Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Breakout pada Kulit saat Pertama Mencoba Skincare

Jangan panik dulu, girls!

Memilih skincare yang cocok dengan kulit wajah memang cukup tricky. Terlebih setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda. Jadi meskipun banyak yang memberikan ulasan yang bagus, belum tentu hasilnya bisa maksimal pada kulit wajahmu.

Ya, salah-salah kamu malah mengalami breakout alias munculnya jerawat akibat reaksi penolakan terhadap kandungan bahan kimia yang ada pada skincare. Nah, kalau kamu sedang mengalami breakout karena skincare, berikut lima tips yang bisa kamu terapkan untuk mengatasinya.

1. Kenali apakah benar kulitmu breakout atau justru mengalami purging

5 Tips Mengatasi Breakout pada Kulit saat Pertama Mencoba Skincareunsplash/Mikail Duran

Dalam istilah kesehatan kulit, ada yang namanya breakout dan purging. Kedua kondisi kulit ini sama-sama bisa disebabkan karena pemakaian skincare yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Meskipun menunjukkan gejala yang sama, namun purging justru menunjukkan bila kulit wajah cocok dengan skincare yang tengah digunakan.

Jerawat atau komedo yang muncul karena purging juga akan cepat menghilang, biasanya dalam waktu 3-4 minggu. Jadi jangan buru-buru membuang skincare, pastikan dahulu kalau kamu memang mengalami breakout.

2. Berhenti menggunakan skincare yang membuat kamu tiba-tiba mengalami breakout

5 Tips Mengatasi Breakout pada Kulit saat Pertama Mencoba Skincarepexels/rawpixel.com

Biasanya karena penasaran ingin mencoba produk perawatan baru, kamu jadi asal saja mencoba hingga akhirnya menimbulkan breakout. Oleh karena itu, kalau skincare yang baru kamu coba malah memberikan efek negatif secara terus menerus, lebih baik hentikan pemakaian. Bisa jadi kulitmu alergi terhadap salah satu zat yang terkandung dalam skincare tersebut.

3. Jangan exfoliate kulit wajahmu secara berlebihan

5 Tips Mengatasi Breakout pada Kulit saat Pertama Mencoba Skincaremoifavs.com

Rupanya breakout bukan hanya disebabkan karena ketidakcocokan terhadap skincare, tapi juga karena kamu melakukan over exfoliate. Apa itu? Eksfoliasi merupakan salah satu step dalam perawatan wajah yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah tampak lebih cerah.

Hal yang harus diperhatikan adalah kamu tidak boleh terlalu sering melakukan exfoliasi. Idealnya, proses ini hanya boleh dilakukan 1-2 kali seminggu. Bila dilakukan secara berlebihan, kulit lapisan teratas pada wajah akan menjadi tipis dan rentan terhadap kotoran yang menjadi lahan subur tumbuhnya jerawat.

Baca Juga: Asli, 7 Skincare Ini Gak Boleh Ketinggalan Dibawa Saat Travelling Lho!

4. Kompres jerawat yang muncul dengan es batu

5 Tips Mengatasi Breakout pada Kulit saat Pertama Mencoba Skincarestylecraze.com

Jerawat yang tumbuh subur pada wajah tentu membuatmu merasa tak nyaman. Selain tak enak dipandang, jerawat yang meradang juga bisa terasa sakit. Untuk sedikit meredakan jerawat, kamu bisa lakukan kompres dengan menggunakan es batu.

Caranya mudah kok, cukup usapkan es batu yang dibungkus dengan handuk pada wajah yang berjerawat. Trik ini ampuh untuk meredakan peradangan serta membantu mengecilkan pori-pori, lho!

5. Lebih baik pakai makeup natural dulu

5 Tips Mengatasi Breakout pada Kulit saat Pertama Mencoba Skincarepexels/Adrienn

Supaya tidak semakin parah, coba minimalisir penggunaan makeup untuk sementara. Makeup yang tebal dikhawatirkan bisa menyumbat pori-pori yang makin memperparah kondisi kulit wajahmu.

Akan lebih baik bila kamu puasa makeup terlebih dahulu atau paling tidak menggunakan makeup yang tipis serta terbuat dari bahan-bahan alami yang aman untuk kulit sensitif.

Sudah tahu dong bagaimana cara tepat untuk mengatasi breakout? Semoga bisa membantumu, ya!

Baca Juga: 6 Tips dan Trik Rutinitas Skincare Pagi Hari Untuk Kulit Kombinasi

Topic:

  • Ulfa Luthfia Hidayatty
  • Pinka Wima

Just For You