Jadi Tren Kecantikan, Ini 7 Fakta Unik tentang Freckles

#GirlThing sudah tahu belum sebenarnya apa itu freckles?

Punya wajah cantik yang mulus dan bebas dari flek hitam, kerutan, dan bekas jerawat menjadi impian semua cewek. Tak jarang, banyak dari kita yang menggunakan makeup seperti foundation untuk menutupi kekurangan yang ada pada kulit wajah.

Eits, tapi sekarang tren kecantikan wajah alami yang menonjolkan natural beauty justru sedang digemari. Salah satu tren makeup yang sedang hits adalah freckles. Jika dulu freckles dianggap sebagai hal yang mengganggu, sekarang banyak wanita yang pede tampil dengan freckles.

Sudah banyak beauty influencer yang tampil dengan freckles di wajahnya. Bahkan mereka yang tak punya freckles rela menggunakan makeup untuk membuat bintik pada wajahnya. Sebelum kamu ikut-ikutan tren, yuk simak 7 fakta unik tentang freckles ini, girls!

1. Apa itu freckles?

Jadi Tren Kecantikan, Ini 7 Fakta Unik tentang FrecklesUnsplash/Vinicius Henrique

Freckles merupakan bintik kecokelatan yang muncul dipermukaan kulit sebagai pengaruh paparan sinar UV dari matahari. Tak hanya di wajah, freckles bisa muncul di berbagai bagian tubuh, terutama yang sering terkena sinar matahari.

Freckles merupakan bawaan genetik. Bintik ini muncul sebagai bentuk pertahanan dari kulit yang terpapar sinar matahari. Freckles juga bisa jadi pertanda bahwa kulitmu sensitif terhadap sinar matahari.

2. Bukan bawaan dari lahir

Jadi Tren Kecantikan, Ini 7 Fakta Unik tentang FrecklesUnsplash/Joe Robles

Banyak yang salah kira bahwa freckles adalah bawaan dari lahir. Meski diturunkan secara genetik, kenyataannya tidak ada bayi yang terlahir dengan freckles.

Dilansir dari marieclaire.com, menurut dermatologis bernama Rachel Nazarian, freckles bukanlah bawaan dari lahir karena freckles murni disebabkan oleh paparan sinar matahari.

3. Jenis-jenis freckles

Jadi Tren Kecantikan, Ini 7 Fakta Unik tentang Frecklesranker.com

Terdapat dua jenis freckles yaitu ephilides dan lentigines. Ephilides merupakan jenis bintik yang muncul pada wajah akibat paparan sinar matahari yang bersifat temporal. Oleh karena itu, biasanya ephilides terlihat jelas saat musim panas dan akan memudar bahkan hilang di musim dingin.

Lain halnya dengan lentigines yang biasanya muncul pada kulit orang dewasa dengan bentuk bintik yang lebih besar dan warna yang jelas. Bintik tipe ini tidak akan memudar meskipun di musim dingin.

4. Freckles adalah tabir surya alami

Jadi Tren Kecantikan, Ini 7 Fakta Unik tentang FrecklesUnsplash/Zulmaury Saavedra

Dalam tubuh kita, terdapat zat bernama melanosit yang bertindak sebagai tabir surya alami. Melanosit ini akan membuat bagian kulit menjadi lebih gelap sebagai bentuk proteksi sehingga kulit tidak rentan terhadap sinar UV.

Eits, tapi bukan berarti kamu harus skip menggunakan sunscreen, ya. Penggunaan sunscreen tetap perlu dilakukan sebagai upaya proteksi ganda untuk kulitmu. So, jangan lagi malas pakai tabir surya!

5. Freckles tidak berbahaya bagi tubuh

Jadi Tren Kecantikan, Ini 7 Fakta Unik tentang Frecklesfree-hairstyles.com

Kalau kamu memiliki freckles, jangan takut! Meskipun freckles terbentuk akibat paparan sinar matahari, sebenarnya bintik cokelat ini tidaklah berbahaya. Freckles hanya bertindak sebagai perlindungan alami untuk kulitmu.

Namun, bila kamu merasa bintik yang muncul pada kulitmu mulai dirasa tak wajar, kamu bisa langsung konsultasikan kepada dokter kulit.

6. Dulu dianggap aib, sekarangmenjadi tren kecantikan

Jadi Tren Kecantikan, Ini 7 Fakta Unik tentang Frecklesinstyle.mx

Dahulu, freckles dianggap sebagai kekurangan yang harus ditutupi. Bintik-bintik yang muncul di sekitar wajah ini membuat seseorang dipandang tidak cantik. Namun, sekarang justru banyak pakar kecantikan yang menganggap freckles sebagai bentuk natural beauty yang tak harus ditutupi.

Megan Markle menjadi salah satu publik figur yang memopulerkan tren freckles. Di hari pernikahannya, ia tidak berusaha menutupi bintik pada wajahnya. Akhirnya Meghan berhasil menarik perhatian serta menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk lebih percaya diri tanpa harus tampil serba sempurna.

7. Fake freckles makeup dan freckles tato

Jadi Tren Kecantikan, Ini 7 Fakta Unik tentang FrecklesYoutube.com/sonjdradeluxe

Tren kecantikan yang memopulerkan freckles akhirnya membuat banyak orang berlomba-lomba menunjukkan freckles mereka. Bahkan mereka yang tak memiliki freckles rela untuk memberikan perhatian lebih untuk membuat bintik palsu.

Saat ini, sudah banyak sekali beauty vlogger yang mengunggah tips dan tutorial membuat fake freckles ini. Bahkan kamu juga bisa membuat freckles dengan teknik tato sehingga bintik pada wajahmu bisa bertahan lama!

Sekarang sudah mengerti dong apa sebenarnya freckles itu? Mulai sekarang jangan lagi kamu minder bila punya banyak bintik cokelat di wajahmu. Terbukti kan, bila apa yang selama ini kamu anggap sebagai kekurangan ternyata bisa dianggap cantik untuk orang lain.

Ulfa Luthfia Photo Community Writer Ulfa Luthfia

music and art enthusiast.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You