Comscore Tracker

Biar Selalu Menawan, Yuk Kenali Outfit Tepat Berdasar Bentuk Tubuhmu!

Outfit apik, tampilan menarik

Berbusana memang hal yang susah susah gampang dan perlu ketelatenan. Pasalnya, kamu gak hanya harus mengikuti mode terkini. Kamu juga harus mengerti occasion serta bagaimana baju itu cocok dengan bentuk tubuh.

Kalau tidak, tampilan menawan barangkali bakal jadi ekspektasi saja. Makanya biar selalu menawan, yuk kenali outfit tepat berdasar bentuk tubuhmu ini!

1. Cewek bertubuh jam pasir ditandai dengan pinggul & payudara yang sama lebar, sedangkan pinggangnya lebih kecil

Biar Selalu Menawan, Yuk Kenali Outfit Tepat Berdasar Bentuk Tubuhmu!IDN Times/Arief Rahmat

Bentuk tubuh serupa ini hendaknya tetap menegaskan lekuk alaminya, terutama di bagian pinggang. Gunakan busana yang sifatnya wearfitted and semi-fitted, lembut, melekat tubuh, yang bahannya jatuh, punya garis leher yang rendah hingga sedang, gaun dengan garis pinggang yang jelas, dan celana berpotongan straight and gently flared.

Kamu juga bisa menambahkan aksesoris berupa ikat pinggang agar lekuk tubuhmu semakin tegas. Jangan gunakan pakaian yang bentuknya bulky dan baggy karena malah membuat lekuk tubuhmu tersembunyi.

2. Tipe selanjutnya adalah segitiga terbalik. Tandanya bahu lebih lebar, payudara besar, pinggul sempit, kaki ramping, dan bokong rata

Biar Selalu Menawan, Yuk Kenali Outfit Tepat Berdasar Bentuk Tubuhmu!IDN Times/Arief Rahmat

Jika ini adalah tubuhmu, maka yang harus kamu lakukan adalah menyeimbangkan bentuk tubuh bagian atas dan bokong supaya sama. Dengan demikian, ilusi bentuk tubuh seperti jam pasir bisa tercipta. Caranya, pakailah baju yang bahannya jatuh, V-neck, baju dengan lengan tiga perempat, rok A-line, dan flared pants.

Untuk rok, pilih yang berbahan satin, denim, dan tweed biar pandangan orang jatuh pada bagian bawah. Jauhi busana berkain tebal, baju yang modelnya menegaskan bentuk bahu, high necklines, kemeja berkerah besar, serta tapered skirts/pants.

3. Cewek yang tubuhnya serupa persegi panjang memiliki dada kecil/sedang, lengan & kaki ramping, pinggul & pinggang berlebar sama. Bokongnya rata

Biar Selalu Menawan, Yuk Kenali Outfit Tepat Berdasar Bentuk Tubuhmu!IDN Times/Arief Rahmat

Agar memiliki lekuk tubuh bagai jam pasir, tugasmu adalah mempertegas bentuk bahu, pinggul, dan pinggang. Kamu bisa mulai berinvestasi pada shoulder pad pada kemeja-kemejamu. Gunakan semi-fitted clothes. Cara lainnya adalah mengenakan atasan lengan pendek atau sleeveless sekaligus. 

Jika ingin bergaun, pilihlah medium atau high necklines dresses. Kamu juga bisa membeli gaun-gaun yang jatuh melalui garis pinggang. Untuk celananya, bentuk A-line, lurus, sampai gently flared flat-fronted pants bagus dicoba. Jangan pakai busana yang ketat, berleher rendah, dan baju baggy.

Baca Juga: 8 Adu Gaya OOTD ala Natasha Wilona Vs Aisyah Aqilah, Stylish Siapa?

4. Bentuk badan wajik identik dengan pinggang yang kurang jelas dan perut yang tinggi. Bisa jadi, bokongnya bisa penuh atau juga rata

Biar Selalu Menawan, Yuk Kenali Outfit Tepat Berdasar Bentuk Tubuhmu!IDN Times/Arief Rahmat

Bentuk tubuh ini perlu menarik perhatian orang ke arah bahu dan wajah. Pemakaian anting-anting atau kalung akan sangat membantu. Kemudian, pakai semi-fitted atau loose fitting clothes serta bra dan pakaian dalam yang pas dan menopang tubuh.

Gunakan atasan dan bawahan yang warnanya sama, low necklines, untucked tops, pakaian yang jatuh di pinggang, straight flat-fronted pants yang lembut dan jatuh, serta straight and slightly flared skirts. Dilarang keras memakai pakaian yang ketat, kain berpola besar, leher tinggi, ikat pinggang, tucked-in tops, lipit, dan narrow or tapered skirts/pants.

5. Sementara tipe segitiga punya bokong bundar & berat dengan pinggang yang jelas. Namun ukuran pinggulnya lebih lebar daripada dada & bahu

Biar Selalu Menawan, Yuk Kenali Outfit Tepat Berdasar Bentuk Tubuhmu!IDN Times/Arief Rahmat

Ciri-ciri yang lain dari bentuk tubuh segitiga adalah kaki pendek dengan paha penuh. PR kamu adalah membuat tubuh bagian atas lebih lebar. Aksesoris tertentu bakal sangat membantumu mengoreksi bagian atas. Kemudian gunakan lengan pendek, shoulder pad, medium sampai high necklines, busana yang mempertegas pinggang, rok/gaun yang lurus atau agak melebar, celana low rise, boot leg, hingga straight pants untuk mengakalinya.

Katakan tidak pada pakaian longgar atau yang membuat pinggul makin berisi. Misalnya yang memiliki keliman atau desain di garis pinggul. Rok atau celana lipit juga bakal jadi pilihan yang salah untuk bentuk tubuh ini.

6. Tipe bulat dapat didefinisikan dengan daerah pinggang & perut besar, pinggul lebar, dan paha atas penuh. Bokongnya sendiri bisa penuh atau rata

Biar Selalu Menawan, Yuk Kenali Outfit Tepat Berdasar Bentuk Tubuhmu!IDN Times/Arief Rahmat

Hal ini bisa diakali dengan menarik perhatian ke bagian atas bahu dan wajah. Giwang, kalung, dan aksesoris bakal jadi cara yang paling mudah untuk mengakalinya. Gunakan pakaian longgar atau semi longgar serta bra dan pakaian dalam yang mendukung untuk meminimalisir tampilan pada perut.

Alangkah baiknya jika menggunakan atasan dan bawahan berwarna sama. Lengkapi dengan leher rendah atau un-tucked tops. Atasan atau gaun yang jatuh di pinggang juga bagus. Sementaranya celana yang dipilih haruslah berbahan lembut dan jatuh. Stop pakai pakaian ketat, kain bermotif besar, high neckline, tucked-in tops, dan rok lipit.

Itu dia outfit tepat berdasarkan bentuk tubuhmu. Yuk, praktekkan bareng-bareng!

Baca Juga: 10 Adu Gaya Kebaya Artis Dangdut, Kasual sampai Mewah Penuh Payet!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Just For You