Comscore Tracker

5 Kesalahan Umum Saat Membeli Foundation, Biar Gak Kayak Pakai Topeng!

#IDNTimesLife salah satunya menjajalnya di tangan

Foundation merupakan salah satu produk kosmetik yang perlu kamu ketahui. Sebelum mencari tahu harga dan membeli produknya, kamu perlu tahu hal-hal mendasar tentang kulitmu dengan menghindari 5 kesalahan umum saat membeli foundation berikut ini!

1. Beli foundation baru hanya karena tergoda iklan

5 Kesalahan Umum Saat Membeli Foundation, Biar Gak Kayak Pakai Topeng!pexels.com/@olly

Saat ini, brand kecantikan lokal dan global telah menjamur. Kamu mungkin merasa excited dengan banyaknya tawaran produk foundation yang bisa kamu coba.

Eits, tapi ini merupakan kesalahan membeli foundation yang pertama lho! Jangan sampai kamu memutuskan untuk membeli produk kosmetik apa pun, termasuk foundation, hanya karena tergiur dengan iklan yang kamu lihat di media sosial.

Jangan mudah terbuai! Sebaiknya, kamu mencari tahu dahulu apa produk yang terbaik untuk kamu!

2. Mencoba shade foundation di punggung tangan

5 Kesalahan Umum Saat Membeli Foundation, Biar Gak Kayak Pakai Topeng!pexels.com/@karolina-grabowska

Saat pergi berbelanja foundation secara langsung, kamu bisa melakukan test patch pada kulitmu. Tapi, kebanyakan orang keliru melakukannya.

Sebagian besar orang menjajal shade foundation yang ingin mereka beli di punggung tangan. Padahal, warna kulit tangan dan wajahmu kerap kali berbeda, lho! Untuk warna yang lebih sesuai, kamu bisa coba swatch di bagian tengkuk leher.

Untuk mengetahui apakah foundation tersebut akan oksidasi seiring waktu, kamu bisa menjajalnya selama beberapa jam terlebih dahulu. Kenapa ini penting?

Ini karena kamu mungkin belum melihat warna oksidasi foundation setelah langsung dibaurkan. Selain itu, kebanyakan pencahayaan di drugstore pun bisa jadi kurang mendukung.

3. Gak melakukan riset mendalam sebelum membeli produk

5 Kesalahan Umum Saat Membeli Foundation, Biar Gak Kayak Pakai Topeng!pexels.com/@ekaterina-bolovtsova

Berhubungan dengan poin pertama, sebelum membeli kosmetik, kamu bisa cari tahu dulu secara mendalam pengalaman orang-orang yang pernah memakainya. Ini bisa dengan cara mengunjungi forum kecantikan atau testimoni dari para beauty influencer.

Jangan langsung tergoda dengan rating tinggi dan cari ulasan yang paling sesuai dengan kondisi kulitmu. Ini penting banget!

Baca Juga: 7 Jenis Foundation untuk Berbagai Tipe Kulit, Ada Liquid hingga Serum

4. Salah membeli shade foundation yang tepat dengan warna kulit

5 Kesalahan Umum Saat Membeli Foundation, Biar Gak Kayak Pakai Topeng!pexels.com/@nika-akin

Kesalahan yang keempat ini sangat fatal dan cukup umum dilakukan. Untuk tahu seperti apa warna foundation yang paling pas untukmu, kamu perlu mengenal warna kulitmu terlebih dahulu. Dari mulai tone warna kulit, apakah menuju ke warm tone atau cool tone.

Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan apakah produk foundation yang kamu beli ini akan teroksidasi dengan cepat dan akan menggelap seiring waktu pada kulit wajahmu. Biar gak belang, kamu perlu bandingkan warna yang dibeli dengan warna kulit lehermu.

Kalau kamu kesulitan mencari shade produk yang tepat, kamu bisa meminta bantuan pada beauty advisor saat berbelanja makeup secara langsung. Atau pun, menjajalnya dengan aplikasi try on virtual saat belanja secara online.

5. Gak mempertimbangkan kondisi dan tipe kulit wajah yang kamu miliki

5 Kesalahan Umum Saat Membeli Foundation, Biar Gak Kayak Pakai Topeng!pexels.com/@thirdman

Selain shade, kamu juga perlu cari tahu formula apa yang paling pas untukmu! Ada banyak formula foundation yang tersedia di pasaran saat ini. Untuk mendapatkan hasil coverage, finish, dan formula yang paling cocok, kamu perlu pertimbangkan kondisi kulit juga.

Karena itu, aturan paling wahid saat membeli produk kecantikan adalah mengenal kondisi kulit wajahmu terlebih dahulu!

Itu dia 5 kesalahan umum saat membeli foundation yang sering orang lakukan. Adakah kesalahan yang pernah kamu perbuat sebelumnya? Hmm, sebaiknya jangan diulangi lagi ya!

Baca Juga: Kulit Terlihat Flawless, 6 Langkah Memakai Foundation bak MUA

Topic:

  • Tyas Hanina
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya