Comscore Tracker

Murah Meriah, 5 Bahan Alami ini Efektif Merawat Bibir Kering

Tak perlu lagi khawatir saat pakai lipstik matte!

Siapa di antara kamu yang memiliki bibir kering? Kondisi bibir kering ini memang mengganggu penampilan. Terlebih saat akan menggunakan lipstik. Permukaan bibir yang kering bikin lipstik yang kamu gunakan sulit diaplikasikan secara maksimal. Kamu pun harus lebih hati-hati dan tak bebas dalam memilih lipstik. Soalnya kalau salah pilih, bibirmu justru terlihat pecah-pecah yang pastinya bikin penampilan jadi gak oke.

Selain menggunakan lip balm, sebenarnya ada beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi bibir kering. Apa saja? Yuk, catat bahan-bahannya berikut ini.

1. Campuran air lemon dan madu

Murah Meriah, 5 Bahan Alami ini Efektif Merawat Bibir Keringfreepik.com

Bahan alami yang bisa kamu gunakan adalah madu dan perasan air lemon. Madu sudah lama dikenal sebagai bahan alami yang mampu melembapkan kulit. Buat masker bibir dengan mencampur 1 sdt madu dan 1 sdt perasan air lemon. Aplikasikan pada bibir dan biarkan selama 10 menit sebelum dibilas. Selain melembapkan, masker ini juga bisa membuat bibir hitam tampak lebih cerah.

2. Gula untuk scrubbing bibir

Murah Meriah, 5 Bahan Alami ini Efektif Merawat Bibir Keringfreepik.com/peenat

Salah satu faktor penyebab bibir kering dan pecah-pecah adalah penumpukan sel kulit mati. Oleh karena itu, kamu wajib melakukan scrubbing bibir untuk mengangkat sel kulit mati ini. Kamu pun bisa membuat scrub bibir di rumah dengan bahan dapur, yakni gula!

Caranya juga simpel banget, cukup siapkan 1 sdt gula putih atau bisa juga menggunakan brown sugar. Kemudian, campur dengan beberapa tetes minyak zaitun dan 1/2 sdt madu. Aduk semua bahan namun jangan sampai gula larut. Aplikasikan pada bibir sambil diusap dengan gerakan melingkar. Setelah kotoran dan sel kulit mati terangkat, bilas menggunakan air hangat.

Baca Juga: Dari Hobimu, Kami Tahu Jenis Lipstik Apa yang Paling Cocok Buatmu

3. Teh hijau

Murah Meriah, 5 Bahan Alami ini Efektif Merawat Bibir Keringfreepik.com

Treatment dengan teh hijau ini juga simpel banget untuk dilakukan. Kamu hanya perlu mencelupkan satu kantung teh hijau ke dalam air hangat. Setelah itu, tempelkan teh hijau tersebut pada bibir, biarkan selama beberapa menit. Teh hijau mengandung antioksidan dan tannis yang baik untuk memberikan kelembapan pada kulit bibir yang kering. 

4. Mentimun

Murah Meriah, 5 Bahan Alami ini Efektif Merawat Bibir Keringfreepik.com

Mentimun merupakan sayuran yang punya kandungan air yang tinggi. Tak heran bila mentimun bisa digunakan untuk mengatasi bibir yang kering. Caranya juga sederhana, cukup iris mentimun menjadi beberapa bagian. Tempelkan pada area bibir sambil diusap perlahan selama kurang lebih 2 menit.

Diamkan selama 10 menit agar air dari mentimun meresap ke dalam kulit. Kamu juga bisa membuat masker dengan cara menghancurkan timun kemudian diaplikasikan pada bibir. Untuk hasil maksimal kamu bisa lakukan treatment ini 1-2 kali sehari.

5. Minum air putih yang cukup

Murah Meriah, 5 Bahan Alami ini Efektif Merawat Bibir Keringfreepik.com

Perawatan bibir kering bukan hanya penting dilakukan dari luar, tapi juga dari dalam. Sebagus apa pun lip balm yang kamu pakai akan sia-sia bila asupan air dalam tubuh kurang. Minum air putih penting untuk membuat tubuhmu terhidrasi. Cara sederhana ini juga mampu menjaga kelembapan bibir sehingga tidak mudah kering dan pecah-pecah!

Itulah bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatan bibir yang kering dan pecah-pecah. Semoga bisa membantu, ya! Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Lip Tint Korea Paling Populer, Sudah Punya?

Topic:

  • Ulfa Luthfia Hidayatty
  • Elfida

Just For You