Comscore Tracker

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Uban, Rambut Hitam Legam!

#IDNTimesLife modal bumbu dapur juga bisa

Uban alias rambut putih dalam jumlah banyak, tentu bisa mengganggu penampilan. Jangan salah, uban juga bisa tumbuh di usia muda, loh!

Tak perlu mahal-mahal demi rutin mengecat rambut ke salon, ada bahan alami untuk menghilangkan uban. Murah meriah dan pastinya lebih aman!

1. Aloe vera dan kopi

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Uban, Rambut Hitam Legam!ilustrasi (unsplash.com/pisauikan)

Bukan rahasia kalau Aloe vera alias lidah buaya sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Kamu bisa mencampur Aloe vera dengan pewarna alami, seperti kopi untuk menghilangkan uban.

Sari lidah buaya bisa mempercepat proses pewarnaan tanpa merusak lapisan batang rambut. Caranya bisa dengan mencampur satu mangkuk sari lidah buaya dengan bubuk kopi.

Aplikasikan pada rambut dan kulit kepala. Tunggu selama satu jam kemudian bilas dengan air. Mudah bukan?

2. Minyak kelapa

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Uban, Rambut Hitam Legam!ilustrasi minyak kelapa (unsplash.com/tijana drndarski)

Minyak kelapa punya manfaat melembabkan. Bahan alami ini dapat membantu mengurangi kehilangan protein dari rambut beruban dan menjaganya tetap ternutrisi.

Setiap hari, sebelum tidur, pijat minyak kelapa ke rambut dan kulit kepala. Biarkan semalaman. Keesokan paginya, cuci rambut seperti biasa.

Baca Juga: Kuatkan Rambut, Ini 5 Nutrisi Penting untuk Mengatasi Rambut Rontok

3. Biji wijen hitam

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Uban, Rambut Hitam Legam!biji wijen (pixabay.com)

Bukan cuma digunakan sebagai taburan masakan, biji wijen rupanya bermanfaat untuk menghilangkan uban. Caranya juga cukup sederhana.

Kamu hanya perlu makan satu sendok makan biji wijen hitam 2-3 kali seminggu. Cara ini bisa membantu memperlambat proses beruban.

4. Bawang bombay

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Uban, Rambut Hitam Legam!bawang bombay (unsplash.com/lars blankers)

Bahan lain yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut beruban adalah bawang bombay. Caranya dengan mengaluskan bawang merah dalam blender.

Saring sehingga tersisa jusnya. Dua kali seminggu, gosokkan jus ini ke kulit kepala, biarkan selama 30 menit, dan kemudian keramas seperti biasa.

5. Teh hitam

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Uban, Rambut Hitam Legam!ilustrasi daun teh (pexels.com/fotografierende)

Sama seperti kopi, teh hitam ternyata bisa membantu menyingkirkan uban, lho! Bahan yang dibutuhkan hanya dua, yakni 2 sendok makan daun teh kering dan air.

Seduh teh seperti biasa, biarkan hingga suhunya tidak panas. Saring teh, kemudian gunakan airnya untuk membasuh rambutmu. Bisa juga dengan memasukkan teh ke dalam botol spray, kemudian semprotkan ramuan tadi ke seluruh rambut.

Dari serangkaian bahan alami penghilang uban di atas, mana nih yang penasaran untuk kamu coba? Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Baca Juga: 9 Warna Rambut yang Cocok untuk Rambut Pendek, Makin Hits Dipandang!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya