Comscore Tracker

Agar PMS Tak Lagi Menyiksa, Praktikan 10 Pose Yoga Ini Sekarang!

Selamat tinggal PMS!

Setiap bulan ketika sudah mendekati tamu bulanan datang, gak sedikit para cewek harus merasakan sakitnya (Premenstrual syndrome) PMS. Tanda-tanda PMS bisa berbeda pada setiap cewek. Namun satu hal yang mereka rasakan sama yaitu: ketidaknyamanan.

Namun tenang, ada kok cara mudah untuk mengurangi nyeri akibat PMS. Salah satunya adalah dengan yoga dan meditasi. Yoga adalah cara relaksasi yang bisa menetralkan pikiran dan peregangan untuk bisa bekerja lebih tenang. Jadi lakukan yoga berikut ini beberapa menit setiap hari selama kamu PMS dan menstruasi, maka pikiran dan tubuhmu bisa tetap sehat dan tenang kembali.

1. Child’s Pose (Balasana)

Agar PMS Tak Lagi Menyiksa, Praktikan 10 Pose Yoga Ini Sekarang!Sumber gambar: offyourmat.com

Letakkan lutut di bawah pinggul, dan perlahan turunkan kepala ke lantai sementara kamu dengan rileks mengambil nafas. Biarkan dahimu menyentuh matras yoga. Hitung hingga 20 kali tarikan nafas dan kemudian kembali ke posisi semula. Ulangi pose ini lima kali. Child's pose mengurangi nyeri di sekitar paha, meringankan nyeri di daerah punggung, pundak, leher dan pinggul.

2. Half Lord of the Fishes Pose (Ardha Matsyendrasana)

Agar PMS Tak Lagi Menyiksa, Praktikan 10 Pose Yoga Ini Sekarang!Sumber gambar: artofliving.org

Duduk dengan punggung tegak lurus, silangkan kaki kananmu ke atas kaki kiri seperti pada gambar. Tahan posisi seperti ini selama 20 kali tarikan nafas. Kemudian lakukan posisi sebaliknya dengan jumlah tarikan nafas yang sama. Half lord of the fishes pose akan membantumu melemaskan otot punggung, dan merilekskan organ dalam perutmu.

3. Cat Pose (Bidalasana)

Agar PMS Tak Lagi Menyiksa, Praktikan 10 Pose Yoga Ini Sekarang!Sumber gambar: paulette-magazine.com

Buat posisi seperti pada gambar, dengan pundak dan pinggul sejajar. Tahan posisi seperti pada gambar pertama selama 10 detik, kemudian angkat kepalamu dan turunkan pinggul ke bawah. Tahan posisi seperti ini juga selama 10 detik. Ulangi pose seperti ini lima hingga enam kali. Cat pose membantumu merileksasi tulang belakang, otot punggung dan otot perutmu. 

4. Modified Cobra Pose (Bhujangasana)

Agar PMS Tak Lagi Menyiksa, Praktikan 10 Pose Yoga Ini Sekarang!Sumber gambar: love.yogapaws.com

Tahan posisi seperti pada gambar selama 20 detik, kemudian istirahat. Ulangi dua hingga tiga kali, sehingga tulang punggung dan otot perutmu merasa rileks. Posisi ini juga membantumu untuk tidak merasa stres dan cemas berlebihan.

5. Crocodile Pose (Makarasana)

Agar PMS Tak Lagi Menyiksa, Praktikan 10 Pose Yoga Ini Sekarang!Sumber gambar: yoga365fitness.wordpress.com

Berbaring dengan wajah menghadap ke lantai dan tangan ditekuk ke dalam. Rilekskan kaki dan buka perlahan-lahan, ujung kaki sebisa mungkin ditempelkan pada lantai. Kemudian kencangkan otot pantat dan tekan perlahan-lahan ke lantai. Tahan posisi ini selama 20 detik dan kemudian rileks. Ulangi sebanyak lima-enam kali. Crocodile pose akan membantumu untuk merilekskan anggota tubuh seperti punggung kaki, lengan, dan pantat. Pose ini juga akan mencegahmu untuk mengalami konstipasi.

6. Standing Forward Bend (Padahastasana)

Agar PMS Tak Lagi Menyiksa, Praktikan 10 Pose Yoga Ini Sekarang!Sumber gambar: yogasciencekoeln.com

Lakukan pose seperti pada gambar selama 10 detik dan kemudian kembali ke posisi berdiri sambil mengambil nafas perlahan. Ulangi selama empat-lima menit. Posisi ini akan membantumu untuk merilekskan seluruh tubuh mulai dari kepala hingga ujung kaki.

7. Fish Pose (Matsyasana)

Agar PMS Tak Lagi Menyiksa, Praktikan 10 Pose Yoga Ini Sekarang!Sumber gambar: omtripura.com

Berbaring dan letakkan kedua tangan di bawah punggung. Lakukan seperti pada gambar dan tahan posisi ini selama 10 detik disertai dengan tarikan nafas dalam-dalam. Ulangi posisi seperti ini tiga hingga empat kali. Pose ini akan membantu mengurangi tekanan pada leher, pundak, dan tenggorokan.

8. Bridge Pose (Setu Bandasana)

Agar PMS Tak Lagi Menyiksa, Praktikan 10 Pose Yoga Ini Sekarang!Sumber gambar: emilygilchrist.wordpress.com

Berbaring dengan wajah menghadap ke atas dan tekuk tubuh ke atas dengan memegangi mata kaki seperti pada gambar di atas. Tahan posisi seperti ini selama 20 detik diiringi dengan tarikan nafas dalam-dalam. Ulangi empat hingga lima kali. Pose ini akan membantumu untuk melepaskan beban stres dan pusing kepala yang sering datang ketika PMS. Selain itu, peredaran darahmu juga akan semakin lancar.

9. Thunderbolt (Vajrasana)

Agar PMS Tak Lagi Menyiksa, Praktikan 10 Pose Yoga Ini Sekarang!Sumber gambar: texilaconnect.com

Duduk tegap dengan posisi bersila seperti pada gambar dan bernafaslah dengan normal. Pertahankan posisi ini selama 30 detik. Kemudian ulangi hingga enam kali. Thunderbolt akan melancarkan metabolisme sehingga kamu terbebas dari konstipasi, serta merilekskan otot paha.

10. Corpse Pose (Savasana)

Agar PMS Tak Lagi Menyiksa, Praktikan 10 Pose Yoga Ini Sekarang!Sumber gambar: yoga.com

Ini adalah pose rilaksasi yang penting untuk kamu lakukan ketika sedang yoga. Pada Corpse pose, tubuh akan berada pada posisi netral, dan sangat penting untuk mengakhiri sesi yoga dengan posisi ini untuk membawa tubuh kembali ke status tenang. Kamu akan merasa lebih rilaks karena sesi yoga intens sebelumnya. Posisi ini akan membantumu untuk meningkatkan kualitas tidur, konsentrasi, dan produktifitas.

Cobalah beberapa tips yoga di atas untuk menyingkirkan nyeri yang datang ketika PMS melanda. Waktu yang tepat untuk yoga adalah tiga-empat jam setelah makan. Selamat mencoba!

Topic:

Just For You