Comscore Tracker

5 Tips Merawat Kulit Kering di Area Mata, Pandangan Semakin Berbinar!

Kamu wajib tahu, nih!

Kulit area mata cenderung lebih tipis dan sensitif dibandingkan area wajah lainnya. Karena itu, sangat penting untuk merawat dan menjaga kelembapannya. Berikut ini IDN Times rangkum beberapa 5 tips penting untuk merawat kulit kering di area mata. Simak, ya!

1. Hentikan penggunaan produk yang terlalu kasar di kulit, misalnya scrub atau peeling. Lalu, jangan lupa untuk kenakan produk semacam eye cream!

5 Tips Merawat Kulit Kering di Area Mata, Pandangan Semakin Berbinar!IDN Times/Anjani Eka Lestari

Agar kondisi kulit di area mata tetap terawat, hindari pemakaian produk yang terlalu kasar. Misalnya, penggunaan scrub atau peeling (baik yang berupa kimiawi ataupun fisikal) di sekitar area mata.

Selain itu, perhatikan juga kandungan produk yang kamu gunakan. Cek apakah ada bahan yang cukup kuat dan rentan, yang bisa membuat kulitmu sensitif dan iritasi!

Agar kelembapan dan keelastisan kulit area mata tetap terjaga, jangan lupa kenakan eye cream! Pilihlah yang bahannya sesuai dan cocok untuk kocek yang kamu miliki.

2. Jangan lewatkan langkah perawatan kulit wajah yang mendasar!

5 Tips Merawat Kulit Kering di Area Mata, Pandangan Semakin Berbinar!IDN Times/Anjani Eka Lestari

Bangun kebiasaan baik untuk menggunakan produk perawatan wajah yang dasar. Contohnya menggunakan cleansertoner, pelembap, dan juga tabir surya.

Sebelum membeli skincare baru, pastikan dulu kandungannya sudah tepat sesuai kondisi dan permasalahan kulitmu, ya! Hal ini juga akan berpengaruh pada kondisi kulit di area mata. Karena itu, menjaga kondisi eyelid untuk selalu bersih dan lembap itu penting.

Ketika menghapus riasan mata seperti maskara atau eyeliner yang waterproof, cobalah untuk menggunakan tekanan dan usapan yang lembut. Jangan keras-keras, ya!

3. Kurangi stres! Ini juga akan berpengaruh pada kondisi kulit di area mata

5 Tips Merawat Kulit Kering di Area Mata, Pandangan Semakin Berbinar!pexels.com/cottonbro

Terkadang, ada beberapa kebiasaan kecil yang kita gak sadari dampaknya. Misalnya, terlalu sering mengucek mata atau menggunakan air panas untuk membasuh muka. Kebiasaan buruk itu bisa membuat area mata menjadi lebih cepat lelah dan stres.

Baca Juga: Skincare 101: Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi, Apa Sih Perbedaannya?

4. Perhatikan juga pola asupan makanmu, ya!

5 Tips Merawat Kulit Kering di Area Mata, Pandangan Semakin Berbinar!IDN Times/Rizka Yulita

Untuk mendapatkan kondisi area mata yang prima, kamu juga harus memerhatikan gizi makanan yang kamu konsumsi. Perbanyak makanan yang mengandung antioksidan dan hindari konsumsi fast food. Penting nih!

5. Cek tanggal kadaluarsa pada produk makeup mata. Perhatikan seperti apa reaksinya di kulit area mata!

5 Tips Merawat Kulit Kering di Area Mata, Pandangan Semakin Berbinar!IDN Times/Anjani Eka Lestari

Menjaga kebersihan produk juga jadi salah satu tips utama yang perlu kamu tahu! Selain membersihkan kuas dan permukaan produk secara berkala, kamu juga harus memastikan produk yang kamu pakai itu gak lewat tanggal kadaluwarsanya, ya!

Karena hal tersebut bisa membuat matamu jadi iritasi, bahkan menunjukkan reaksi alergi. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa melakukan patch test sebelum membeli full product.

Itu dia 5 tips penting untuk merawat kulit di area mata yang wajib kamu ketahui! Semoga membantu, ya!

Baca Juga: Rekomendasi Brand Skincare Buatan Artis, Atasi Jerawat hingga Penuaan

Topic:

  • Tyas Hanina
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya