Comscore Tracker

7 Tips Riasan Flawless dari MUA di KDrama, Glowing Maksimal!

Ada idol trainee yang banting stir jadi MUA #WaktunyaKorea  

Dewasa ini, banyak drama Korea yang mengangkat berbagai tema yang relatable dengan rutinitas sehari-hari. Salah satunya adalah makeup yang sudah menjadi gaya hidup bagi pemakainya. Makanya, drakor yang mengusung dunia kosmetik pun kerap booming dan menjadi favorit KDrama lovers.

Selain punya plot yang seru, KDrama pengangkat isu estetika wajah juga dimeriahkan oleh para beauty enthusiast yang siap membagikan tips bersolek atau berdandan. Apa saja, ya? Yuk, cari tahu rahasianya melalu uraian lengkap berikut!

1. Jangan ragu belajar dari mentor yang ahli      

7 Tips Riasan Flawless dari MUA di KDrama, Glowing Maksimal!Dok. JTBC/18 Again (via tv.jtbc.joins.com)

Mulanya, Hong Dae Young (Lee Do Hyun) di drakor 18 Again kaget mengetahui putrinya, Hong Si Ah (Roh Jeong Eui) bekerja part time sepulang sekolah. Alih-alih bersiap untuk kuliah, gebetan Goo Ja Sung (Hwang In Yeop) ini mengumpulkan uang untuk bergabung dengan akademi makeup.

Meski bisa dipelajari secara otodidak, menggaet pengalaman langsung dari orang yang telah menelan asam garam dunia kecantikan lebih bermanfaat bagi kamu yang ingin berprofesi sebagai juru rias. Adapun banyak sub kategori yang bisa dipelajari, seperti commercials, weddings, photos, hingga special effects. Menarik bukan?

2. Selalu memastikan 'alat' dan 'kanvas' tetap steril 

7 Tips Riasan Flawless dari MUA di KDrama, Glowing Maksimal!Dok. tvN/Record of Youth (via program.tving.com)

Kabohidrat termasuk makronutrien, yakni nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah banyak (makro). Namun, asupan berlebihan juga bisa menaikkan kadar gula darah. Akibatnya, kulit menjadi berminyak dan mudah berjerawat.

Maka dari itu, penting untuk membasuh wajah dan mengenakan masker terlebih dulu. Wajah lembap menjadi 'kanvas' yang baik untuk fondasi flawless makeup.  

Tangan adalah 'alat' bagi MUA. Sebab itu, Ahn Jeong Ha di drama Korea Record of Youth memakai hand sanitizer sebelum merias kliennya. Brush serta sponge juga harus rutin dibersihkan untuk mencegah perkembangbiakan bakteri.

Baca Juga: 9 Ide Makeup Taeyeon SNSD, Cocok untuk Makeup Sehari-hari!

3. Jangan takut berimprovisasi      

7 Tips Riasan Flawless dari MUA di KDrama, Glowing Maksimal!dramabeans.com

Pekerjaan sebagai special effects make-up artist mewajibkan Eom Da Da beradaptasi dengan perubahan jadwal shooting yang mendadak. Dia dituntut untuk menyajikan riasan maksimal dalam waktu singkat di KDrama My Absolute Boyfriend

Gebetan Zero Nine (Yeo Jin Goo) ini juga mampu berimprovisasi dengan alat apa adanya. Bakat inilah yang membuat mantan pacar Ma Wang Joon (Hong Jong Hyun) bertahan di industri tata rias selama lebih dari sepuluh tahun.

4. Jangan menganggap riasan hanya untuk mempercantik diri 

7 Tips Riasan Flawless dari MUA di KDrama, Glowing Maksimal!dramabeans.com

Han Soo Yeon (Kim Bo Ra) rupanya menjadi idol trainee selama 10 tahun sebelum mengikuti ajang survival pembentukan girl group di KDrama Touch. Meski memperoleh peringkat tiga teratas, karyawan Cha Jung Hyuk (Joo Sang Wook) ini gagal debut karena konspirasi agensi. 

Bagi Soo Yeon, bersolek bukan semata-mata untuk menutupi kekurangan saja, melainkan sebuah kenyamanan yang didapatkan setelah memakainya. Maka dari itu, kawan Kang Do Jin (Lee Tae Hwan) ini menjadi juru rias selepas gagal meneruskan mimpi ibunya. 

5. Menguasai teknik dasar pengaplikasian  

7 Tips Riasan Flawless dari MUA di KDrama, Glowing Maksimal!dramabeans.com

Kesuksesan gak didapat dalam sekali coba, begitu pula dengan Lim Joo Gyung (Moon Ga Young) dalam True Beauty. Saat pertama kali merias wajah, dia belum menguasai teknik pemakaian yang benar. Dengan berlatih secara rutin, cinta pertama Lee Su Ho (Cha Eun Woo ASTRO) ini bisa menyamarkan kekurangan wajahnya.

Flawless makeup berfokus pada teknik yang mendetail untuk menutupi celah di wajah. Mulai dari keserasian warna lipstick dengan skintone hingga tingkat coverage yang pas. Asal tekun berlatih, gak akan sulit untuk mengaplikasikan kosmetik dengan benar.

6. Alih-alih menyesal, berusahalah untuk belajar dari pengalaman 

7 Tips Riasan Flawless dari MUA di KDrama, Glowing Maksimal!Dok. tvN/Flower of Evil (via program.tving.com)

Do Hae Soo sempat berkonflik dengan kepala desa karena berbagi DNA dengan sang pembunuh berantai, Do Min Seok (Choi Byung Mo). Alih-alih terpuruk dalam masa lalu, Do Hae Soo (Jang Hee Jin) bangkit untuk mengejar passion sebagai penata rias efek khusus di KDrama Flower of Evil.

7. Skincare lebih penting dari makeup karena memakai riasan tebal dapat merangsang tanda-tanda penuaan dini

7 Tips Riasan Flawless dari MUA di KDrama, Glowing Maksimal!kpopmap.com

Lee Bong Ju (Han Ji Eun) adalah skincare enthusiast yang mengelola salon perawatan wajah di web drama beautiology101. Selepas bergabung dengan K-Beauty School, dia menjadi teman sekelas Nam Gung Won (Kim Jae Young) dan Jung Hae In (Lee Chul Woo). Karena pengetahuannya masih minim, kedua senior tersebut membantunya beradaptasi. 

Saat mengeksplor dunia tata rias, Bong Ju tetap berpegang pada mindset 'Wajahmu adalah hatimu yang sebenarnya'. Bahkan produk makeup yang berkualitas tinggi, bila digunakan secara berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Itulah mengapa penting untuk membatasinya pada satu atau dua produk serta merawat kulit secara teratur.

Itu dia tujuh rahasia flawless makeup dari para perempuan bertangan emas di KDrama. Ulasan di atas bisa membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan bersolek, ya. Lantas, apakah kamu tertarik mengikuti kiat mereka? Yuk, share aspirasimu di kolom komentar! 

Baca Juga: Prediksi Tren Makeup dan Skincare 2021, Siap Menuju Glowing!

Light Tine Photo Writer Light Tine

Dalam perjalanan mengubah takdir

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya