Comscore Tracker

Kombinasi Scar Treatment, Perbaiki Kerusakan Kulit Akibat Jerawat

Kombinasi treatment Secret Rf dan Fraxis Fractional Co2

Jerawat seakan menjadi musuh terbesar setiap orang dalam permasalahan kulit wajah. Bukan suatu hal yang mudah untuk menaklukkan tumbuhnya jerawat. Ada berbagai macam penyebab jerawat bisa muncul, mulai dari pola makan dan gaya hidup. Tampilan jerawat yang kemerahan disertai cairan biasanya akan pecah dan meninggalkan bekas seperti kehitaman, lubang, keloid, sampai peradangan alias kemerahan. Nah, kombinasi inilah yang kerap disebut scar.

1. Memahami apa itu scar

Kombinasi Scar Treatment, Perbaiki Kerusakan Kulit Akibat Jerawatfoto istimewa

Scar juga bisa dibilang sebagai jaringan parut. Jaringan yang terbentuk setelah proses penyembuhan suatu peradangan di kulit. Jerawat menjadi salah satu faktor yang sering dikaitkan akan pembentukan scar. Biasanya pembentukan scar terjadi akibat jerawat-jerawat aktif dalam proses yang lama sehingga hasil penyembuhannya tidak seperti yang diharapkan. Hampir 80 persen scar berupa tekstur bopeng pada permukaan kulit. Hal ini disebabkan adanya penurunan jumlah kolagen pada permukaan kulit.

2. Melakukan scar treatment sejak usia dini mampu mencegah kerusakan jaringan kulit berlebih

Kombinasi Scar Treatment, Perbaiki Kerusakan Kulit Akibat Jerawatfoto istimewa

Pada dasarnya, scar memiliki kandungan kolagen yang normal, namun ketika mengalami peradangan maka terjadi penurunan kolagen di permukaan kulit akibat jaringan scar tersebut. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pengobatan untuk mencegah scar komplikasi dalam jangka panjang. Biasanya, scar treatment baru bisa dijalankan ketika jerawat sedikit menurun intensitasnya. Bila masih ada cairan atau nanah, hanya dilakukan pengobatan untuk meminimalisir tumbuhnya scar baru.

Namun, scar ini bisa diatasi dengan jenis treatment yang tepat. Yuk, cari tahu soal scar treatment yang tepat untuk memperbaiki tekstur wajah yang rusak akibat jerawat ini.

3. Kombinasi scar treatment untuk meredam peradangan yang lebih kompleks

Kombinasi Scar Treatment, Perbaiki Kerusakan Kulit Akibat JerawatIDN Times/Syarifah Noer Aulia

"Proses treatment scar biasanya dilakukan kombinasi karena tidak bisa mengambil single treatment saja. Hal pertama yang dilakukan adalah menangani kemerahan, karena peradangan ini memicu tumbuhnya scar baru dan lebih dalam. Di antaranya, Chemical Peeling, Dermabrasi, Laser CO2 atau vaskular, Micro Needling, Subsisi. Cara treatment biasanya ditentukan sesuai dengan kondisi atau scar kulit pasien. Hasil scar teatment baru akan terlihat setelah melakukan perawatan intens selama satu tahun," kata dr. Sammy Yahya, Sp.KK dari SKINDA Medical Skin Care & Dermatology Center, Kebayoran, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Supaya Jerawat tidak Membekas, Lakukan 7 Tips Ini

4. Tahapan proses pengerjaan scar treatment

Kombinasi Scar Treatment, Perbaiki Kerusakan Kulit Akibat JerawatIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Sebelum memulai scar treatment, wajah pasien akan dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian diberikan anestesi agar tidak merasa sakit selama menjalani perawatan, diamkan selama 1 jam. Setelah itu, bekas anestesi dibersihkan dengan alkohol. Tahapan pertama, pasien akan menjalani perawatan menggunakan Secret RF atau alat Micro Needling Radio Frekuensi selama 1 putaran di seluruh wajah. Setelah itu, wajah akan kembali dibersihkan menggunakan kapas antiseptik, dilanjutkan dengan pengerjaan lasser CO2 fractional.

Perawatan usai scar treatment, wajah akan dikompres dan dioleskan krim anti iritasi dan diberikan sinar untuk meredakan iritasi setelah melakukan treatment. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 1,5-2 jam.

5. Perawatan asal Korea Selatan yang dibanderol dengan harga affordable

Kombinasi Scar Treatment, Perbaiki Kerusakan Kulit Akibat Jerawatfoto istimewa

Perawatan asal negeri gingseng ini memang sudah dikenal sejak lama sebagai alternatif mengatasi kerusakan permukaan kulit yang diakibatkan scar. Untuk bisa menjalani rangkaian scar treatment, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp2,5-3 juta, sudah termasuk perawatan setelah scar treatment

Gimana, kamu tertarik untuk menjalani scar treatment? Kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk mengetahui seperti apa kondisi kulit wajahmu. 

Baca Juga: 11 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Banyak Jerawat di Wajahmu

Topic:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya