Comscore Tracker

7 Khasiat Timun untuk Kulit, dari Atasi Mata Bengkak Sampai Anti-Aging

Lakukan perawatannya dari sekarang supaya maksimal!

Timun adalah sayuran yang sering dipakai untuk lalapan atau acar. Meski begitu, timun ternyata bukan sekadar dinikmati sebagai bahan makanan. Ia pun punya banyak manfaat untuk perawatan kulit. Apa saja itu? Simak, yuk khasiat super timun untuk kulit seperti yang dituturkan di bawah ini!

1. Jika tidak ada es batu di sekitarmu, jangan khawatir! Potongan tipis mentimun pun bisa digunakan untuk atasi mata bengkak

7 Khasiat Timun untuk Kulit, dari Atasi Mata Bengkak Sampai Anti-AgingPexels/Breakingpic

Mata bengkak bisa disebabkan oleh terlalu larut tidur atau lelah memandang monitor. Caranya, iris tipis timun dan taruhlah pada kedua mata. Agar maksimal, lakukan selagi berbaring selama 15 menit saja. Kamu bakal lebih rileks lagi kalau timun yang dipakai usai diambil dari lemari pendingin.

2. Tidak cuma mata bengkak yang bisa diatasi. Lingkaran hitam atau mata panda pun dapat ia bantu

7 Khasiat Timun untuk Kulit, dari Atasi Mata Bengkak Sampai Anti-AgingUnsplash/Adrian Motroc

Tidak langsung menghilang, namun timun bisa mengurangi penampakan lingkaran hitam secara perlahan. Ini karena ada kandungan silika di dalamnya yang mana dapat membantu peremajaan kulit. Caranya pun sama dengan menghilangkan mata bengkak, yaitu meletakkan potongan timun pada kedua mata selagi berbaring.

3. Jika kandungan air dalam tubuh mencukupi, kulitmu terlihat lembap & sehat. Timun bisa bekerja sama dengan air putih untuk itu

7 Khasiat Timun untuk Kulit, dari Atasi Mata Bengkak Sampai Anti-AgingPexels/Alexander Mils

Timun punya kandungan air sebanyak 95,2 persen. Kamu bisa membuat infused water dengan menambahkan potongan timun ke dalam air minumanmu. Rasa dari timun, nantinya akan membuatmu ingin minum air putih dalam jumlah lebih banyak lagi.

4. Kulit berjerawat wajib coba! Dengan menggunakan masker timun, wajah akan menyerap vitamin yang ampuh buat masalahmu

7 Khasiat Timun untuk Kulit, dari Atasi Mata Bengkak Sampai Anti-AgingPexels/Bruno Thethe

Timun punya vitamin B5 yang kerap digunakan pada produk penghilang jerawat. Jika kamu ingin mengobati jerawat dengan cara alamiah, buatlah masker dari timun segar. Cacah halus timun dan balurkan pada wajah dalam posisi tubuh berbaring. Jika kamu terlalu malas, bisa juga menggunakan timun dalam potongan bulat seperti yang biasa digunakan untuk menutup mata.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Pir, Bisa Bikin Wajah Bersih dari Jerawat

5. Sebelum mencoba krim perawatan mahal, coba dulu deh kurangi bintik hitam dengan parutan timun!

7 Khasiat Timun untuk Kulit, dari Atasi Mata Bengkak Sampai Anti-AgingUnsplash/Caroline Attwood

Timun yang diparut dan dibalurkan ke wajah serta leher dipercaya dapat mengurangi bintik hitam akibat sinar matahari. Kandungan pada timun dapat berlaku sebagai tonik alami. Maka, tidak heran bukan jika sejumlah produk perawatan memiliki kandungan alami timun juga?

6. Sudah memasuki usia 25 tahunan & ingin menghindar dari kerutan pada kulit? Ternyata, timun juga punya formula anti aging, lho!

7 Khasiat Timun untuk Kulit, dari Atasi Mata Bengkak Sampai Anti-AgingUnsplash/Natalie Rhea Riggs

Rasa segar dan kandungan airnya mampu digunakan untuk membersihkan wajah dan melembapkan kulit. Menempelkan potongan timun pada kulit secara rutin dapat mencegah kerutan karena kulitmu tetap terjaga kelembapan dan kesegarannya.

7. Kulit gosong akibat sengatan matahari tidak perlu dirisaukan kalau kamu punya stok timun di dapur

7 Khasiat Timun untuk Kulit, dari Atasi Mata Bengkak Sampai Anti-AgingPexels/Ricardo Esquivel

Setelah bermain di pantai atau seharian di luar ruangan, kulit memang rentan tersengat matahari. Mengatasinya mudah saja. Gosokkan kulit timun pada bagian kulit yang tersengat tadi. Kulit yang tadinya tidak enak bakalan lebih tenang dan rileks.

Itu dia khasiat super timun untuk kulit. Masih banyak lagi khasiat timun yang belum tersebutkan. Jadi, jangan lagi meremehkan timun dari harganya, ya! Meski murah meriah, manfaatnya banyak banget!

Baca Juga: 5 Khasiat Alga Hijau untuk Tubuh, Si Hijau Penghilang Stres

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Elfida

Berita Terkini Lainnya