Comscore Tracker

5 Pertimbangan sebelum Menggunakan Bridesmaid saat Pernikahan

Selalu pertimbangkan budget yang dimiliki untuk menikah, ya!

Istilah bridesmaid mungkin sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Hal tersebut disebabkan memang bridesmaid yang dianggap sebagai salah satu hal penting dalam pernikahan modern zaman sekarang. Istilah ini merujuk pada orang-orang yang kemudian berperan dalam mengiringi pihak pengantin. Untuk pria, biasanya istilahnya akan diganti menjadi groomsmen.

Meski seakan menjadi tren tersendiri dalam pernikahan modern, penggunaan bridesmaid membutuhkan pertimbangan tersendiri. Oleh sebab itu, jika kamu ingin menggunakan bridesmaid untuk acara pernikahan, pikirkan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu.

1. Perhatikan siapa saja yang mungkin akan diajak menjadi bridesmaid

5 Pertimbangan sebelum Menggunakan Bridesmaid saat Pernikahanilustrasi bridesmaid (unsplash.com/@gift_habeshaw)

Hal yang harus kamu pertimbangkan adalah siapa saja yang akan diajak menjadi bridesmaid. Biasanya pemilihan bridesmaid dilakukan berdasarkan kedekatan. Tidak mengherankan pengantin akan memilih teman-teman terdekatnya untuk kemudian mengiringi pernikahan.

Hal ini menjadi sedikit membingungkan apabila pengantin tersebut memiliki banyak teman. Oleh sebab itu, dalam menentukan bridesmaid pun jadi perlu selektif sehingga tidak sampai menimbulkan konflik dan rasa iri antarteman ke depannya.

2. Evaluasikan ulang dengan kemampuan biayamu

5 Pertimbangan sebelum Menggunakan Bridesmaid saat Pernikahanilustrasi sejumlah uang (unsplash.com/@jinyun)

Biaya pernikahan yang dibutuhkan seseorang tentu akan berbeda dengan orang lain. Hal ini akan disesuaikan dengan skala besarannya pernikahan, tamu undangan, dan masih banyak lagi hal lainnya. Tidak mengherankan kamu harus mempertimbangkan biaya.

Pemilihan bridesmaid merupakan salah satu rencana pernikahan yang harus turut dipertimbangkan. Selalu evaluasikan ulang kemampuanmu untuk urusan bridesmaid. Jika dirasa justru pembiayaanmu tidak mencukupi, sebaiknya tidak memaksakan diri.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pakaian Adat Pernikahan Sederhana, Unik dan Simpel

3. Menghitung pengeluaran yang dibutuhkan untuk bridesmaid

5 Pertimbangan sebelum Menggunakan Bridesmaid saat Pernikahanilustrasi uang (unsplash.com/@Jp_Valery)

Nyatanya, menggunakan bridesmaid merupakan hal yang tidak mudah. Alasannya adalah karena ada banyak persiapan yang harus turut dilakukan oleh pihak pengantin. Hal ini tidak hanya terbatas pada pemilihan teman yang akan menjadi bridesmaid.

Pertimbangan bridesmaid juga mencangkup pemilihan gaun, setelan jas, hingga makeup. Hal ini jelas membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi jika kamu menggunakan banyak bridesmaid untuk mengiringi pernikahan nanti.

4. Mempertimbangkan peran bridesmaid

5 Pertimbangan sebelum Menggunakan Bridesmaid saat Pernikahanilustrasi bridesmaid (unsplash.com/@dre0316)

Banyak orang yang yang mungkin belum terlalu memahami peran bridesmaid. Hal ini membuat mereka kebingungan dalam membedakan antara bridesmaid dan pagar ayu. Padahal, keduanya memiliki peran dan tugasnya yang berbeda.

Bridesmaid fokus dalam menemani dan mengiringi pihak pengantin sehingga acara akan berlangsung dengan lebih menyenangkan. Sebelum menggunakan bridesmaid dalam pernikahanmu, kamu juga harus mempertimbangkan seberapa penting peran tersebut. Jangan sampai kamu menggunakan bridesmaid, tapi kamu merasa perannya tidak terlalu berdampak dalam pernikahanmu.

5. Pertimbangkan secara logis dan jangan mengikuti gengsi

5 Pertimbangan sebelum Menggunakan Bridesmaid saat Pernikahanilustrasi bridesmaid (unsplash.com/@brianaautran)

Perencanaan pernikahan bukanlah sesuatu yang dapat disepelekan. Bukan hanya sebagai acara yang dirayakan sekali seumur hidup, melainkan juga karena berjalan dengan lancar dan khidmat. Ini termasuk mempertimbangkan penggunaan bridesmaid dalam pernikahan.

Pertimbangan tersebut memang sebaiknya dilakukan secara logis dan jangan sampai hanya mengikuti gengsi semata. Pasalnya, hal tersebut seolah tidak akan pernah ada habisnya. Oleh sebab itu, jangan sampai menggunakan bridesmaid hanya untuk urusan gengsi.

 

Menggunakan bridesmaid ataupun tidak tentu menjadi pilihan bagi pihak pengantin. Apa pun pilihannya, yang terpenting adalah pernikahan tetap berjalan dengan lancar dan khidmat. Sesuaikan dengan kebutuhan, ya!

Baca Juga: Bingung Memilih Bridesmaid? Coba Pertimbangkan 5 Hal Ini!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya