Comscore Tracker

Jangan Cuma Obati! Ini 5 Tips Mencegah Jerawat buat Si Kulit Sensitif

Kulit itu harus terus dirawat, jangan cuma pas jerawatan aja

Punya kulit sensitif emang serba salah. Pengen pake skincare supaya bersih dan lembab, yang ada breakout atau kemerahan. Gak pake skincare, tetap jerawatan. Akhirnya kamu terjebak pada pencarian obat jerawat tanpa pernah berusaha mencegahnya.

Buat kamu yang kulitnya sensitif dan rentan jerawat, jangan cuma mengobati dong! Ini dia lima tips mencegah jerawat buat si kulit sensitif.

1. Pahami kalau skincare itu harus dipakai secara egois namun dinikmati sepenuh hati

Jangan Cuma Obati! Ini 5 Tips Mencegah Jerawat buat Si Kulit SensitifUnsplash/kevin laminto

Biasanya, sesama cewek sering banget berbagi skincare. Sayangnya, kadang ini mengabaikan kebersihan dan kondisi wajah masing-masing. Sebut aja pelembap kemasan pot yang terkena colekan tangan teman atau puff bedak compact.

Mulai sekarang, coba berani menolak orang yang bilang "Aku mau coba dong!" dengan "Maaf, kulitku sensitif dan gampang jerawatan. Jadi belum boleh berbagi skincare atau kosmetik yang ini. Coba yang lainnya ini saja, ya." Dengan begitu, kamu menghargai dirimu sendiri dan menikmati momen skincaremu sepenuhnya.

2. Cari produk terbaik untuk kulitmu dan bersabarlah menunggu hasilnya. Gak ada yang instan

Jangan Cuma Obati! Ini 5 Tips Mencegah Jerawat buat Si Kulit SensitifPexels/Ivan Obolensky

Pencarian produk perawatan terbaik memang susah-susah gampang. Ada yang berhasil menemukan produk paling tepat dalam sekali coba. Ada juga yang harus bolak-balik lalu baru berhasil. Yang pasti, kamu harus bersabar. Tidak ada perawatan skincare aman yang dapat menunjukkan hasilnya secara instan.

Jika kamu dijanjikan perawatan yang sangat cepat, kamu perlu waspada dan cek keamanannya. Namun jika sudah ada hasil sedikit saja dari perawatanmu, jangan lantas menggunakannya berlebihan dan jangan malah berganti ke produk lain atas asumsi sudah mau sembuh.

3. Ketahui penyebab jerawat dan jenis jerawat yang sering muncul untuk pencegahannya

Jangan Cuma Obati! Ini 5 Tips Mencegah Jerawat buat Si Kulit SensitifUnsplash/am Se7en

Beda penyebab dan jenis jerawat itu menentukan perbedaan cara merawatnya, lho! Ada yang berjerawat karena peningkatan hormon, ada yang karena kotoran, ada yang karena kesalahan penggunaan produk, dan lain sebagainya. Ada jenis jerawat yang papule, blackhead, whitehead, dan lainnya lagi.

Dari situ, kamu akan menemukan cara terbaik untuk mencegah kulit sensitifmu bermasalah lagi. Bila perlu saran dari yang ahli, datangilah dokter spesialis kulit yang telah memiliki ijin praktek dan terpercaya.

Baca Juga: Gak Perlu Minder, 15 Selebritis Berjerawat Ini Tetap Berprestasi Kok

4. Rajin eksfoliasi kulit dua sampai tiga kali seminggu. Kulit mati menumpuk rentan jerawatan

Jangan Cuma Obati! Ini 5 Tips Mencegah Jerawat buat Si Kulit Sensitifdebraspence.com

Eksfoliasi itu penting banget, lho! Kamu boleh aja menggunakan macam-macam produk berkhasiat ke wajahmu. Tapi itu akan percuma saja kalau kulitmu tertutup kulit mati. Manfaat produk gak akan masuk dan menyerap ke kulit bagian dalam.

Sebaliknya, ia terperangkap di kulit mati dan menyumbat pori-pori. Akhirnya, kulit kamu kering seperti tak terhidrasi dan jerawatan lagi. Alangkah baiknya kamu eksfoliasi dua sampai tiga kali seminggu dan diikuti pemakaian pelembap setelahnya.

5. Setelah menemukan daily routine yang cocok, jangan pernah skip meskipun hanya salah satu

Jangan Cuma Obati! Ini 5 Tips Mencegah Jerawat buat Si Kulit SensitifUnsplash/Chris Knight

Wajah sensitifmu itu sebenarnya perlu perawatan penuh kasih sepanjang siang dan malam, bahkan sore juga. Tidak mengherankan apabila dibutuhkan 5-10 produk untuk merawat wajahmu dalam sehari. Jika kamu sudah menemukan perpaduan yang tepat, tanpa membuat wajahmu breakout, teruskanlah. Lakukan dengan telaten dan jangan melewatkan satupun rutinitas tersebut. Kalau begini, kulitmu akan tetap terjaga sampai tua.

Itu dia lima tips mencegah jerawat buat si kulit sensitif. See? Mencegah jerawat itu sama pentingnya dengan mengobati jerawat. Dan bagi pemilik kulit sensitif yang gak jerawatan, jangan merasa aman-aman saja karena tak pernah mengalami masalah kulit. Kamu gak akan pernah tahu kalau kulitmu terkena polusi dan racun yang baru ketahuan di esok hari.

Baca Juga: 11 Hal Tak Terduga Ini Bisa Bikin Banyak Jerawat di Wajahmu

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya