Comscore Tracker

7 Tips Agar Kukumu Tumbuh Kuat dan Sehat 

Salah satu caranya adalah jangan terlalu sering pakai kuteks

Kuku manusia terbuat dari lapisan keratin yang juga bisa kita temukan pada rambut dan kulit. Semakin bertambah usia, produksi keratin pada tubuh kita mulai melambat. Selain pertambahan usia, kuku yang lemah juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti suhu yang terlalu dingin, terlalu sering terkena bahan pencuci, atau sering kontak kandungan kimia tertentu.

Gak usah khawatir, karena IDN Times telah merangkum 7 tips agar kukumu bisa tumbuh lebih sehat dan kuat! Bisa dipraktikkan di rumah, lho!

1. Jangan lupa rutin bersihkan dan lembapkan area tangan dan kukumu!

7 Tips Agar Kukumu Tumbuh Kuat dan Sehat pexels/Linda Prebreza

Walau kelihatannya sederhana, tapi kebersihan dan kelembapan tangan dan kukumu itu penting lho! Bersihkan area tangan dan kuku, lalu pakai hand cream. Kelembapan yang terjaga bisa menutrisi dan melindungi kukumu.

2. Rutin gunting kukumu

7 Tips Agar Kukumu Tumbuh Kuat dan Sehat clixbeauty.com

Kuku yang panjang memang kelihatan cantik, akan tetapi yang perlu kamu sadari adalah saat kamu rutin mengguntingnya kukumu akan tumbuh lebih kuat. Penyebabnya adalah semakin pendek kukumu maka semakin sedikit pula area yang terbuka untuk kemungkinan robek, terkena air dan alat kimia sehingga gak banyak yang terserap.

3. Stop pakai penghapus kuteks yang mengandung aseton

7 Tips Agar Kukumu Tumbuh Kuat dan Sehat iqnaildesigns.com

Aseton termasuk kandungan yang membuat kukumu melemah dan kering. Karena itu, selain kandungan skincare dan makeup, kamu juga perlu memerhatikan kandungan kuteks dan penghapus kuteksmu ya!

Baca Juga: 5 Kesalahan Potong Kuku yang Bikin Kuku Jadi Rusak dan Rapuh!

4. Makan makanan yang bergizi dan mengandung vitamin E

7 Tips Agar Kukumu Tumbuh Kuat dan Sehat healthysubstitute.com

Teknik diet yang salah juga bisa memengaruhi kesehatan kukumu, lho! Untuk bisa mendapatkan kuku yang tumbuh dengan sehat dan kuat, kamu perlu mengonsumsi banyak protein, kalsium, dan vitamin E. Misalnya sayur mayur, telur, kacang, ikan, dan sebagainya.

5. Stay hydrated!

7 Tips Agar Kukumu Tumbuh Kuat dan Sehat mommabe.com

Walau kedengarannya klise, minum air mineral itu memang esensial! Salah satu benefit yang bisa kamu dapatkan dari rutin minum air mineral adalah kuku yang tumbuh sehat dan kuat. Jangan lupa minum air putih ya!

6. Aplikasikan base coats dan top coats

7 Tips Agar Kukumu Tumbuh Kuat dan Sehat isabellestyle.com

Sebelum memakai kuteks kesayanganmu, pastikan untuk memakai base coats terlebih dahulu! Base coats berguna sebagai barrier dari kandungan kimia di dalam kuteksmu, penggunaannya juga bisa membantu mengurangi kering dan kerapuhan kuku. Selain itu, penggunaan base coats bisa membuat warna kuteksmu semakin nyata!

Setelah selesai memakai kuteks, jangan lupa juga untuk pakai tops coats. Selain memberikan gloss finish yang cantik pada kukumu, top coats juga membuat kukumu lebih terjaga.

7. Biarkan kukumu bernapas. Jangan terlalu sering memakai kuteks!

7 Tips Agar Kukumu Tumbuh Kuat dan Sehat Readersdigest.ca

Last but not least, tips terakhir adalah batasi penggunaan kuteks. Misalnya, kamu menggunakan kuteks selama seminggu penuh, maka minggu selanjutnya kamu harus rehat dari pemakaian kuteks.

Hal ini penting banget! Karena walau pun kamu berupaya menjaga kesehatan dan kelembapan kukumu, tapi kamu gak berhenti memakai kuteks yang ada kukumu akan lebih fragile.

Itu dia 7 tips singkat agar kukumu tumbuh lebih sehat dan kuat. Semoga membantu ya!

Baca Juga: 9 Kreasi Kuku ala Britney Tokyo, Nail Artist Langganan Seleb Hollywood

Topic:

  • Tyas Hanina
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya