Comscore Tracker

5 Alasan Women Empowerment Itu Bisa Bikin Cewek Bahagia Banget

Jangan lupa aktualisasi diri, Girls!

Para cewek memang punya cara sendiri untuk bahagia. Jalan-jalan, mengikuti kajian agama, nonton film favorit, belanja dan hangout adalah sederet aktivitas yang umumnya disukai oleh para cewek ketika liburan atau senggang. Mereka bisa santai dan bebas dari kesibukan monoton sejenak. Mereka punya waktu kosong yang bisa dimanfaatkan untuk bersenang-senang meskipun singkat. Setidaknya, ada hal berbeda yang bisa mereka kerjakan dengan senang hati.

Nyatanya, bukan hanya hal itu yang bisa bikin para cewek bahagia. Ketika beranjak dewasa dan mengerti sedikit tentang sistem kehidupan dalam dunia, mereka juga tertarik dan berkeinginan punya kontribusi terhadap masalah di sekitar. Sebagaimana laki-laki, para wanita juga punya impian dan cita-cita besar. Ketika mereka berkesempatan menempuh jalan untuk menggapainya, titik bahagia juga akan muncul di sana.

Women empowerment atau pemberdayaan perempuan adalah istilah yang mewakili seorang perempuan yang memiliki semangat untuk menyalurkan potensi dan passion diri melalui bidang yang mereka minati dan kuasai.

Nah, kamu ingin tahu mengapa women empowerment bisa bikin wanita bahagia? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Punya ruang ekspresi dan aktualisasi diri

5 Alasan Women Empowerment Itu Bisa Bikin Cewek Bahagia Bangetunsplash/ArtemBali

Siapa yang tidak bahagia ketika diberi kesempatan melakukan apa yang mereka mau? Tidak terkecuali perempuan dan potensi dirinya. Tuhan menitipkan bakat dan potensi diri pada setiap manusia yang lahir baik laki-laki maupun perempuan. Mereka membutuhkan ruang untuk menyalurkan ekspresi dan aktualisasi diri agar lebih berdayaguna.

Suatu saat mereka akan tahu apa yang mereka mau. Walau pada akhirnya tidak semuanya memilih untuk mengikuti panggilan jiwanya. Memang sudah menjadi fitrah ketika manusia mengambil pilihan yang sesuai nurani akan menimbulkan rasa lega dan bahagia, tanpa peduli akan risiko yang dihadapi.

2. Punya kesempatan berkarier sesuai pilihan

5 Alasan Women Empowerment Itu Bisa Bikin Cewek Bahagia Bangetunsplash/KennyIuo

Ketika perempuan diberdayakan, maka akan muncullah potensi diri yang selama ini tidak terlihat. Mereka tak luput dari impian dan cita-cita yang tersimpan sejak lama. Saat potensi diri bertemu dengan impian serta peluang, bukan tidak mungkin para perempuan bisa menemukan karir yang tepat untuk diri mereka.

Berkarier sesuai pilihan hati dan pertimbangan matang akan membuat seseorang lega dan menikmati hari-harinya. Ketika rasa bosa mendera, selalu ada cara untuk kembali bersemangat. Khusus perempuan, mereka bisa memilih untuk berkarir di luar maupun dalam rumah. Selama bisa merasa enjoy, tentu tidak masalah di mana pun tempatnya.

Baca Juga: Sering Bikin Salah Paham, Ini Lho Makna 5 Sifat Cewek Petualang

3. Merasakan waktu-waktu yang bermakna

5 Alasan Women Empowerment Itu Bisa Bikin Cewek Bahagia Bangetunsplash/NicolaiBernsten

Saat kamu bekerja atau melakukan aktivitas yang tidak sesuai dengan minat dan passion, biasanya akan timbul rasa malas, lesu, mudah jenuh, dan kehilangan orientasi. Tentu, efek buruk tersebut juga berpengaruh pada kualitas dalam bekerja atau beraktivitas. Hasilnya, bekerja asal-asalan, tidak disiplin, dan sering ditinggalkan. Hari-harimu pun jadi tidak bermakna.

4. Bermanfaat untuk orang lain

5 Alasan Women Empowerment Itu Bisa Bikin Cewek Bahagia Bangetunsplash/MimiThian

Letak bahagia seseorang tak hanya ketika dia bisa menumpuk harta, tapi juga saat mampu berbagi pada sesama dan orang yang membutuhkan. Ada kepuasan batin yang dapat dicapai sehingga naluri memberi dan ingin berguna untuk orang lain muncul dengan sendirinya. 

Hal itu juga menjadi bagian dari fitrah manusia. itu sebabnya, banyak orang yang mudah memberikan barang atau sharing pengetahuan tanpa mengharap imbalan pada teman, kerabat atau keluarganya.

5. Menjadi manusia seutuhnya

5 Alasan Women Empowerment Itu Bisa Bikin Cewek Bahagia Bangetunsplash/NoahSilliman

Mengapa manusia harus berbuat baik? Sebab, kebaikan adalah fitrah manusia. Kebaikan juga selalu mampu mengembalikan seseorang menjadi pribadi 'manusia' seutuhnya. Begitu juga saat seseorang memilih bekerja, belajar atau berkarir sesuai dengan minat dan panggilan hatinya. 

Pada dasarnya, mereka sedang menuju jalan yang membuat mereka menjadi manusia seutuhnya. Minat dan panggilan jiwa adalah hal yang Tuhan titipkan dalam diri masing-masing. Di sanalah kebahagiaan hadir tanpa bisa dibohongi.

Nah, itulan alasannya women empowerment bisa bikin para perempuan bahagia dengan pilihan hidupnya. Yuk, kita berdayakan diri!

Baca Juga: 6 Sifat Ini Jadi Ciri Cewek Mandiri, Kamu Termasuk? 

Uswatun Niswi Photo Verified Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya