Comscore Tracker

Pentingnya Penggunaan Sunscreen dalam Aktivitas Sehari-hari

Sunscreen mampu mengatasi flek hitam dan kerutan

Pakar kesehatan dr. Nana Novia, Sp.KK mengatakan Index sinar Ultra Violet (UV) di negara tropis seperti Indonesia sangat tinggi. Selain penuaan dini dan sunburn, sinar UV dapat menyebabkan skin cancer juga. Selain itu, menurut Nana, sinar UV dapat menimbulkan pigmentasi dan kerutan yang parah.

Menurut penelitian, sinar UV bahkan dapat menembus objek padat seperti kaca. Oleh karena itu, orang yang tinggal di negara tropis tidak boleh terlewat dalam menggunakan sunscreen alias tabir surya setiap harinya.

1. Penggunaan sunscreen di Indonesia masih rendah

Pentingnya Penggunaan Sunscreen dalam Aktivitas Sehari-hariIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Sebagai orang yang tinggal di Indonesia dengan iklim tropis, ternyata kepedulian kita akan kesehatan dan keindahan kulit masih terbilang minim, lho. Hal ini bisa terlihat dari masih sedikit orang yang sadar dalam menggunakan sunscreen di keseharian. Sebagai rangkaian perawatan kulit, Nivea meluncurkan Nivea Sun Fave Serum SPF 50+ PA+++  yang bisa menjaga kelembapan kulit sehari-hari. 

Pada umumnya, orang menganggap bahwa penggunaan sunscreen hanya sekadar saat liburan di outdoor saja. Padahal, dalam berkegiatan sehari-hari juga sangat penting. Kamu bsia memilih sunscreen Nivea sesuai dengan jenis kulitmu, misalnya berminyak atau normal. 

"Teksturnya yang lembut dan mudah di-blend membuat sunscreen ini sangat disarankan untuk digunakan. Kandungan SPF 50+++  mampu memberikan perlindungan maksimal dari dalam dan luar kulit," kata dr. Nana Novia, Sp.KK. 

2. Penggunaan sunscreen juga dapat mencegah paparan sinar gadget

Pentingnya Penggunaan Sunscreen dalam Aktivitas Sehari-haripexels.com/

Saat ini banyak yang mengatakan sinar lampu, sinar dari layar komputer, dan telepon genggam, dapat mempengaruhi kesehatan kulit wajah sama halnya dengan paparan sinar matahari. Paparan sinar yang dipengaruhi dari layar gadget juga memicu terjadinya kerusakan dini seperti kerutan atau skin aging. Meskipun masih berada di usia muda, tidak ada salahnya lho, mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang akan terjadi. 

Baca Juga: Di Dalam Ruangan Gak Pelu Pakai? Ini 5 Mitos Tentang Sunscreen 

3. Tidak hanya wanita, pria juga wajib gunakan sunscreen

Pentingnya Penggunaan Sunscreen dalam Aktivitas Sehari-hariIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Pada dasarnya, aktivitas yang dilakukan laki-laki jauh lebih intens, maka tak bisa dihindari bahwa paparan sinar matahari juga mengancam kesehatan kulit laki-laki. Oleh sebab itu, perawatan kulit laki-laki juga harus sebanding dengan perawatan yang dilakukan perempuan. Ada baiknya bila penggunaan sunscreen dilakukan 3-5 jam sekali untuk memberikan perlindungan yang maksimal pada kulit. Misalnya, oleskan sunscreen sebanyak 5 gram pada ruas jari kemudian aplikasikan langsung pada wajah. 

4. Sunscreen ampuh menjadi base makeup yang memperindah tampilan makeup

Pentingnya Penggunaan Sunscreen dalam Aktivitas Sehari-hariIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Beauty enthusiast, Jovi Adhiguna memaparkan tentang pentingnya menjaga kesehatan kulit sejak usia muda. "Aku selalu berusaha menjaga keindahan kulitku. Menggunakan sunscreen sebelum mengaplikasikan makeup menjadi rahasiaku memperindah tampilan makeup dan juga tetap memberikan perlindungan pada kulit. Bayangkan wajah kita itu seperti kanvas yang akan diberikan gambar yang indah. Untuk menampilkan hasil warna dan gambar yang indah tentu kita harus melapisi kanvas tersebut dengan bahan-bahan yang bagus. Seperti itulah wajah kita yang harus diberi perlindungan maksimal dari paparan sinar UV," tambah Jovi Adhiguna saat ditemui di acara Jakarta X Beauty 2019 di Senayan City, Jakarta, Sabtu (27/7). 

5. Merawat kesehatan dan keindahan kulit menjadi bagian usaha kita untuk bahagia di masa mendatang

Pentingnya Penggunaan Sunscreen dalam Aktivitas Sehari-hariPexels.com/MIn An

Marketing Manager Nivea Skin Care Diana Riaya mengatakan perawatan kulit lebih dari sekedar rutinitas yang dijalankan untuk menjaga kesehatan kulit semata, melainkan juga merupakan kesempatan untuk berkomunikasi dan memperkuat bonding dengan diri sendiri. Hampir setiap hari kita dihadapkan oleh begitu banyak permasalahan yang bisa mengancam kesehatan dan keindahan kulit kita, oleh sebab itu mulai sekarang gunakanlah sunscreen SPF 50 ++ agar terlindungi dan bisa mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan dalam hidup.

Ngaku deh, kalau kulit mengalami masalah sedikit saja, kamu pasti sudah uring-uringan, kan. Makanya, yuk mulai sekarang sadari betapa pentingnya menjaga keindahan kulit sejak dini. 

 

Baca Juga: Ini Alasan Kamu Harus Pakai Sunscreen SPF Tinggi Mulai Sekarang

Topic:

  • Syarifah Noer Aulia
  • Elfida

Berita Terkini Lainnya