Comscore Tracker

6 Tips Kecantikan Paling Ramah di Kantong, Cocok buat Anak Kos

Ingin tampil glowing dengan modal pas-pasan? No worries!

Wajah yang terlihat segar dan sehat gak harus bermodalkan uang yang besar, lho. Bahkan, buat anak kos dengan budget pas-pasan pun bisa kok melakukannya.

Dengan mengikuti 6 tips di bawah ini kamu bisa tampil glowing sambil berhemat! Penasaran apa saja tipsnya? Keep scrolling!

1. Gunakan perawatan kecantikan dengan bahan alami

6 Tips Kecantikan Paling Ramah di Kantong, Cocok buat Anak Kospexels.com/@breakingpic

Pertama-tama, tentunya kamu harus mengenal kondisi kulit wajahmu terlebih dahulu. Perhatikan apa permasalahan yang sering kamu alami dan bahan-bahan apa saja yang cocok di kulitmu.

Setelah kamu tahu jawabannya, cobalah perlahan-lahan beralih menggunakan bahan alami. Cari tahu DIY masker yang cocok untuk jenis kulitmu dan apa efek dari perawatan kulit yang natural tersebut. Selain itu, hal ini juga bisa melatih kreativitasmu, lho!

2. Buat rutinitas perawatan kulit dan makeup yang minimalis

6 Tips Kecantikan Paling Ramah di Kantong, Cocok buat Anak Kospexels.com/@olly

Untuk tampil prima, kamu gak perlu menyontek keseluruhan rutinitas kecantikan beauty influencer idamanmu! Pilihlah produk yang sesuai kebutuhan dan budget-mu. Tidak perlu memaksakan diri untuk mengikuti rutinitas kecantikan seseorang, karena setiap orang punya kondisi kulit yang unik.

Fokus terlebih dahulu kepada 3 step perawatan kulit yang mendasar, di antaranya: cleanser, toner, pelembap wajah, dan tabir surya. Hal ini juga berlaku untuk rutinitas makeup-mu, lho! Gunakan produk yang memang benar-benar kamu butuhkan, jangan hanya karena mengikuti tren yang sedang berlaku saja.

3. Perhatikan gizi makanan yang dikonsumsi

6 Tips Kecantikan Paling Ramah di Kantong, Cocok buat Anak KosIDN Times/Rizka Yulita

Poin yang sering terlewat oleh orang-orang adalah asupan gizi yang cukup dan bernutrisi. Kondisi kulit wajahmu juga dipengaruhi dari apa yang kamu konsumsi. Jadi, coba kurangi makan-makanan instan yang gak sehat, ya!

Baca Juga: 9 Inspirasi DIY Makeup Storage, Cara Agar Kosmetikmu Gak Mudah Hilang!

4. Manfaatkan sampel atau produk ukuran travel size

6 Tips Kecantikan Paling Ramah di Kantong, Cocok buat Anak KosIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Ketika kamu mau mencoba produk baru, cobalah beli produk ukuran travel size-nya terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir kemungkinan gak cocok dengan produk tersebut.

Selain itu, biasanya ada beberapa beauty brand yang memberikan sampel produknya secara gratis usai pembelian. Jadi, kamu harus memanfaatkan sampel-sampel tersebut dengan baik, ya!

5. Kurangi penggunaan produk sekali pakai

6 Tips Kecantikan Paling Ramah di Kantong, Cocok buat Anak Kospexels.com/@cottonbro

Ada dua manfaat yang bisa kamu ambil dari poin ini. Yang pertama, kamu bisa menghemat uangmu dengan membeli produk yang bisa didaur ulang atau digunakan kembali. Manfaat yang kedua, kamu juga turut membantu kelestarian lingkungan, lho!

Beberapa alat dan produk kecantikan yang bisa kamu ganti adalah kapas dan tisu wajah. Kamu bisa beralih menggunakan kapas kain atau microfiber wash-cloths yang bisa digunakan berulang-ulang kali.

6. Cari produk yang multifungsi

6 Tips Kecantikan Paling Ramah di Kantong, Cocok buat Anak Kospexels.com/@kinkate

Poin terakhir adalah untuk mencari dan meriset produk kecantikan yang multifungsi! Misalnya, eyeshadow cokelat bisa kamu pergunakan sebagai pewarna kelopak mata dan pengganti pensil alis.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan lipstik untuk menjadi alternatif blush on dan eyeshadow cream. Menarik kan?

Itu dia 6 tips kecantikan khusus buat kamu yang sedang berhemat. Semoga membantu, ya!

Baca Juga: 9 DIY Tempat Brush Makeup, Mudah Dicoba dan Hemat di Kantong!

Topic:

  • Tyas Hanina
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya