Comscore Tracker

Cuma 10 Menit, Ini 5 Tips Mencuci Muka Sebelum Tidur yang Tepat 

Jangan malas lagi, ya girls!

Seharian beraktivitas terkadang membuat kita lelah dan ingin segera beristirahat. Akhirnya, banyak yang malas membersihkan makeup atau mencuci wajah sebelum tidur. Waduh sebaiknya kamu jangan sering-sering skip langkah penting ini ya, girls!

Debu dan kotoran serta makeup yang masih menempel pada wajah bisa menyebabkan berbagai masalah seperti jerawat dan komedo. Oleh karena itu, mencuci muka sebelum tidur menjadi kegiatan esensial yang gak boleh kamu lewatkan.

Eits, tapi kamu juga gak boleh membersihkan secara asal-asalan, ya. Berikut 5 tips mencuci muka sebelum tidur yang tepat dan benar.

1. Mulai dengan menghapus riasan dan kotoran pada wajah

Cuma 10 Menit, Ini 5 Tips Mencuci Muka Sebelum Tidur yang Tepat cosmopolitan.com

Seharian beraktivitas membuat kulitmu penuh debu dan kotoran yang menempel. Apalagi kalau kamu yang diwajibkan menggunakan riasan wajah. Sebelum mencuci muka dengan facial wash ada baiknya hapus dahulu makeup dengan makeup remover atau micellar water. 

Teknik yang biasa disebut double cleansing ini bisa membuat wajahmu benar-benar bersih dan terbebas dari kotoran. Hasilnya, kulit akan lebih sehat dan terbebas dari masalah seperti komedo atau jerawat.

2. Lanjutkan mencuci wajah dengan facial wash sesuai jenis kulitmu

Cuma 10 Menit, Ini 5 Tips Mencuci Muka Sebelum Tidur yang Tepat allure.com

Pemilihan sabun juga berpengaruh untuk kulitmu. Pakailah pembersih atau sabun yang khusus untuk wajah karena facial wash punya kandungan yang lebih gentle sehingga aman untuk kulit wajah yang lebih sensitif.

Selain itu, jangan lupa untuk sesuaikan cleanser sesuai tipe kulitmu. Untuk tipe jenis kulit kering kamu bisa gunakan cleansing oil sedangkan untuk kulit berminyak disarankan untuk menggunakan cleanser berjenis foam atau gel.

3. Sesekali lakukan exfoliating agar kotoran pada wajah bisa bersih sempurna

Cuma 10 Menit, Ini 5 Tips Mencuci Muka Sebelum Tidur yang Tepat stylecraze.com

Selain mencuci wajah dengan cleanser atau facial wash, kamu juga bisa seminggu sekali melakukan deep cleansing dengan masker. Biasanya masker untuk exfoliate memiliki tekstur seperti pasta yang mengandung butiran halus. 

Bila diusapkan pada kulit, butiran ini bisa mengangkat debu dan kotoran serta sel-sel kulit mati sehingga wajah bisa tampak lebih bersih. Kalau kamu ingin lebih praktis, bisa juga gunakan kapas khusus exfoliate sekali pakai sebagai pengganti masker.

Baca Juga: Fatal! Jangan Cuci Wajah Berminyak Pakai Sabun, Ini 3 Alasannya

4. Bilas wajah dengan air hangat

Cuma 10 Menit, Ini 5 Tips Mencuci Muka Sebelum Tidur yang Tepat amazon.com

Air hangat punya manfaat yang baik untuk kulit wajahmu. Suhu air yang hangat mampu menghilangkan racun yang menempel pada kulit. Pastikan airnya tidak terlalu panas, ya. Jangan lupa lakukan pijatan lembut selama membilas agar wajah terasa lebih rileks dan lembut.

5. Keringkan wajah menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk perlahan

Cuma 10 Menit, Ini 5 Tips Mencuci Muka Sebelum Tidur yang Tepat adorebeauty.com

Setelah membilas wajah, pastikan tidak ada residu yang menempel. Setelah itu kamu bisa keringkan wajah dengan handuk bersih. Jangan menggosokkan handuk pada wajah, cukup keringkan dengan teknik ditepuk-tepuk. Hal ini untuk menghindari kulit wajah yang kasar dan berminyak.

Itulah beberapa tips mencuci muka sebelum tidur yang tepat. Hayo, untuk kamu yang sering terburu-buru saat mencuci muka, yuk mulai terapkan tips diatas agar wajahmu bisa lebih sehat dan bersih!

Baca Juga: Bahaya, Ini 5 Akibat Jika Kamu Terlalu Sering Mencuci Wajah

Topic:

  • Ulfa Luthfia Hidayatty
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya