan cincin terlihat dinamis.

Bahkan, cincin ini memiliki makna mendalam yakni sebuah harapan hidup bahagia tanpa hambatan saat mengarungi bahtera rumah tangga kelak.

3. Gak hanya bagus, kamu juga harus tahu bahan yang digunakan

Musim Nikah, Begini 5 Cara Memilih Cincin Pernikahan Impian Kamu Gebyar Pernikahan Indonesia 2020 di Jakarta. 28 Januari 2020. IDN Times/Syarifah Noer Aulia

Kamu bisa memilih cincin dengan desain sederhana sampai mewah berhias batu permata. Biasanya, terdapat 3 jenis bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan cincin.

  • Palladium merupakan salah satu logam mulia yang dikenal kuat dan tahan lama. Kekokohan logam ini membuat cincin tidak mudah rusak, meski sering digunakan setiap hari. Bila dilihat dari segi harga, Palladium termasuk logam yang cukup ekonomis bila dibandingkan emas kuning.
  • Emas menjadi perhiasan yang paling populer dan elegan. Tingginya harga emas, membuat sebagian calon pengantin lebih memilih emas putih karena dinilai lebih efisien.
  • Platinum merupakan logam yang memiliki warna transisi putih dan abu-abu. Banyak yang bilang kalau platinum memiliki kualitas yang jauh lebih tinggi dari emas untuk dijadikan cincin pernikahan. Platinum juga minim reaksi alergi pada kulit pemakai karena pada umumnya platinum mengandung logam mulia yang hypoallergenic.

Namun pada dasarnya, masing-masing logam memiliki kelebihan dan kekurangan.

Baca Juga: Inilah 7 Panduan Memilih Cincin Pertunangan & Pernikahan

4. Pastikan kamu memilih waktu yang tepat saat membeli cincin

Musim Nikah, Begini 5 Cara Memilih Cincin Pernikahan Impian Kamu Pexels.com/Glauber Torquato

Ternyata, menentukan waktu membeli cincin saat sore hari, bukan sekadar isapan jempol lho! Sama halnya dengan bentuk kaki, jari tangan juga mengalami perubahan lebih besar.

Hal ini disebabkan karena tubuh berada pada suhu normal. Dengan begitu, cincin pernikahan yang kamu pilih bisa nyaman saat digunakan.

5. Kamu juga bisa menyelipkan histori hubungan kalian pada cincin pernikahan

Musim Nikah, Begini 5 Cara Memilih Cincin Pernikahan Impian Kamu Pexels.com/Irina Iriser

Gak melulu ornamen mewah seperti permata, berlian, atau lainnya, kamu juga bisa menyisipkan inisial nama atau desain yang menggambarkan indahnya hubunganmu dan pasangan. Kamu juga bisa menyisipkan tanggal pernikahan atau tanggal jadian.

Bahkan, beberapa di antaranya rela menaruh tetesan darah sebagai ornamen pada cincin. Pokoknya, pastikan cincin pernikahanmu selalu menjadi simbol yang mengingatkanmu dan pasangan untuk selalu bersama-sama.

Baca Juga: 10 Inspirasi Cincin Nikah Rp2 Jutaan

Topic:

  • Syarifah Noer Aulia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya