Comscore Tracker

Belajar Mencintai Diri Sendiri lewat Rangkaian Perawatan Kecantikan

Skincare jadi salah satu aktivitas penting saat pandemik

Pandemik COVID-19 membuat kita banyak menghabiskan waktu di rumah. Adaptasi kebiasaan baru pun dilakukan, dari mulai work from home sampai mencoba hobi baru.

Tapi, kamu tahu gak sih? Ternyata melakukan rangkaian perawatan diri pun bisa jadi salah satu kegiatan seru dan bermanfaat, lho!

Hal tersebut dibahas lebih lanjut pada talkshow "Turn Your Skincare Routine Into Self-care Ritual During This Pandemic" di BeautyFest Asia 2020 by Popbela.com X Shopee pada Minggu (8/11/2020), pukul 11.00 WIB. Penasaran seperti apa diskusi serunya?

1. Sektor industri kecantikan justru terkena dampak positif di tengah pandemik COVID-19

Belajar Mencintai Diri Sendiri lewat Rangkaian Perawatan KecantikanIDN Times/Tyas Hanina

Ada banyak sektor ekonomi yang mengalami dampak buruk dari pandemik COVID-19. Akan tetapi, kabar duka tersebut gak berlaku pada industri kecantikan lokal dan internasional.

Ini karena ritual perawatan kecantikan menjadi salah satu kegiatan yang populer dilakukan oleh masyarakat. Jeihan Shabira, Executive E-commerce Everwhite, menuturkan hal yang sama. Ia mengatakan, "Industri kecantikan lagi mengalami kenaikan karena banyak banget waktu luang untuk merawat diri."

Hal yang sama juga dikatakan oleh Felisha Wihartati sebagai Digital Strategist dari MASKA. Dirinya melihat ada banyak potensi dan peluang yang terbuka oleh para pelaku industri kecantikan tanah air.

"Kita jadi tertantang untuk berinovasi, gimana sih cara kita beradaptasi tapi tetap berpegang pada komitmen. Campaign kita pun masih fokus untuk mendekatkan diri kepada customer MASKA," tuturnya.

2. Pancaran rasa percaya diri yang kuat adalah salah satu hal positif yang bisa kamu dapatkan dari ritual perawatan kecantikan. Setuju, gak?

Belajar Mencintai Diri Sendiri lewat Rangkaian Perawatan Kecantikanpexels.com/@olly

Adaptasi kebiasaan baru selama pandemik tentunya gak bisa selalu berjalan mulus. Hal ini kadang membuat kita merasa stres atau pun jenuh di rumah. Tapi, problema tersebut bisa kita cari solusinya dengan mudah, lho!

Caranya, menerapkan pola pikir positif dan mulai belajar mencintai diri sendiri. Melakukan ritual perawatan diri atau skincare bisa jadi salah satu jalannya.

Felisha menyebutkan, "Skincare itu adalah salah satu bentuk self care dan apresiasi diri. Kalau lagi pakai skincare, kita merasa kita lagi take a good care of ourselves."

Ezrin Septalastiani, Public Relation REVITALASH, juga memberikan pernyataan serupa. Baginya, kegiatan merawat diri gak melulu soal penampilan luar kita saja. "Beauty bukan cuma fisik, tapi juga soal kepercayaan diri yang akan memancar dari dalam hati," pungkasnya.

3. Bagaimana cara memilih skincare yang tepat? Langkah pertama adalah mengetahui kondisi kulit kita terlebih dahulu

Belajar Mencintai Diri Sendiri lewat Rangkaian Perawatan KecantikanIDN Times/Tyas Hanina

Setiap perempuan Indonesia memiliki tipe, kondisi, serta permasalahan kulit yang berbeda. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Felisha dan timnya, ada 3 masalah kulit yang umum terjadi yaitu minyak berlebih, tanda penuaan dini, sampai pori-pori tersumbat.

"Kulit di T-zone dan U-zone akan berbeda kondisinya. Makanya, kita menawarkan solusi spesifik untuk setiap masalah di bagian kulit itu," ujarnya. Solusi tersebut mereka tawarkan lewat produk terbaru "Maska Technicolor Multimask" dengan 3 varian clay mask yang dikemas dalam bentuk sachet.

Baca Juga: Tips Layering Skincare yang Bikin Kulit Wajah Sehat dan Bebas Jerawat

4. Karena sering melakukan pertemuan secara virtual, sebenarnya kita juga bisa mengalami resiko masalah kulit dari paparan blue light

Belajar Mencintai Diri Sendiri lewat Rangkaian Perawatan KecantikanIDN Times/Tyas Hanina

Agenda meeting online sampai webinar yang berlimpah, membuat kita banyak menghabiskan waktu di depan layar. Tapi, sadar gak sih kalau paparan sinar biru dari gadget juga berdampak negatif pada kulit? Mulai jaringan kulit yang rusak sampai warna kulit yang lebih kusam.

"Pandemik ini buat kita sering kena blue light dari gadget dan buat kulit kita kusam. Brightening Essence Serum dari Everwhite punya kandungan bahan aktif yang bisa membuat kulit tampak lebih cerah dan terjaga kelembapannya," ujarnya.

5. Selain merawat kulit wajah, penting juga untuk menjaga kondisi area mata

Belajar Mencintai Diri Sendiri lewat Rangkaian Perawatan KecantikanIDN Times/Tyas Hanina

Ketika harus beraktivitas di luar rumah, kita diwajibkan memakai masker. Hal itu membuat sebagian wajah kita tertutup dan area mata jadi lebih terekspos. Kondisi ini membuat orang menyadari pentingnya melakukan perawatan dan merias area mata agar tampak prima.

"Kita ingin tetap tampil stunning dengan bulu mata badai. Nah, karena tinggal di rumah aja, kita bisa beralih kepada produk natural seperti serum bulu mata," ujar Ezrin.

Baginya, seperti bagian tubuh yang lainnya. Bulu mata dan rambut alis merupakan bagian wajah yang perlu dirawat sedini mungkin. Ia mengatakan, "Karena perawatan kulit itu kan bicara soal maintenance, jadi gak perlu ditunggu sampai rusak."

Ia pun membagi kisah awal perjalanan brand REVITALASH yang berawal dari kisah cinta founder-nya. Dr. Michael Brinkenhoff, MD menghadiahkan serum bulu mata buatannya untuk sang istri yang terkena kanker payudara.

Ia meramu produk yang bisa merawat rambut di area mata agar tumbuh kuat dan menumbuhkan rasa kepercayaan diri pasangannya. Sebuah kisah cinta yang manis tentang sejarah produk kecantikan, ya!

Itu dia 5 poin utama dari talkshow "Turn Your Skincare Routine Into Self-care Ritual During This Pandemic" di Beauty Fest Asia 2020 by Popbela.com X Shopee. Tepatnya, pada hari ketiga pelaksanaannya.

Tahun ini, BeautyFest Asia 2020 by by Popbela.com X Shopee tampil secara virtual dan bisa kamu nikmati melalui situs BeautyFestAsia.popbela.com. Berkolaborasi dengan Shopee sebagai exclusive online event shopping platform, kamu bisa mendapatkan berbagai penawaran produk beauty & skincare yang menarik. Jangan lupa ikutan berbagai courses & workshops selama tiga hari, 6-8 November 2020, dengan guest star seperti Rossa, Bunga Zainal, dan global influencer tahun ini, PONY. Stay tuned!

Baca Juga: Makeup Nempel di Masker dan Bikin Komedo? Ini Cara Mengatasinya!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya