Comscore Tracker

Langkah Tampil Percaya Diri ala Girl Boss, Self Love Salah Satunya

#IDNTimesLife ada tips pakai lipstik merah juga

Hari Valentine diperingati sebagai momen spesial untuk mengungkapkan rasa kasih sayang kita kepada sekitar. Setiap tahunnya, kebanyakan dari kita menghabiskan waktu dan tenaga untuk mempersiapkan hadiah istimewa untuk orang terkasih.

Tapi, apakah pernah terpikir sebelumnya untuk mengekspresikan rasa cinta tersebut kepada diri sendiri?

Sejak tahun lalu ada banyak jatuh dan banguna yang kita hadapi. Untuk mengatasi segala tantangan, kita harus bisa tampil percaya diri dan belajar mencintai diri sendiri. Pesan tersebutlah yang coba disampaikan pada hari peluncuran produk terbaru Maybelline "Superstay Matte Ink REDS Edition".

Peluncuran produk yang bertajuk"The Power of Self-love" ini diselenggarakan pada Senin (8/2/2021) pukul 19.00 WIB. Berikut rangkuman kegiatan acaranya dan secuplik tips langkah tampil percaya diri ala girl boss.

1. Makna self-love dan bagaimana cara melakukannya

Langkah Tampil Percaya Diri ala Girl Boss, Self Love Salah SatunyaPeluncuran "Maybelline Superstay Matte Ink REDS Edition" pada Senin (8/2/2021). IDN Times/Tyas Hanina.

Hanifa Ambadar, CEO dari Female Daily Network, membagikan pandangannya tentang makna penting dari mencintai diri sendiri. "Menurut aku, self-love itu adalah bagian dari relationship kita dengan diri sendiri. Kalau kita sudah paham betul tentang diri kita sendiri, pasti akan ada impact baik untuk aspek kehidupan lainnya," katanya.

Sedangkan menurut Novita Imelda (COO Female Daily Network), self-love adalah bagian pembelajaran yang tak pernah usai. "Kita belajar mengerti, menerima kekurangan serta kelebihan diri sendiri. Sehingga kita punya value yang benar terhadap diri kita," ujarnya.

Untuk belajar melakukan self-love, ada banyak hal yang bisa perbuat. Salah satunya, menurut Hanifah, adalah berhenti meremehkan kemampuan diri sendiri. "Kita harus merasa kalau kita semua dilahirkan dengan tujuannya masing-masing. Jadi, kita harus tahu kita bisa membuat sesuatu dan berkontribusi pada orang di sekitar kita," ungkapnya.

Novita pun menambahkan, "Setelah kita mengerti value kita, kadang mesti dilatih juga untuk mengingatkan diri sendiri biar gak membandingkan diri dengan orang lain."

2. Tips tampil percaya diri ala girl boss dalam membangun bisnis

Langkah Tampil Percaya Diri ala Girl Boss, Self Love Salah SatunyaPeluncuran "Maybelline Superstay Matte Ink REDS Edition" pada Senin (8/2/2021). IDN Times/Tyas Hanina.

Di awal masa membangun Female Daily Network, Hanifa merasakan ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Salah satunya bersumber dari masalah internalnya sendiri.

"Kadang pede, tapi tahu-tahu besok bangun tidur merasa gak yakin. Apalagi waktu pulang dari Amerika kan belum kenal siapa-siapa. Jadi, harus berjejaring dan mengalami penolakan," ujarnya. Selain itu, ia juga harus belajar untuk mengelola timnya sendiri.

"Di awal masih gak berani pakai titel CEO. Baru berani pakai titel ini setelah 5 tahunan. Lama-lama berproses, banyak belajar, hingga akhirnya kepercayaan diri itu muncul," tambahnya sambil tersenyum.

Cerita yang berbeda datang dari Novita. Ia membandingkan kondisi tim yang berbeda di awal masa kerjanya dengan FD (Female Daily) dan saat ini. "Tapi karena ngelewatin proses, di setiap proses itu, saat melakukan kesalahan itu, dijalani aja. Karena itu kita sambil belajar juga biar bisa sampai ke titik ini."

Ada sedikit tips dari Hanifa untuk para pebisnis muda. "Pasti kita punya target besar, tapi target itu bisa di-break down sekecil mungkin. Ketika tujuan kecilnya udah bisa diraih, kita pasti jadi lebih percaya diri," pungkasnya.

Menurutnya, keberhasilan-keberhasilan kecil itu juga bisa sekaligus meyakinkan orang-orang di sekitar kita tentang potensi dari bisnis yang kita bangun.

3. Pentingnya membangun rutinitas self care. Salah satunya dengan memfilter omongan negatif dari orang lain

Langkah Tampil Percaya Diri ala Girl Boss, Self Love Salah SatunyaPeluncuran "Maybelline Superstay Matte Ink REDS Edition" pada Senin (8/2/2021). IDN Times/Tyas Hanina.

Rutinitas dan gaya hidup yang berubah selama pandemik COVID-19 tentunya sempat membuat kita merasa kaget. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kita sudah bisa beradaptasi dengan perubahan itu.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Hanifa. Baginya, sangat penting untuk membangun rutinitas self care mulai dari pagi hari. Salah satu hal yang sempat ia lakukan adalah social media detox.

"Desember lalu, aku sempat 10 hari off Instagram. Dan, itu rasanya enak banget! Jadi lebih produktif, pikiran lebih clear, dan lebih fokus dengan real life," katanya.

Berkaitan dengan media sosial, Novita ingin selalu berusaha untuk memberikan positive vibes pada kontennya. Ia juga mengatakan, "Kita harus cukup tidur dan makan sehat. Karena kalau kita sehat dan lebih happy, jadi lebih bisa kasih sesuatu yang positif juga."

Saat berhadapan dengan respons negatif dari orang lain di media sosial, Novita merasa sangat penting memilah mana feedback yang penting didengarkan. "Aku akan memilah siapa yang kasih aku feedback. Mereka yang aku dengerin adalah orang yang kupercaya tulus dan berniat baik," tambahnya.

Sedangkan bagi Antania Hanjani, Marketing Manager Maybelline, sangat penting untuk melakukan refleksi diri. "Sering-sering self reflection dan jangan pernah ragu untuk mengakui kekurangan kita. Itu yang membuat kita grow as a person," ujarnya.

Baca Juga: Coba Terapkan 6 Bentuk Self-Love Ini pada Dirimu, Bye Bye Insecure!

4. Mempromosikan gerakan self-love pada hari kasih sayang

Langkah Tampil Percaya Diri ala Girl Boss, Self Love Salah SatunyaPeluncuran "Maybelline Superstay Matte Ink REDS Edition" pada Senin (8/2/2021). IDN Times/Tyas Hanina.

Valentine identik dengan cokelat, bunga, dan surat cinta. Perasaan hangat dan indah tersebut selalu kita kenang bersama orang terdekat kita. Namun, menurut Hanifa, sangat penting untuk memberikan energi yang sama kepada diri kita sendiri.

"Aku melihat kalau sebenarnya Valentine Day bisa kita maknai dari self-love. Karena kadang kita lupa untuk mencintai diri sendiri. Ini adalah waktu untuk memprioritaskan diri sendiri!" ujar Hanifa.

Praktik mencintai diri sendiri juga bisa dilakukan dengan mengecek apakah kita sudah meraih kebahagiaan kita sendiri. Novita melayangkan tiga pertanyaan penting kepada audiens, "Apa aja yang udah kita lakukan untuk diri kita sendiri? Apa yang mau kita lakukan untuk mengasah kemampuan kita? Gimana cara untuk overcome our weakness?"

"Ini momentum untuk celebrates love dengan orang yang kita sayangi. Dan, visi kita adalah untuk membuat perempuan merasa siap setiap saat. Pesan ini sangat powerful!" tambah Antania.

5. Tampil percaya diri bisa diraih dengan memperbaiki penampilan. Salah satunya dengan pakai lipstik merah yang sesuai dengan skin tone

Langkah Tampil Percaya Diri ala Girl Boss, Self Love Salah SatunyaPeluncuran "Maybelline Superstay Matte Ink REDS Edition" pada Senin (8/2/2021). IDN Times/Tyas Hanina.

Saat WFH, Hanifa tetap mempersiapkan diri untuk tampil rapi dan layak. "Awalnya, aku malas. Tapi waktu aku memutuskan untuk tampil rapi, aku juga jadi lebih happy," ujarnya.

Salah satu cara tercepat untuk membuat penampilanmu tampak profesional dan memesona adalah memakai lipstik merah. Warnanya yang bold akan membuatmu tampil lebih siap dan percaya diri.

Namun, masih banyak orang yang gak pede memulaskan lipstik warna merah yang dinilai terlalu berani. Untuk itu, Antania membagikan tips dan triknya untuk mereka yang ingin memulai pakai lipstik merah.

"Kita harus kenal dengan skin tone kita dan harus tahu juga undertone-nya kayak gimana. Kedua, seimbangkan dengan total makeup look-nya," bebernya. Untuk menghindari penampilan yang terlalu menor, Antania juga menyarankan untuk menyesuaikan pemilihan warna lipstik dengan acara yang kita hadiri.

"Aku biasanya pakai lipstik merah saat presentasi, meeting penting, atau ada acara yang butuh extra confidence. At the end, kalau kita pakainya pede, orang juga akan lihat itu gak menor kok!" ujarnya sambil tersenyum.

Sebagai referensi, kamu bisa mencari warna lipstik merah yang tepat untukmu dari koleksi "Maybelline Superstay Matte Ink REDS Edition"'. Ada 5 pilihan warna yang bisa kamu pilih. Lipstik yang diklaim tahan lama ini, sudah bisa kamu beli pada toko resmi Maybelline di berbagai gerai dan online store.

Baca Juga: Ulasan Maybelline Superstay Coffee Edition, Gak Nempel di Masker!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya