Comscore Tracker

5 Tips Mencegah dan Mengatasi Jerawat di Area Rahang, Gak Parah Lagi!

#IDNTimesLife Salah satunya jangan sering menyentuh wajah

Salah satu area wajah yang sering berjerawat adalah area dagu dan rahang. Dilansir purewow, Joshua Zeichner, M.D. seorang dokter kulit mengatakan, "Jawline acne, seperti jerawat lainnya, disebabkan oleh minyak yang terperangkap di dalam pori-pori, bersamaan juga dengan peradangan kulit yang menyebabkan benjolan merah."

Selain itu, kemunculan jerawat di kedua area ini juga sering disebabkan oleh fluktuasi hormon yang terjadi dalam tubuh. Makanya, gak heran kalau jerawat ini sering muncul sebelum menstruasi.

Untuk mencegah dan atasi jerawat di area rahang, kamu bisa simak tips-tips berikut. Simak artikelnya baik-baik, ya!

1. Jangan sembarangan menyentuh wajah dengan tangan kotor

5 Tips Mencegah dan Mengatasi Jerawat di Area Rahang, Gak Parah Lagi!ilustrasi bercermin (pexels.com/@olly)

Kebiasaan kecil, seperti menyentuh wajah dengan tangan kotor, juga perlu kamu perhatikan. Pasalnya, tangan yang kondisinya gak bersih bisa membawa kuman dan bakteri baru ke wajah. Akhirnya, memunculkan jerawat, deh!

Dilansir Women's Health, skincare expert bernama Renee Rouleau, mengungkapkan bahwa area dagu dan rahang adalah tempat yang paling umum untuk jerawat. Terutama, pada perempuan berusia di atas 20 tahun. Saat itu, hormon mereka berfluktuasi.

Ketika sudah muncul jerawat baru di area tersebut, kamu juga harus bisa menahan diri untuk gak memencet jerawat yang meradang, ya! Efeknya bisa bikin bopeng, lho!

2. Biarkan kulitmu bernapas dengan gak memakai produk yang menyumbat pori-pori

5 Tips Mencegah dan Mengatasi Jerawat di Area Rahang, Gak Parah Lagi!ilustrasi pemakaian skincare (pexels.com/@cottonbro)

Jerawat yang muncul di area rahang, bisa semakin parah ketika kamu menggunakan layer produk yang terlalu berat. Misalnya, produk kosmetik atau skincare yang sifatnya menyumbat pori-pori.

Dilansir boldsky, walau bisa menutup jerawat dengan makeup, sebenarnya kamu membuat kondisi kulit makin buruk. Untuk mengatasinya, kamu bisa biarkan kulit 'bernapas' sejenak dengan bare face atau pakai produk makeup yang minimalis sampai kulit sudah pulih.

3. Eksfoliasi menjadi salah satu tahapan yang gak boleh kamu lewatkan

5 Tips Mencegah dan Mengatasi Jerawat di Area Rahang, Gak Parah Lagi!ilustrasi pemakaian skincare (pexels.com/@polina-tankilevitch)

Dilansir purewow, Dr. Zeichner mengatakan, "Cara terbaik untuk mengatasi jerawat rahang adalah dengan mencegahnya muncul sejak awal." Kalau kulitmu sering break out, produk pembersih eksfoliasi dapat membantu menjaga pori-porimu tetap bersih. Gunakan produk itu pada awal masa menstruasi.

Selain merawat kebersihan pori-pori, kegiatan eksfoliasi juga bisa membantu mengangkat kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menumpuk. Dilansir boldsky, hal ini juga bisa membantu mencegah bacterial infestation pada kulit dan menghilangkan penyebab utama dari munculnya jerawat.

Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa eksfoliasi kulit sebanyak 2-3 kali dalam kurun waktu seminggu. Lakukan dengan gerakan yang lembut, ya.

Baca Juga: 5 Serum Asal Luar Negeri yang Ampuh Hilangkan Noda Bekas Jerawat

4. Gunakan produk skincare yang diformulasikan untuk mengatasi jerawat

5 Tips Mencegah dan Mengatasi Jerawat di Area Rahang, Gak Parah Lagi!ilustrasi pemakaian skincare (pexels.com/@rodnae-prod)

Dilansir boldsky, cara terbaik untuk mengatasi masalah jerawat di area rahang adalah pakai produk skincare yang tepat. Cari produk yang diformulasikan untuk kulit berjerawat, seperti salicylic acid, benzoyl peroxide dan myristic acid.

Selain membantu mengeringkan jerawat, kandungan tersebut juga berfungsi untuk mencegah kemunculan jerawat di masa depan.

"Pengobatan jerawat bisa berbeda untuk setiap orang. Kalau kamu break out, kamu bisa pastikan pergi ke dokter kulit andalanmu untuk dapat penanganan jerawat yang komprehensif," tutur dermatologis Shari Marchbein, M.D. kepada purewow.

5. Perhatikan juga gaya hidup yang kamu jalani

5 Tips Mencegah dan Mengatasi Jerawat di Area Rahang, Gak Parah Lagi!ilustrasi makan (pexels.com/@sam-lion)

Selain penggunaan skincare, kamu juga perlu memperhatikan gaya hidup yang kamu jalani. Mulai dari jenis makanan yang kamu konsumsi sampai kebiasaan kecil yang sering kamu lakukan, harus dicermati lagi.

Dilansir Women's Health, salah satunya adalah menghindari memakai helm dengan strap yang kotor. Setelah beraktivitas dari luar dan memakai helm, kamu harus langsung mandi dan membersihkan diri untuk mencegah jerawat di area rahang muncul.

Selain itu, dilansir boldsky, makanan berminyak juga bisa menjadi salah satu penyebab kemunculan jerawat di area rahang. Karena itu, pola makan juga penting diawasi.

Beralihlah kepada makanan yang kaya kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan! Selain lebih sehat untuk tubuh, bahan makanan tersebut juga baik untuk kesehatan kulitmu.

Itu dia 5 tips mencegah dan mengatasi jerawat di area rahang. Semoga bisa membantu, ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Skincare Korea untuk Atasi Jerawat Hormonal, Catat Nih!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya