Comscore Tracker

Harus Dihindari, Ini 6 Hal yang Bikin Bekas Jerawat Susah Hilang

#IDNTimesLife Jangan dilakuin ya!

Setelah jerawat sembuh, ada lagi kekhawatiran baru yang biasanya muncul. Yaitu, ketika bekas jerawat yang menggelap jadi sulit memudar!

Apakah kamu pernah mengalaminya? Kalau iya, coba deh cari tahu apakah kamu melakukan 6 kesalahan berikut ini!

1. Sering skip penggunaan sunscreen

Harus Dihindari, Ini 6 Hal yang Bikin Bekas Jerawat Susah Hilangpexels.com/@polina-tankilevitch

Kandungan SPF pada sunscreen berguna untuk menjaga kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Apabila kamu sering malas menggunakan produk tabir surya, biasanya hiperpigmentasi pada kulit wajahmu pun akan semakin sulit memudar!

Dilansir Theklog.co, penggunaan sunscreen sangat penting untuk merawat kulit berjerawat sebab sinar infrared dari matahari bisa membuat peradangan jadi lebih parah dan mengiritasi kulit.

Katherine Lee dari theklog.co menuturkan, "Sinar UV bisa menstimulasi produksi melanin pada kulit dan merusak kolagen. Artinya, noda hitam dan noda bekas jerawat yang terekspos matahari bisa lebih menggelap".

Jadi supaya noda bekas jerawatmu bisa cepat memudar, jangan pernah lupa menggunakan sunscreen setiap hari, ya!

2. Gak menggunakan produk skincare yang efektif

Harus Dihindari, Ini 6 Hal yang Bikin Bekas Jerawat Susah Hilangpexels.com/@cottonbro

Hal yang sering luput dari perhatian orang adalah apakah ritual skincare yang mereka gunakan sudah tepat dan efektif untuk memberantas bekas jerawat? Biasanya, kebanyakan orang hanya berfokus dengan menyembuhkan jerawat yang meradang saja.

Dr. Julia Tzu menuturkan dalam wawancaranya dengan Refinery29, bahwa ritual skincare yang tepat punya peranan yang penting.

"Rejimen skincare yang payah bisa membuat banyak jerawat bermunculan dan akan membuat scarring atau iritasi di kemudian hari," tuturnya.

Jadi, coba perhatikan lagi kandungan skincare yang kamu gunakan. Dan, simak apakah ada perubahan yang efektif pada kulit wajahmu.

3. Suka memencet jerawat yang meradang

Harus Dihindari, Ini 6 Hal yang Bikin Bekas Jerawat Susah Hilangpexels.com/@polina-tankilevitch

Melihat bintik jerawat yang meradang memang bikin hati gemes! Keinginan untuk memencetnya hingga kempes mungkin sangat kuat kamu rasakan. Akan tetapi, sebaiknya kubur jauh-jauh kebiasaan buruk tersebut, ya!

Dilansir Refinery29, Dr. Ted Lain dan Dr. Julia Tzu sama-sama mengatakan bahwa kebiasaan memencet jerawat bisa membuat bekas jerawat jadi makin membandel. Karena tanganmu bisa membawa bakteri pada kulit wajahmu terutama di area yang berjerawat.

"Memencet jerawat bisa membuat infeksi tambahan atau membuat jerawat makin meradang, keduanya bisa mengarah kepada scarring," tutur Dr. Ted Lain.

Baca Juga: 5 Jenis Bekas Jerawat yang Perlu Kamu Tahu, Penanganannya Beda Lho!

4. Memakai makeup yang tebal dan gak melakukan deep cleansing

Harus Dihindari, Ini 6 Hal yang Bikin Bekas Jerawat Susah Hilangpexels.com/@serj

Kalau kamu adalah seorang beauty enthusiast, kamu mungkin terbiasa untuk menggunakan produk kosmetik yang tebal setiap harinya. Gapapa kok kalau kamu mau melanjutkan hobi tersebut, asalkan kamu gak lupa untuk melakukan deep cleansing setelahnya, ya!

Karena residu makeup yang menumpuk di kulitmu juga bisa membuat noda bekas jerawat semakin membandel.

5. Suka menyentuh wajah dengan tangan kotor atau menggunakan handuk mandi untuk mengeringkan wajah

Harus Dihindari, Ini 6 Hal yang Bikin Bekas Jerawat Susah Hilangpexels.com/@ekaterina-bolovtsova

Kebiasaan buruk yang lain adalah senang menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Selalu ingat kalau tanganmu telah menyentuh banyak hal seharian, karena itu penting banget buat kamu aware tentang betapa banyak bakteri yang mungkin menempel di sana.

Selain itu, setelah cuci muka, kamu sebaiknya biasakan untuk menyekanya menggunakan tisu atau kain bersih. Hindari mengeringkan wajah dengan memakai handuk mandi yang telah dipakai.

6. Gak mengeksfoliasi kulit

Harus Dihindari, Ini 6 Hal yang Bikin Bekas Jerawat Susah Hilangpixabay.com/users/jmexclusives-10518280/

Terakhir, kamu juga harus pastikan telah menjadwalkan ritual eksfoliasi kulit setiap minggunya.

Menurut Katherine Lee dari Theklog.co, tahapan eksfoliasi dalam ritual skincare sangat krusial. Kenapa begitu? Karena proses exfoliating bisa membantu mengeleminasi sel kulit mati, sekaligus membuat wajahmu jadi tampak lebih cerah dan halus.

"Saat dilakukan dengan tepat, proses eksfoliasi bisa mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih. Jadi, kulitmu akan lebih cerah, halus, dan lembut!" tutur Katherine.

Itu dia 6 hal yang bisa membuat bekas jerawat kamu jadi sulit memudar. Adakah kebiasaan buruk yang pernah kamu lakukan? Sebaiknya mulai sekarang kamu hindari, ya! 

Baca Juga: Rekomendasi Skincare yang Hilangkan Bekas Jerawat, Noda-noda Mati Kutu

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya