Comscore Tracker

5 Kebiasaan yang Sering Bikin Wajah Breakout 

Kamu melakukan tanpa sadar, nih!

Sadarkah kamu kalau breakout wajah biasa terjadi pada setiap orang. Istilah tersebut digunakan untuk menyebut suatu kondisi kulit saat terjadi sejumlah masalah. Seperti peradangan, komedo, rasa gatal yang disebabkan reaksi dari kandungan produk skincare yang gak sesuai dengan jenis kulit.

Begitupun perubahan hormon yang justru menambah produksi minyak dan menyumbat pori-pori sehingga memicu jerawat. Nah, kondisi ini biasanya juga berasal dari kebiasaan yang sering dilakukan tanpa sadar, nih. Apa sajakah itu?

1. Sering menyentuh wajah 

5 Kebiasaan yang Sering Bikin Wajah Breakout ilustrasi kebiasaan menyentuh wajah (pexels.com/Chalo Garcia)

Pertama ada kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan. Sebenarnya gak ada salahnya dengan hal ini, namun apa kamu sadar kalau tanganmu itu bersih? Hal inilah yang sering di diingatkan oleh banyak beauty advisor untuk tidak sering menyentuh wajah terlalu sering dalam keadaan tangan belum bersih.

Karena tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang aktif bergerak dan sering memegang barang apapun. Bisa bayangkan jika tanganmu sekotor apa jika sebelum dicuci.

2. Mengupas bibir kering dengan paksa 

5 Kebiasaan yang Sering Bikin Wajah Breakout ilustrasi eksfoliasi bibir (pexels.com/Polina Kovaleva)

Memang benar jika bibir kering sangat mengganggu penampilan, tapi bukan berarti harus mengupas bibir yang mengering dengan paksa. Sayangnya banyak yang masih melakukan hal tersebut, nih.

Jika dibiarkan terus bibirmu akan terasa perih, iritasi bahkan hingga luka duh gak mau, kan. Nah, kalau ingin membuang kulit kering ada baiknya lakukan eksfoliasi secara rutin minimal seminggu sekali. Gunakan scrub khusus bibir yang bisa mengangkat kulit bibir kering. 

Baca Juga: 5 Tips Memakai Sheet Mask agar Wajah Jadi Glowing Maksimal

3. Malas membersihkan wajah di malam hari 

5 Kebiasaan yang Sering Bikin Wajah Breakout ilustrasi tidur dengan riasan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hayo siapa nih yang sering lupa hapus makeup di malam hari? Wajar jika kamu sangat mengantuk dan merasa lelah setelah beraktivitas seharian. Namun, lebih baik untuk membersihkan wajah terlebih dulu.

Sebab selama satu hari penuh wajah terkena keringat dan debu yang menempel, loh. Hal ini jika dibiarkan saja, bisa memperparah wajah seperti jerawat, kulit kusam, dan lain-lain.

4. Memencet jerawat atau komedo 

5 Kebiasaan yang Sering Bikin Wajah Breakout ilustrasi kebiasaan menyentuh jerawat (pexels.com/Anna Nekrashevich)

Satu lagi kebiasaan sering yang bikin wajah makin breakout adalah dengan memencet paksa jerawat atau komedo. Mungkin sebagian mengira dengan menekan jerawat maupun komedo akan lebih cepat hilang dari wajah. 

Sebaliknya hal tersebut malah membuat parah kondisi kulit apalagi jika dilakukan dengan tangan yang gak bersih. Sebaiknya gunakan porepact atau lotion gel khusus untuk mengatasi masalah kulit berjerawat.

5. Menggosok wajah terlalu keras 

5 Kebiasaan yang Sering Bikin Wajah Breakout ilustrasi membersihkan wajah (pexels.com/Shiny Diamond)

Terakhir adalah menggosok wajah terlalu keras yang bisa membuat kulit jadi kaku dan semakin iritasi. Sebenarnya kulit hanya perlu dibersihkan dengan lembut bukan digosok, loh.

Sebab lapisan kulit terluar bisa mengupas dan rentan terjadi iritasi jika keseringan digosok keras. Untuk itu coba gunakan tangan sambil dipijat perlahan atau bisa gunakan spons atau handuk lembut yang sebelumnya telah dibasahi air, usapkan lembut.

Itulah lima kebiasaan yang sering menyebabkan kulit makin breakout. Jika gak mau hal ini terjadi pada wajahmu, segera hindari dan sebaiknya lakukan perawatan kulit dengan tepat, ya!

Baca Juga: 5 Morning Skincare untuk Kulit Wajah Lebih Cerah dan Lembab 

St Martynaa Photo Verified Writer St Martynaa

Suka membaca, menulis, merangkai kalimat sambil menikmati secangkir coklat hangat! Follow me @ryetinakiee

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya