Comscore Tracker

5 Tips untuk Membersihkan Wajah di Malam Hari, Gak Sulit! 

Jangan sampai lupa dibersihkan, ya! 

Membersihkan wajah sebelum tidur merupakan ritual wajib bagi siapapun, tak terkecuali untuk para cewek. Wajah yang seharian terkena make up, keringat, dan polusi akan menempel pada wajah jika tidak dibersihkan bisa menimbulkan beberapa masalah kulit, seperti komedo, kulit yang kusam, hingga jerawat parah.

Karena itu, penting banget untuk tahu tips ampuh bagaimana, sih, cara membersihkan wajah yang tepat di malam hari. Gak sulit, langsung simak sederet tipsnya berikut ini, ya!

1. Bersihkan wajah dengan cleansing oil

5 Tips untuk Membersihkan Wajah di Malam Hari, Gak Sulit! ilustrasi seorang wanita mengaplikasikan cleansing oil (pexels.com/Shiny Diamond)

Tahap awal untuk membersihkan wajah adalah dengan penggunaan cleansing oil. Produk ini bisa menghapus make up waterproof sekaligus mengangkat kotoran yang menempel pada wajah.

Penggunaan produk satu ini termasuk dalam tahapan double cleansing berurutan dengan face wash sehingga gak boleh di-skip. Aplikasikan saat wajah dalam kondisi kering, ya! Sebaiknya pilih yang sesuai dengan tipe kulit untuk menghindari terjadinya iritasi. 

2. Mulai hapus make up dari kedua mata 

5 Tips untuk Membersihkan Wajah di Malam Hari, Gak Sulit! ilustrasi seorang wanita membersihkan wajah (pexels.com/Sora Shimazaki)

Selanjutnya mulai hapus make up pada area mata terlebih dulu. Mata merupakan bagian wajah yang cukup sulit untuk dibersihkan, terlebih lagi sehabis memakai riasan, seperti eyeliner dan maskara yang waterproof.

Caranya yaitu dengan menempelkan kapas pada salah satu mata selama beberapa detik, lalu usap secara perlahan. Jika kedua mata sudah bersih, lanjutkan untuk membersihkan area dahi, pipi, dan dagu. Kemudian pijat lembut kulit wajah hingga make up luntur. Ingat untuk mengusapnya perlahan dan bukan digosok-gosok, ya! 

Baca Juga: 5 Tips Membersihkan Wajah Secara Benar, Cowok Wajib Tahu!

3. Basahi wajah dengan air hangat

5 Tips untuk Membersihkan Wajah di Malam Hari, Gak Sulit! ilustrasi seorang wanita sedang membasuh wajah (pexels.com/Vitoria Santos)

Jika ingin hasil yang lebih maksimal, kamu juga bisa membasuh wajah dengan air hangat. Perlu diingat untuk selalu memperhatikan suhu air yang akan dipakai agar tidak terlalu panas.

Step ini akan sangat membantu dalam  membersihkan sisa-sisa busa atau kotoran yang masih menempel pada wajah. Terlebih jika cuaca dalam kondisi dingin, cara satu ini nikmat banget untuk dicoba, lho. Basahi seluruh area wajah dengan air hangat dan bersihkan hingga menyeluruh.

4. Cuci bersih wajah dengan face wash 

5 Tips untuk Membersihkan Wajah di Malam Hari, Gak Sulit! ilustrasi mencuci wajah (pexels.com/KoolShooters)

Keempat, cuci wajah dengan face wash yang sesuai dengan jenis kulit. Meskipun sudah menghapus make up dengan cleansing oil, kamu tetap perlu membersihkan wajah dengan face wash. Produk satu ini adalah rangkaian kedua dari metode double cleansing yang akan membantu dalam mengangkat residu yang masih menempel di wajah.

Caranya adalah dengan membasahi wajah, lalu keluarkan produk secukupnya. Buatlah busa terlebih dulu sebelum mengaplikasikan pada wajah. Perlu diingat, lakukan gerakan memutar sambil memijat kulit wajah dengan lembut. Jika sudah, bilas wajah menggunakan air biasa.

5. Aplikasikan pelembab dan eye cream

5 Tips untuk Membersihkan Wajah di Malam Hari, Gak Sulit! ilustrasi seorang wanita sedang membilas wajah (pexels.com/Miriam Alonso)

Terakhir, kamu bisa aplikasikan moisturizer dan eye cream, nih. Memang dua produk ini bukan termasuk kedalam rangkaian untuk membersihkan wajah. Namun, moisturizer sangat bermanfaat untuk melembabkan kembali kulit yang mengering setelah mencuci wajah.

Adapun eye cream berguna untuk menutrisi kulit sekitar area mata yang kelelahan dan super kering. Penggunaan produk tersebut di malam hari lebih tepat karena biasanya eye cream cenderung bertekstur padat dan lengket sehingga agak mengganggu saat dipakai pada siang hari.

Itulah 5 tips mudah membersihkan wajah di malam hari. Cukup mudah untuk diikuti, bukan? Jadi, gak ada lagi alasan untuk malas membersihkan wajah sebelum tidur, ya! Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 8 Sampo Khusus Perawatan Rambut Berwarna, Rambut Sehat dan Berkilau

St Martynaa Photo Verified Writer St Martynaa

Suka membaca, menulis, merangkai kalimat sambil menikmati secangkir coklat hangat! Follow me @ryetinakiee

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya