Comscore Tracker

Dikira Sakit karena Soda, Wanita Ini Ternyata Mengidap Kanker Serviks

Jangan mengabaikan gejala-gejala yang terjadi pada perutmu

Kanker adalah penyakit yang menyeramkan bagi setiap orang. Dampak dari penyakit ini sering tidak main-main. Apabila seseorang menemukan gejalanya lebih awal, bersyukurlah karena setidaknya kanker dengan stadium tinggi bisa dicegah. Namun jika terlambat diantisipasi, stadium bisa lebih tinggi dan proses penyembuhan perlu usaha ekstra.

Mari kita berkenalan dengan Carla Bradbury, seorang pejuang kanker serviks. Kisahnya bisa jadi pelajaran para cewek, yang mana mengira sakit perutnya karena soda, tapi ia malah mengidap kanker serviks.

1. Ia adalah Carla Bradbury. Awalnya, ia mengira perutnya kembung dan sakit karena soda. Flek yang dilihatnya bahkan disebutnya efek hormon

Dikira Sakit karena Soda, Wanita Ini Ternyata Mengidap Kanker Servikshuffingtonpost.co.uk

Saat itu, Carla menganggap biasa sakit perut yang dialaminya. Sakit perut toh adalah gejala yang lumrah terjadi untuk beberapa hal, termasuk karena salah makanan dan minuman yang dikonsumsi. Kebetulan, Carla meminum soda di hari ulang tahunnya. Karena itu, ia berpikir sakit perut yang dirasakan adalah efek minum soda yang berlebihan.

Pasca merasakan sakit tersebut, Carla beraktivitas seperti biasa. Ia sempat mengalami flek di antara periodenya. Tapi ia menganggap lalu hal tersebut dan berpikir kalau itu adalah pengaruh hormon. Makanya, tak sedikit pun ia berpikir untuk membawa diri ke dokter.

2. Lama-kelamaan, rasa sakitnya sudah tak biasa lagi. Ia memeriksakan diri ke dokter dan mendapati hasil tes papsmear-nya abnormal

Dikira Sakit karena Soda, Wanita Ini Ternyata Mengidap Kanker Serviksnewarkadvertiser.co.uk

Lama-kelamaan, sakit perut Carla tak tertahankan lagi dan tidak main-main. Ia segera membawa dirinya ke dokter umum. Setibanya, ia disarankan melakukan tes papsmear. Hasilnya? Tes papsmear Carla abnormal! Dugaan sementara, Carla mengidap endometriosis. Hal ini mau tak mau, membuat dokter melakukan penyelidikan lebih jauh.

3. Karena hasilnya abnormal, dokter melakukan penyelidikan lebih lanjut. Bagaikan dunia runtuh, ia didiagnosis kanker serviks stadium 3B

Dikira Sakit karena Soda, Wanita Ini Ternyata Mengidap Kanker Serviksahaonline.cz

Setelah tes lebih lanjut, Carla tak menyangka kalau ia didiagnosis mengidap kanker serviks stadium 3B. Artinya, kanker sudah menyebar dari leher rahim ke dalam dalam struktur di sekitarnya. Hati Carla benar-benar hancur. Inilah titik terendah dalam hidupnya begitu ia tahu kesempatan hidupnya berbanding 50:50.

Baca Juga: 7 Fakta Ngeri Kanker Paru di Indonesia, Benarkah Rokok Pemicunya?

4. Kemoterapi & radioterapi ia jalankan karena jaringan kanker yang telanjur menempel di dinding panggul

Dikira Sakit karena Soda, Wanita Ini Ternyata Mengidap Kanker Serviksthehits.co.nz

Karena terlambat menyadarinya, Carla sudah tidak bisa melakukan tindakan berupa operasi. Tumornya sudah telanjur berubah menjadi kanker, yang artinya sudah menyebar ke bagian selain serviks itu sendiri. Dinding panggul Carlalah yang terkena. Selain itu, ukurannya besar serupa plum. 

Karena itu, satu-satunya cara yang terbaik untuk mengatasi keadaannya adalah menjalani kemoterapi dan radioterapi.

5. Ia berpesan kepada wanita di seluruh dunia untuk melakukan servical screening sebelum terlambat sepertinya

Dikira Sakit karena Soda, Wanita Ini Ternyata Mengidap Kanker Serviksnewarkadvertiser.co.uk

Buat Carla, pengalamannya dengan kanker serviks bukanlah hal yang bisa diremehkan. Karena itu, ia selalu menyebarkan pesan positif agar cewek-cewek di dunia lebih peduli pada kesehatan tubuhnya terutama organ reproduksi. Misalnya, dengan bergabung dalam event yayasan "Stand Up to Cancer" untuk membuktikan jika pengidap kanker kuat dan berdaya cipta.

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kanker serviks adalah melakukan tes pap smear. Begitu mengalami sakit perut yang tak biasa dan diikuti pendarahan adalah saat yang tepat untuk melakukan tes ini. Mungkin saja hasil pemeriksaanmu negatif. Tapi, percayalah kamu akan merasa lebih baik setelah menjalaninya. Sempatkanlah waktu di antara kesibukanmu demi kesehatanmu sendiri.

Itulah dia alasannya kenapa kamu jangan remehkan sakit perutmu. Seperti Carla yang dikira sakit karena soda, cewek ini kanker serviks stadium lanjut. Jadi, segera ke dokter ya apabila kamu sakit perut disertai pendarahan yang terjadi sebelum menstruasi tiba!

Baca Juga: 5 Fakta Endometriosis yang Mencengangkan & Wajib Para Cewek Ketahui

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Just For You