Comscore Tracker

5 Cara Murah buat Mengecilkan Pori-Pori di Wajah, Ada yang Pakai Air!

Mengecilkan pori-pori gak harus datang ke klinik estetika!

Pori-pori besar adalah masalah besar kalau kamu berdandan setiap hari. Penampilan pori-pori ini bisa bikin makeup tidak rata dan mulus. Selain itu, pori-pori besar identik dengan produksi sebum dan minyak yang berlebih serta jerawat. Gak nyaman banget, kan? Makanya, ikutin yuk cara mengecilkan pori-pori di wajah berikut ini! Pasti nyenengin, deh!

1. Selalu sediakan es batu dalam cetakan kotak di rumah. Kamu bisa menjadikannya masker sebelum tidur atau menutup pori-pori sebelum berdandan

5 Cara Murah buat Mengecilkan Pori-Pori di Wajah, Ada yang Pakai Air!tieudunghiendai.com

Es dikenal sebagai solusi kulit yang sangat murah dan efektif. Mulai dari mengurangi peradangan, demam, kulit berjerawat, hingga mengencangkan kulit mampu diatasinya. Untuk takaran yang tepat, ada baiknya kamu menggunakan cetakan es batu kubus. Setiap malam, gunakan untuk mengompres wajah sebanyak satu kubusnya. Biarkan sampai kering.

Kamu juga bisa mengompres wajahmu dengan es batu sebelum berdandan. Letakkan kubus es tadi ke wajah dan biarkan selama 15-30 detik. Keringkan wajah dan baru berdandan. Niscaya, makeup kamu bakal terlihat lebih mulus.

2. Konon, lidah buaya juga dapat menyegel pori-pori di parasmu agar tidak melebar bebas. Selain itu, sensasinya juga dingin di kulit

5 Cara Murah buat Mengecilkan Pori-Pori di Wajah, Ada yang Pakai Air!baomoi.com

Tak cuma mendinginkan dan menyegarkan, ada efek pembersihan yang bisa kamu dapat dari lidah buaya. Langkah awalnya adalah menyiapkan gel lidah buaya. Gosokkan ke wajah selama lima menit. Lalu, biarkan gel tersebut mengering. Jika sudah, wajahmu tinggal dicuci dengan air dingin.

Kalau kamu mau, air lemon juga bisa dicampurkan ke dalam gel. Lemon punya kandungan vitamin C yang efektif untuk mencerahkan wajah serta menghilangkan noda-noda hitam.

3. Beragam buah bisa kamu jadikan bubur dan dioleskan ke muka. Selain pori-pori yang lebih terkendali, wajah bakal lebih bercahaya

5 Cara Murah buat Mengecilkan Pori-Pori di Wajah, Ada yang Pakai Air!pexels.com/Trang Doan

Mengapa menggunakan buah? Ini karena buah punya manfaat untuk menghidrasi kulit. Setelah terhidrasi, kulit bakal lembab dan bercahaya. Buah juga akan menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk, menyebabkan sumbatan pada pori, dan berakhir pada pori yang membesar. 

Caranya mudah sekali. Kamu hanya perlu membuat bubur buah-buahan dari jeruk, pisang, semangka, pepaya, nanas, strawberry, anggur, atau buah apa pun yang mudah kamu dapatkan. Setelah campurannya cukup halus, balurkan pada wajah dan pijat pelan-pelan wajahmu. Terakhir, bilas jika sudah terasa agak mengering.

Baca Juga: Gak Cuma Langsing, Ini 10 Inspirasi Gaya Hidup Sehat Ala Tiffany Soi

4. Selain membuat pori-pori terkendali, putih telur bisa mengangkat komedo yang bandel beserta minyak yang bersarang

5 Cara Murah buat Mengecilkan Pori-Pori di Wajah, Ada yang Pakai Air!iconstyle.al

Masker putih telur memang telah lama dikenal sebagai pemberantas komedo dan mengangkat minyak berlebih. Dengan begitu, pori-pori yang terbuka juga akan mengecil. Pertama, pisahkan putih dan kuning telur. Ambil putihnya dan kocok. Setelah merata, oleskan pada wajah dan biarkan mengering.

Kalau mau mengurangi aroma amis, membuat kocokan lebih kental, sekaligus memberi efek cerah, tambahkan saja air lemon atau oatmeal. Dan untuk mempermudah pembersihan, letakkan kertas tisu untuk mengelupas campuran tadi ketika mengering. Setelah 30 menit, mukamu bisa digosok dan dicuci deh!

5. Uap air adalah trik jitu untuk membuka pori-pori. Pasca pori dibuat terbuka, tutup lagi dengan percikan air dingin

5 Cara Murah buat Mengecilkan Pori-Pori di Wajah, Ada yang Pakai Air!elle.vn

Cara ini cukup unik dan mirip dengan langkah-langkah facial. Bedanya, penggunaan aneka skincare (masker, peeling cream) tidak selalu diperlukan. Untuk menutup pori-pori, kamu bisa mencuci wajah terlebih dahulu. Setelah wajah dikeringkan, membiarkan pori-pori terbuka dengan mengalirkan uap air panas. 

Tak perlu alat khusus, taruh saja air panas di ember. Jika panasnya sedikit berkurang, letakkan wajahmu di atas ember. Biarkan uap menerpa dan membuka pori supaya sumbatan kecil di kulit terhempas. Setelah beberapa saat, percikkan air dingin ke wajah agar pori-pori tertutup.

Itu dia cara murah buat mengecilkan pori-pori di wajah! Murah dan mudah, bukan? Kapan mau kamu coba di rumah?

Baca Juga: 13 Inspirasi Hidup Sehat Seimbang Nana Mirdad, Mudah Ditiru Asal Niat

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Just For You