Comscore Tracker

6 Tips Menghindari Pembelian Kosmetik Palsu, Jangan Tergiur Diskon!

Ini cara mengidentifikasinya

Apakah kamu termasuk beauty enthusiast? Ingin merasa terus update dengan perkembangan dunia kecantikan?

Sebelum membeli produk yang kamu inginkan, sebaiknya berhati-hati dan pahami tanda-tanda produk kosmetik yang palsu. Dalam pemakaian jangka pendek atau panjang, kosmetik palsu punya efek samping yang buruk untuk tubuhmu. Simak tips-tips berikut ini!

1. Cek seperti apa tekstur dan konsistensi formula produk serta aroma yang dikeluarkannya

6 Tips Menghindari Pembelian Kosmetik Palsu, Jangan Tergiur Diskon!unsplash.com/Joanna Kosinska

Kalau kamu sedang berbelanja produk kosmetik secara langsung, kamu bisa memastikan 3 hal ini sebelum memutuskan untuk membeli. Yang pertama adalah memeriksa tekstur serta konsistensi produk.

Selanjutnya, cek juga apakah ada aroma asing yang mencurigakan dari produknya. Mulai dari bau tengik, bau alkohol yang tinggi, sampai bau parfum yang berlebihan.

Kemudian, yang terakhir adalah dengan memeriksa apakah shades produk tersebut sesuai dengan yang ada pada situs resmi produk kosmetik tersebut. Hal ini mungkin akan lebih mudah kamu lakukan jika kamu pernah membeli produk yang asli sebelumnya.

2. Setelah itu, periksalah informasi penting yang tertera pada produk! Salah satunya adalah nomor BPOM

6 Tips Menghindari Pembelian Kosmetik Palsu, Jangan Tergiur Diskon!unsplash.com/Jazmin Quaynor

Selain memeriksa isi produknya, kamu juga perlu lihat apakah keterangan produknya telah sesuai. Dari mulai barcode, serial number, hingga manufacturing information.

Kemudian, jangan lupa juga untuk mengecek keaslian nomor BPOM produk yang akan kamu beli. Kamu bisa memeriksakannya langsung pada website https://cekbpom.pom.go.id/.

Apabila informasi yang tertera berbeda dari produk asli, maka hal ini sudah menjadi salah satu tanda yang patut kamu curigai. Mendingan pikir dua kali, deh!

3. Perhatikan apakah ada perubahan bentuk kemasan

6 Tips Menghindari Pembelian Kosmetik Palsu, Jangan Tergiur Diskon!pexels.com/@suzyhazelwood

Beberapa produk tiruan atau knock-off biasanya berusaha membuat kemasan produk yang semirip mungkin. Tapi, biasanya ada beberapa kekeliruan kecil yang bisa kamu amati.

Dari mulai posisi logo brandfont yang digunakan untuk nama shades produk, sampai tone warna kemasan. Sebelum membelinya, kamu bisa membandingkan dari situs resmi brand tersebut.

4. Biar lebih terjamin keamanannya, sebaiknya kamu beli langsung di konter resmi atau official store jika membeli secara online

6 Tips Menghindari Pembelian Kosmetik Palsu, Jangan Tergiur Diskon!unsplash.com/Blake Wisz

Meski kedengarannya tips ini klise, tapi ini adalah trik yang paling aman lho! Agar pengalaman berbelanjamu dijamin keamanannya, kamu bisa mengunjungi konter resmi brand tersebut atau pun mengunjungi official store mereka di aneka e-commerce.

Selain itu, kamu juga bisa menanyakan produknya dengan lebih dalam kepada para beauty advisor yang bekerja di sana. Semakin detil kamu bertanya, maka semakin yakin kamu pada keaslian produk tersebut.

Baca Juga: Sering Jerawatan karena Pakai Masker? Ini 5 Tips Mengatasinya!

5. Kalau kamu membeli bukan dari toko resmi, selalu periksa ulasan toko penjualnya ya!

6 Tips Menghindari Pembelian Kosmetik Palsu, Jangan Tergiur Diskon!pexels.com/@ekaterina-bolovtsova

Kamu bisa memeriksa seperti apa ulasan yang pernah diberikan untuk toko tersebut. Apakah ada keluhan tentang produk yang dicurigakan palsu atau ada efek buruk dari pemakaian produk tersebut.

Namun, kamu juga harus cermat dan bisa membedakan review jujur dari pengguna dan review yang palsu ya! Biasanya sih ulasan palsu itu terlihat dari tata bahasanya yang hard selling serta menggunakan akun yang masih baru dan terlihat mencurigakan,

6. Jangan mudah tergiur diskon!

6 Tips Menghindari Pembelian Kosmetik Palsu, Jangan Tergiur Diskon!unsplash.com/Markus Spiske

Tips terakhir ini penting banget! Pasalnya, kita sering banget kan tergoda dengan adanya diskon atau potongan harga yang fantastis?

Tapi, kamu harus berhati-hati sebelum memutuskan membeli produk hanya karena diskon ya! Periksalah kembali ulasan produk dan tokoh tersebut, lalu periksa juga expiration date yang ada di sana!

Untuk lebih meningkatkan kewaspadaanmu, kamu juga bisa periksa harga aslinya. Kalau terlalu miring, kamu sebaiknya hati-hati deh!

Itu dia 6 tips agar kamu terhindar dari bahaya membeli produk kosmetik palsu. Semoga membantu, ya!

Baca Juga: Sebelum Belanja, Ini 6 Tips Memilih Gaun untuk Pemilik Tubuh Petite

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya